Pilihan Minyak Memasak yang Baik untuk Diabetesi

by -0 views
pilihan-minyak-memasak-yang-baik-untuk-diabetesi

Minyak goreng yang dijual di pasaran umumnya mengandung lemak jenuh yang tinggi. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama untuk penderita diabetes.

Oleh karena itu, penting bagi diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes) memilih minyak goreng terbaik untuk kesehatannya.

Minyak masak yang tepat untuk kondisi diabetes adalah yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Minyak goreng yang sehat juga tidak meningkatkan kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein).

Selengkapnya, simak pilihan minyak memasak untuk pengidap diabetes di bawah ini:

Artikel Lainnya: Mana Lebih Baik untuk Kesehatan, Minyak Kelapa atau Minyak Zaitun?

1. Minyak Alpukat

Melansir Act1Diabetes, minyak alpukat kaya akan asam oleat. Asam lemak tak jenuh tunggal ini sangat bermanfaat bagi diabetesi. Asam oleat mencegah terjadinya lonjakan gula darah.

Selain itu, minyak alpukat mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi risiko penyakit arteri koroner.

Dokter Reza Fahlevi mengungkapkan, kandungan lemak minyak alpukat terdiri dari lemak rantai pendek atau menengah. “Lemak ini lebih mudah dicerna. Secara metabolisme, lebih aman secara keseluruhan terutama untuk diabetesi,” jelasnya.

“Karena, diabetesi kadang bisa mengalami gangguan seperti kolesterol tinggi dan lemak tinggi, jadi diperlukan kadar lemak baik seperti itu. Kadar lemak rantai pendek dan menengah ini juga penting untuk kesehatan jantung,” dr. Reza menambahkan.

2. Minyak Zaitun

Minyak masak untuk diabetes selanjutnya adalah minyak zaitun. Berdasarkan penelitian Sapienza University, Roma, mengonsumsi makanan yang dimasak menggunakan minyak zaitun extra virgin menyebabkan kenaikan kadar gula darah paling sedikit. Hal ini dibandingkan dengan minyak goreng lainnya.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

Secara keseluruhan, minyak zaitun merupakan minyak goreng terbaik untuk kesehatan diabetes.

Tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol gula darah, minyak zaitun juga baik untuk pencernaan, meningkatkan kesehatan otak, dan menjaga kesehatan kulit.

Artikel Lainnya: Pakai Minyak Kelapa Sawit untuk Bikin Kue, Benarkah Lebih Sehat?         

3. Minyak Kanola

Sebuah studi yang dilakukan David Jenkins, profesor dari Departemen Ilmu Gizi di University of Toronto, Kanada, menemukan minyak kanola dapat menurunkan gula darah penderita diabetes tipe 2.

“Minyak kanola juga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6. Keduanya dapat mengurangi konsentrasi trigliserida serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke,” jelasnya.

Minyak kanola juga mengandung lemak jenuh paling sedikit. Hal ini dibandingkan dengan minyak nabati lainnya.

4. Minyak Biji Bunga Matahari

Dokter Reza mengatakan minyak biji bunga matahari mengandung banyak lemak baik. “Seperti lemak yang rantainya pendek, itu lebih baik dibandingkan dengan lemak jenuh yang terdapat pada hewan,” jelasnya.

Minyak goreng untuk kondisi diabetes ini juga mengandung asam oleat yang sangat tinggi. Minyak biji bunga matahari juga mengandung vitamin A dan E. Keduanya berperan menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Artikel Lainnya: Manfaat Minyak Goreng untuk Kesehatan Tubuh

5. Minyak Kacang Macadamia

Minyak kacang macadamia kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan. Kandungan lemak sehat tersebut dapat mengurangi faktor risiko penyebab sindrom metabolik.

Sindrom metabolik merupakan kelompok gangguan penyakit yang terjadi bersamaan, seperti gula darah tinggi, stroke, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Minyak kacang macadamia dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol LDL. Minyak ini sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

Minyak kacang macadamia juga mengandung antioksidan flavonoid paling tinggi di antara jenis minyak yang berasal dari kacang-kacangan. Flavonoid minyak kacang macadamia membantu menetralisir radikal bebas.

Radikal bebas merupakan penyebab utama kerusakan sel yang turut meningkatkan risiko diabetes.

Itu dia lima rekomendasi minyak masak untuk diabetes. Pastikan pula memilih minyak goreng terbaik untuk kesehatan dengan label Non-GMO (Non-Produk Pangan Rekayasa Genetika).

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar diabetes dan pilihan bahan makanannya, konsultasi lewat Live Chat dokter. Beli produk susu dan makanan untuk diabetesi lebih praktis di Belanja Sehat.

(FR/JKT)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *