in ,

Pernyataan dan Kalimat Terbuka Dalam Matematika

Dalam kehidupan sehari-hari kita dihadapkan pada sebuah pilihan benar atau salah. Dalam matematika khususnya dengan materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel, “pernyataan dan kalimat terbuka” sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud pernyataan dan kalimat terbuka dalam matematika?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu tentang  kalimat. Kalimat sendiri pada dasarnya merupakan rangkaian kata yang disusun menurut aturan bahasa yang mengandung arti.

Sementara itu, pengertian pernyataan adalah suatu kalimat yang bernilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak kedua-duanya. Benar diartikan jika ada kesesuaian antara apa yang dinyatakan dengan keadaan sebenarnya.

Dengan kata lain, pernyataan adalah kalimat yang memiliki nilai kebenaran yang pasti, yaitu benar saja atau salah saja namun tidak dibenarkan untuk memilih keduanya. Pernyataan juga disebut dengan proposisi atau suatu kalimat. akan tetapi suatu kalimat belum tentu merupakan sebuah pernyataan.

(Baca juga: Apa Itu Induksi Matematika?)

Nah, setelah mengetahui pengertiannya, akan kita hubungkan dengan matematika, berikut pembahasannya.

  1. Gunung Pangrango berada di Pulau Kalimantan
  2. Danau Toba berada di Provinsi Sumatera Utara
  3. 7 + 4 = 4 + 7
  4. Hewan x adalah hewan mamalia berkaki empat
  5. P – 3 > 10

Kalimat 1) merupakan kalimat yang bernilai salah karena gunung Pangrango berada di Pulau Jawa. Sedangkan kalimat 2) dan 3) merupakan kalimat yang bernilai benar. Sementara itu, untuk kalimat 4) dan 5) adalah kalimat yang tidak dapat ditentukan nilai kebenarannya.

Dengan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kalimat 1), 2), dan 3) disebut sebagai pernyataan. Sedangkan kalimat 4) dan 5) adalah kalimat terbuka. Jadi pernyataan merupakan kalimat yang dapat ditentukan nilai kebenarannya. Sedangkan,kalimat terbuka adalah kalimat yang mengandung peubah atau variabel, sehingga belum dapat ditentukan nilai kebenarannya.

Oleh karena itu, untuk membuat sebuah kalimat terbuka menjadi bernilai benar, maka peubah atau variabel pada kalimat harus diganti dengan suatu nilai yang telah ditentukan.

 

 

 

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Fakta Menarik Tentang Sistem Pendidikan di Rusia

Urutan Tingkatan Takson dalam klasifikasi Makhuk Hidup