Presiden Ramos-Horta Ingin Dekatkan Timor Leste Kepada Cina | DW | 20.05.2022

by -2 views
presiden-ramos-horta-ingin-dekatkan-timor-leste-kepada-cina-|-dw-|-2005.2022

Tokoh kemerdekaan Timor Leste, Jose Ramos-Horta, mengisyaratkan langkah pendekatan kepada pemerintah Cina usai dilantik sebagai Presiden, Jumat (20/5). Dia menjanjikan pemulihan ekonomi sebagai agenda utama pemerintahan

Ribuan warga Timor Leste menyambangi ibu kota Dili untuk menyaksikan upacara pelantikan Jose Ramos-Horta sebagai presiden baru, Jumat (20/5). Dia dilantik jelang tengah malam dalam sebuah seremoni kenegaraan yang diwarnai pesta kembang api.

Ramos-Horta pernah menghabiskan beberapa dekade sebagai jurubicara gerakan kemerdekaan Timor Leste selama dalam pengasingan. Setelah berakhirnya penjajahan Indonesia, dia menjabat sebagai perdana menteri, menteri luar negeri, sebelum menjabat presiden antara 2007 hingga 2012.

Kini pria berusia 72 tahun itu kembali ke jabatan lamanya dengan misi mengakhiri perpecahan politik antara kedua partai eks-pejuang kemerdekaan, CNRT dan Fretilin, serta menyelamatkan ekonomi dari jurang kebangkrutan.

  • Petugas kesehatan dengan alat pelindung diri membawa peti mati korban COVID-19 di Jakarta

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Gelombang ketiga melanda

    Infeksi COVID-19 meningkat secara eksponensial di Asia Tenggara dalam beberapa bulan terakhir. Negara-negara seperti Laos, Thailand dan Vietnam telah berhasil mengurangi penyebaran virus pada 2020, tetapi saat ini mereka tengah berjuang mengatasi gelombang baru, seperti yang dihadapi Indonesia.

  • Petugas kesehatan mengevakuasi jenazah korban COVID-19 yang meninggal saat diisolasi di rumahnya di Bandung, Jawa Barat

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Kekacauan dan kehancuran di Indonesia

    Hingga Minggu (18/07), Indonesia telah melaporkan 73.582 kematian akibat COVID-19 dan lebih dari 2,8 juta kasus yang dikonfirmasi sejak awal pandemi. Pekan lalu, negara itu melampaui India dan Brasil dalam tingkat infeksi baru. Para ahli meyakini jumlah kasus sebenarnya bisa jauh lebih tinggi. Warga putus asa mencari tabung oksigen dan tempat tidur rumah sakit.

  • Seorang tenaga kesehatan merawat pasien COVID-19 di luar Rumah Sakit Umum Bekasi, Jawa Barat

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Virus corona varian Delta

    Sistem perawatan kesehatan dan rumah sakit di Indonesia berjuang untuk mengimbangi masuknya pasien baru COVID-19. Dengan populasi sekitar 270 juta, negara itu sangat terpukul oleh wabah corona setelah perayaan Idul Fitri bulan Mei lalu, yang membuat jutaan orang melakukan perjalanan ke luar daerah. Kasus infeksi melonjak akibat varian Delta yang sangat menular.

  • Pintu masuk ke pantai ditutup mengikuti perintah penguncian di Da Nang, Vietnam

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Kondisi yang memburuk

    Pada tahun 2020, para pejabat Vietnam dipuji karena secara efisien sukses menahan penyebaran virus corona. Namun, ketika varian Delta merebak luas, jumlah infeksi di negara itu meningkat tajam. Pemerintah Vietnam saat ini menempatkan seluruh wilayah selatan dalam penguncian selama dua minggu, karena infeksi COVID-19 dikonfirmasi melebihi 3.000 kasus.

  • Polisi menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa di Bangkok

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Kemarahan terhadap pihak berwenang

    Pengunjuk rasa Thailand menyerukan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha untuk mundur karena tidak mampu menangani pandemi COVID-19. Demonstrasi berlangsung ketika kerajaan mencatat rekor tingkat infeksi virus corona. Rumah sakit di seluruh negeri berada di bawah tekanan.

  • Pantai Patong, salah satu pantai paling populer di Phuket

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Pariwisata Thailand tidak berdaya

    Sektor pariwisata Thailand juga terdampak parah oleh pandemi corona. Ketika Bangkok dan provinsi sekitarnya berjuang menghadapi lonjakan COVID-19, pemerintah justru mendorong rencana untuk membuka kembali pulau resor populer Phuket sebagai upaya menyelamatkan ekonomi.

  • Seorang biksu menerima suntikan COVID-19 di Bangkok, Thailand

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Peluncuran vaksin yang lambat

    Pemerintah Thailand lambat dalam pengadaan vaksin. Negara gajah putih itu mulai memvaksinasi tim medis pada Februari dan memulai kampanye vaksinasi massal pada Juni dengan suntikan AstraZeneca yang diproduksi secara lokal dan mengimpor dosis Sinovac buatan Cina. Upaya vaksinasi Thailand sejauh ini lambat dan tidak menentu.

  • Seorang wanita di Petaling Jaya, Malaysia, mengibarkan bendera putih

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Putus asa mengharapkan bantuan

    Masyarakat Malaysia tengah berjuang melawan COVID-19. Beberapa warga telah menemukan cara baru untuk meminta bantuan, yakni dengan mengibarkan bendera putih di luar rumah. Kampanye #benderaputih ramai dibicarakan di media sosial. Malaysia telah memberlakukan lockdown secara nasional sejak 1 Juni lalu untuk mengurangi lonjakan infeksi COVID-19.

  • Lonjakan kasus COVID-19 di Myanmar

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    COVID-19 dan kudeta

    Kudeta militer menghambat akses masyarakat ke fasilitas perawatan kesehatan di Myanmar. Banyak dokter menolak bekerja di rumah sakit untuk menunjukkan perlawanan mereka terhadap junta. PBB telah memperingatkan Myanmar karena berpotensi menjadi “negara penyebar super”, lantaran meningkatnya kasus infeksi dan vaksinasi yang lambat.

  • Orang-orang sedang menunggu untuk mendapatkan vaksin di Manila, Filipina

    Negara-negara ASEAN Berjuang Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19

    Impian mencapai herd immunity

    Seperti negara-negara Asia Tenggara lainnya, Filipina mengalami pasokan vaksin yang terbatas dan peluncuran vaksin yang lambat. Pakar kesehatan mengatakan negara itu mungkin menjadi yang terakhir di kawasan Asia Tenggara mencapai kekebalan kelompok. Melihat kondisi saat ini, pihak berwenang mungkin membutuhkan waktu dua tahun atau lebih untuk memvaksinasi setidaknya 75% dari populasi. (ha/hp)


Akan mendekat ke Indonesia dan Cina

Ramos-Horta mengatakan, prioritas utama program kerja pemerintahannya antara lain memperkuat hubungan luar negeri dengan Indonesia, Australia dan kawasan Asia Tenggara. Dia juga menegaskan bakal mendekati Cina demi kerjasama ekonomi.

“Adalah niat kami untuk memperluas kerjasama bilateral dengan Cina,” kata dia. “Terutama di sektor pertanian organik dan berkelanjutan, industri kecil, perdagangan, teknologi baru, energi terbarukan, komunikasi, digitalisasi, kecerdasan buatan, atau infrastruktur urban dan daerah,” imbuhnya.

Dia juga berjanji akan menyiapkan program ketahanan pangan, serta mengusulkan pembentukan dana kopi untuk melindungi petani dari fluktuasi harga di pasar dunia.

  • Presiden Joko Widodo di Bogor, Jawa Barat pada seremoni penandatanganan RCEP, Minggu 15 November 2020 (Muchlis Jr/ Biro Pers Sekretariat Presiden)

    Mengenal Perjanjian Dagang Terbesar di Dunia RCEP

    Apa itu Regional Comprehensive Economic Partnership, atau RCEP?

    RCEP meliputi Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru dan 10 negara anggota ASEAN. Perjanjian ini akan memungkinkan berlakunya satu set aturan yang berlaku bagi negara yang terlibat, diharapkan mempermudah prosedur bisnis dan pergerakan barang. Hal ini mendorong perusahaan multinasional untuk lebih berinvestasi di kawasan ini, termasuk membangun rantai pasokan dan pusat distribusi.

  • Infografik perdagangan bebas

    Mengenal Perjanjian Dagang Terbesar di Dunia RCEP

    Sebesar apa cakupannya?

    Kesepakatan RCEP akan berpengaruh bagi negara-negara dengan total penduduk 2,2 miliar orang atau sekitar sepertiga dari ekonomi dunia dengan PDB total mencapai 27 triliun dolar Amerika. Ide RECP pertama kali dicetuskan tahun 2012 dan dinilai sebagai upaya Cina sebagai importir dan eksportir terbesar di kawasan ini untuk melawan pengaruh Amerika Serikat yang kian bertumbuh di bawah Obama.

  • Pelabuhan kontainer di Cina (picture-alliance/ZUMA Wire/SIPA Asia/Y. Fangping)

    Mengenal Perjanjian Dagang Terbesar di Dunia RCEP

    Sektor yang termasuk dalam RCEP

    Pakta tersebut akan menurunkan tarif, membuka sektor jasa dan menetapkan aturan perdagangan umum di dalam kawasan. Perjanjian itu juga mencakup investasi, e-commerce, telekomunikasi dan hak cipta. Namun perlindungan lingkungan dan hak tenaga kerja tidak menjadi bagian dari kesepakatan. Kementerian Perdagangan RI menargetkan terjemahan naskah perjanjian RCEP akan selesai dalam dua bulan ke depan.

  • Gambar simbol petani di India (Getty Images/AFP/S. Panthaky)

    Mengenal Perjanjian Dagang Terbesar di Dunia RCEP

    India menarik diri, mengapa?

    Tahun lalu, India menarik diri dari pakta ini karena khawatir potensi terpukulnya pasar dan produsen domestik jika negara itu dibanjiri barang murah dari Cina. Industri tekstil, susu, dan pertanian ditandai sebagai tiga sektor industri yang rentan di India. Namun India dapat bergabung di kemudian hari jika negara itu berubah pikiran.

  • Joe Biden dari Partai Demokrat AS (Patrick Semansky/AP Photo/picture alliance)

    Mengenal Perjanjian Dagang Terbesar di Dunia RCEP

    Bagaimana tanggapan Amerika Serikat?

    Joe Biden yang baru-baru ini unggul dalam Pemilu Presiden AS, mengisyaratkan kembali ke pendekatan multilateral seperti masa pemerintahan Obama, tetapi masih terlalu dini untuk memprediksi arah kebijakannya terkait kesepakatan perdagangan ini. Kemungkinan, pemerintahan baru di bawah Biden akan lebih fokus pada kerja sama dengan negara di Asia Tenggara, kata para analis. ae/vlz (Reuters, AFP, CNN)


Pengembangan ladang minyak

Timor Leste, yang sangat bergantung dari pendapatan minyak dan gas, selama ini kesulitan merangsang pertumbuhan industri padat karya di dalam negeri dan mengurangi angka kemiskinan yang tinggi.

Meski mencalonkan diri di jalur independen, Ramos-Horta mendapat dukungan Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor Leste (CNRT), yang dipimpin bekas pejuang kemerdekaan dan presiden, Xanana Gusmao. 

Gusmao punya rekam jejak mendukung pengembangan proyek minyak Tasi Mane, dengan Cina sebagai calon pengembang utama.

Sementara itu, Presiden Cina, Xi Jinping, dikabarkan sudah menghubungi Ramos-Horta untuk menyampaikan ucapan selamat dan menawarkan kerjasama. Seperti dilaporkan media pemerintah CGTN, Xi menegaskan siap bekerjasama demi “kepentingan kedua negara.”

Menurut Xi, Timor Leste bisa “bersatu padu” dengan Cina untuk memperdalam relasi yang sudah ada. Sebaliknya, Ramos-Horta juga berterimakasih atas bantuan Beijing terhadap pembangunan ekonomi di Timor Leste.

Di sisi lain, dia juga mengatakan, bakal melanjutkan hubungan istimewa dengan Amerika Serikat, serta mempercepat proses penerimaan keanggotaan ASEAN. 

zn/As (rtr,afp)

More

About Author: Feeds Agregator

Gravatar Image
Akun Feeds Agregator, Mesin pengepul info bermutu dari website dan blog favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published.