25.6 C
Jakarta
Tuesday, May 17, 2022

Presiden Joe Biden Tunjuk Jean-Pierre sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih | DW | 06.05.2022

WorldPresiden Joe Biden Tunjuk Jean-Pierre sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih | DW | 06.05.2022

Presiden Joe Biden menunjuk Karine Jean-Pierre sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih. Dia menjadi perempuan kulit hitam pertama dan lesbian pertama yang masuk pemerintahan Amerika Serikat.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada Kamis (05/05) menunjuk Karine Jean-Pierre sebagai Sekretaris Pers Gedung Putih. Dia menjadi orang kulit hitam pertama dan lesbian pertama yang masuk dalam pemerintahan AS.

Jean-Pierre akan menggantikan Jen Psaki yang masa jabatannya akan berakhir pada 13 Mei 2022. Pria berusia 44 tahun itu menjabat sebagai Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih sejak Biden menjabat.

Jean-Pierre juga sempat bekerja pada kampanye kepresidenan Biden pada 2020 dan di Gedung Putih saat kepemimpinan Presiden Barack Obama.

“Karine tidak hanya membawa pengalaman, bakat, dan integritas yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang sulit ini, tetapi dia akan terus memimpin komunikasi tentang pekerjaan Administrasi Biden-Harris atas nama rakyat Amerika,” kata Biden di sebuah pernyataan.

Psaki yang sejak awal mengatakan akan mundur selama masa jabatan Biden, memuji penggantinya Jean-Pierre sebagai “mitra dalam kebenaran”.

Jean-Pierre “akan menjadi perempuan kulit hitam pertama dan orang LGBTQ+ pertama yang keluar untuk peran ini,” kata Psaki.

“Representasi itu penting dan dia akan memberikan suara kepada begitu banyak orang dan menunjukkan kepada banyak orang apa yang benar-benar mungkin terjadi ketika Anda bekerja keras dan bermimpi besar,” kata Psaki.

  • Kamala Harris dan suami (Doug Emhoff)

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Wakil Presiden — Kamala Harris

    Setelah Joe Biden, tentu Kamala Harris jadi yang paling disorot di pemerintahan AS kini. Ibunya yang berasal dari India dan ayahnya yang berasal dari Jamaika, membuatnya terpilih sebagai perempuan kulit hitam Asia-Amerika pertama yang menjadi wakil presiden. Bersama Biden, Kamala fokus mememerangi isu perubahan iklim seperti yang selama ini dia lakukan saat menjabat Senator untuk California.

  • Rachel Levine

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Asisten Menteri Kesehatan — Rachel Levine

    Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa Rachel Levine dinominasikan masuk ke dalam jajaran kabinet pemerintahan Biden. Levine akan jadi pejabat federal transgender pertama di AS jika disetujui oleh Senat AS. Dia merupakan profesor ilmu kesehatan anak dan ilmu kesehatan jiwa. Pengetahuan dan pengalaman Levine akan dibutuhkan Biden dalam memerangi pandemi corona.

  • Xavier Becerra

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat — Xavier Becerra

    Jaksa Agung negara bagian California ini akan memimpin Kementerian Kesehatan dalam memerangi krisis kesehatan di AS akibat pandemi global. Saat masih menjabat di Kongres, Becerra memainkan peran kunci dalam mengesahkan Undang-Undang Perawatan Berbiaya Terjangkau. Jika dikonfirmasi Senat, Becerra akan jadi Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat keturunan Amerika Latin pertama di AS.

  •  Janet Yellen

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Menteri Keuangan — Janet Yellen

    Kandidat Biden berikutnya adalah Janet Yellen. Dia akan menjadi Menteri Keuangan perempuan pertama di AS untuk dikonfirmasi Senat. Yellen pernah menjabat sebagai Gunernur Bank Sentral AS, The Federal Reserve (The Fed). Dia juga pernah menjadi Kepala Dewan Penasihat Ekonomi era pemerintahan Bill Clinton. Tugasnya kini adalah membangkitkan kembali perekonomian AS yang melemah karena pandemi corona.

  • Lloyd Austin

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Menteri Pertahanan — Lloyd Austin

    Austin (67), pensiunan jenderal bintang empat, akan jadi pria kulit hitam pertama yang memimpin Pentagon. Austin yang pensiun pada 2016, butuh pengabaian khusus dari Kongres karena undang-undang federal mengharuskan perwira militer baru bisa menjabat sebagai kepala Pentagon setelah tujuh tahun sejak pensiun. Austin banyak memegang peran penting di angkatan darat AS dan operasi militer di TimTeng.

  • Debra Haaland

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Menteri Dalam Negeri — Debra Haaland

    Debra Haaland akan jadi pribumi Amerika pertama yang menjabat di Kabinet AS. Haaland adalah pengacara dan juga anggota Kongres dari New Mexico. Dia akan mengawasi Biro Urusan India dan akan memberikan masukan penting atas keputusan-keputusan soal kompensasi pengambilalihan tanah masyarakat adat.

  • Michael Regan

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Kepala Badan Perlindungan Lingkungan — Michael Regan

    Michael Regan akan mengisi posisi Kepala Badan Perlindungan Lingkungan. Jika dikonfirmasi Senat, Regan akan jadi pria kulit hitam pertama yang menjabat posisi tersebut. Di AS, komunitas kulit berwarna cenderung mengalami beberapa dampak terburuk dari polusi dan bencana lingkungan bahkan pengabaian.

  •  Pete Buttigieg

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Menteri Transportasi — Pete Buttigieg

    Jika dikonfirmasi Senat AS, Pete Buttigieg akan jadi pejabat federal gay pertama di Kabinet AS. Dia merupakan mantan rival Biden di seleksi calon presiden dari Partai Demokrat pada tahun 2020 lalu. Dalam kampanyenya saat itu, Buttigieg mendukung legalisasi ganja dan hak aborsi. Dia juga berjanji akan menerapkan perguruan tinggi gratis dan memberikan pinjaman siswa.

  • Alejandro Mayorkas

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Menteri Keamanan Dalam Negeri — Alejandro Mayorkas

    Pria kelahiran Kuba ini menjabat sebagai Dirktur Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS di era pemerintahan Obama. Dia memimpin implementasi program DACA atau yang lebih dikenal dengan nama Dreamers, pembekalan yang diberikan kepada imigran gelap yang masuk ke AS saat masih kanak-kanak. Jika dikonfirmasi, dia akan jadi imigran dan orang Hispanik pertama sebagai Menteri Keamanan Dalam Negeri.

  •  Katherine Tai

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Perwakilan Dagang — Katherine Tai

    Katherine Tai akan jadi perempuan Asia-Amerika pertama yang menjabat sebagai Perwakilan Dagang AS. Tai fasih berbicara bahasa Mandarin, yang mana akan jadi modal berharga dalam membantu Biden menghadapi salah satu tantangan terbesarnya: hubungan ekonomi dengan Cina.

  • Miguel Cardona

    Keberagaman dalam Kabinet Pemerintahan Joe Biden

    Menteri Pendidikan — Miguel Cardona

    Miguel Cardona ditunjuk Biden untuk menjabat sebagai Menteri Pendidikan AS. Cardona lahir di Connecticut, dari orang tua berdarah Puerto Rico. Dia dulu pernah bekerja sebagai guru. Biden sebelumnya berjanji akan mengangkat Menteri Pendidikan dengan latar belakang seorang guru. (Ed:rap/gtp)

    Penulis: Davis VanOpdorp, Nicolas Martin


Jean-Pierre yang ditawari pekerjaan itu pada pertemuan Oval Office sebelumnya Kamis (05/05), dia mengatakan “masih memproses” pentingnya dipilih untuk peran tersebut.

“Ini adalah momen bersejarah,” katanya. “Ini hari yang sangat emosional.”

Saat ditanya pesan apa yang dia miliki untuk kaum muda di Amerika Serikat, Jean Pierre berkata: “Jika Anda bersemangat tentang apa yang Anda inginkan, ke mana Anda ingin pergi dan Anda bekerja sangat keras untuk tujuan itu, itu akan terjadi.”

Sebelum Jean-Pierre, ada Judy Smith, orang kulit hitam yang pernah menjadi Wakil Sekretaris Pers Gedung Putih di pemerintahan George HW Bush pada 1991.

rw/ha (AFP, AP, Reuters)

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles