Pompa Barsha Aqysta untuk tiga Desa di Kabupaten M.Enim

by -29 views

Pompa Barsha adalah pompa air yang sangat ramah lingkungan tidak menggunakan bahan bakar, bisa memompa air pada ketinggian 20 meter atau menendang sejauh 2 Km tergantung kecepatan aliran sungai serta kapasitas pompa Barsha tersebut mencapai 25-40 M³ perhari tergantung elavasi. Pompa Barsha Aqysta tersebut sangat berkaitan sekali dengan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertenakan, dalam program kegiatan pompa Barsha Aqysta ini dapat dijadikan contoh sebagaimana untk memecahkan masalah di saat musim kemarau tiba bagi para petani. Program Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertenakan melakukan uji coba pompa Basha Aqysta untuk tiga daerah yaitu desa Lebak Budi kecamatan Panang Enim serta kecamatan Tanjung Agung, desa Tanjung Jati kecamatan Muara Enim dan salah satu desa di kecamatan Sungai Rotan. Salah satu desa yang terpilih mendapatkan pompa barsha tersebut Desa Lebak Budi kecamatan Panang Enim kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan patut berbangga hati, pasalnya bantuan berupa pompa Barsha Aqysta yang berasal dari negeri Kincir Angin atau Belanda telah tiba didesa nya. Pompa Barsha Aqysta ini dibuat dan dikeluarkan langsung dari Negeri Belanda sebagai acuan untuk di saat para petani di musim kemarau. 

Yadi Setiadi dari Dinas Tanaman Pangan Holtikultura Dan Pertenakan Muara Enim sangat menyambut baik dan berbangga hati dengan keberadaan pompa tersebut, “semoga kedepannya para petani petani yang ada di kabuapten Muara enim khususnya didesa yang ada pompa Barhsa Aqysta dapat terselesaikan masalahnya disaat musim kemarau tiba,”

 “Dan harapan kami, para petani di tiga desa tersebut dapat menjadi contoh desa-desa lain.” 

Sementara itu Kepala Desa Lebak Budi Kabrinudin mengucapkan terimakasih kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertenakan yang mana didesa kami ini telah terdapat mesin pompa Barsha dan menjadikan contoh desa – desa lain semoga petani kami ini lebih bersemangat untuk bertani menghasilkan yang lebih bagus hasilnya, ucap Kades Lebak Budi. 

Ditempat yang sama, Adi satu – satunya orang yang di wakilkan di Indonesia sekaligus merangkap tenaga ahli yang telah di kontrak dari Belanda serta sebelumnya beliau telah mengikuti dan mempelajari teknologi – teknologi di bidang irigasi di Negara Kincir Angin mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. 

Kita satu – satunya perdana di pulau Sumatera ini, hanya Sumatera Selatan khususnya kabuten Muara enim yang mengunakan mesin pompa Barsha ini kalau di Indonesia hanya dua provinsi yaitu NTT dan Sumatera Selatan yaitu kabupaten Muara Enim,” “Semoga para petani Indonesia khususnya petani kabupaten Muara Enim dapat mengahasilkan hasil panen yg baik, sekali lagi terimakasih sudah menjadikan kami contoh mesin pompa Barsha Aqysta di kabupaten Muara Enim ini,” pungkas Adi dikantor desa Lebak Budi, selasa kemarin lalu (9/11/21). Reki saputra/redaksi

Leave your vote

Add your submission

Image Video Audio Text Embed

This field is required

Drop Images Here

or

Get image from URL

Maximum upload file size: 4 MB.

Processing...

This field is required

Drop Video Here

or

e.g.: https://www.youtube.com/watch?v=WwoKkq685Hk

Add

Some of the supported services:

Maximum upload file size: 4 MB.

Processing...

This field is required

Drop Audio Here

or

e.g.: https://soundcloud.com/community/fellowship-wrapup

Add

Some of the supported services:

Maximum upload file size: 4 MB.

Processing...

This field is required

e.g.: https://www.youtube.com/watch?v=WwoKkq685Hk

Some of the supported services:

Processing...

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *