Perangkat untuk Investigasi Rusia: Panduan Instan GIJN – GIJN Indonesia

by -4 views
perangkat-untuk-investigasi-rusia:-panduan-instan-gijn-–-gijn-indonesia
Kapal pesiar seharga 600 juta dolar AS milik miliarder Rusia Alisher Usmanov yang terkena sanksi, Dilbar. Gambar: Shutterstock

Perang Rusia lawan Ukraina telah memicu ledakan animo di seluruh dunia untuk mengikuti sepak terjang Moskow. Oleh karena itu, GIJN telah menyusun semacam perangkat sederhana untuk membantu jurnalis melacak aset, intervensi politik, dan disinformasi terkait Rusia di negaranya sendiri. Dari data terkait pesawat milik kalangan oligarki hingga pelacak sanksi, Anda akan menemukan lebih dari 30 situs web yang bermanfaat di sini. Kami juga menyertakan beberapa alat yang kami anggap efektif untuk mengikuti perang Rusia lawan Ukraina. Peralatan ini masih perlu dikembangkan. Jadi, silakan berikan saran dan komentar kepada kami.

Keuangan dan Oligarki

Oligarki — Navalny 35: Navalny 35 awalnya merupakan daftar oligarki dan pejabat teras Rusia yang direkomendasikan agar dijatuhi sanksi atas dugaan peran mereka dalam meracuni dan memenjarakan tokoh oposisi Alexei Navalny. Sejak itu, daftar tersebut terus bertambah.

Oligarki — Golongan Elite: Forbes adalah media yang cukup efektif untuk menjadi titik awal pencarian informasi tentang para miliarder Rusia. Majalah bisnis tahunan Orang Terkaya di Dunia ini menampilkan profil 15 orang Rusia di daftar 200 teratasnya. Berikut adalah 20 oligarki yang terkena sanksi serta informasi tentang rumah mewah dan real estat mereka.

Oligarki — Donasi: Laporan Anti-Corruption Data Collective tahun 2020 mencatat bahwa oligarki pasca-Soviet yang terlibat dalam intervensi politik memberikan donasi sekitar US$400 juta kepada lebih dari 200 organisasi nirlaba Amerika Serikat, termasuk organisasi wadah pemikir, museum, dan universitas.

Sanksi Daftar Hitam: Pencarian Daftar Sanksi yang disediakan oleh Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Amerika Serikat menyertakan teroris, tokoh kriminal, dan penjahat perang dalam daftar sanksi resmi Amerika Serikat.

Pelacak Sanksi: Pelacak dari salah satu anggota GIJN, Correctiv, memantau langsung sanksi global yang dijatuhkan kepada Rusia. Anda dapat mencari berdasarkan negara, perusahaan, dan individu.

Boikot Bisnis: Yale Chief Executive Leadership Institute membuat daftar yang berisi lebih dari 300 perusahaan yang sudah menangguhkan atau memutuskan hubungan dengan Rusia. Lembaga ini juga melacak perusahaan yang belum melakukannya. Utas Twitter ini juga memantau perusahaan mana saja yang mengambil tindakan.

Anggota GIJN, Correctiv, menerbitkan pelacak sanksi internasional terhadap Rusia yang terus diperbarui Gambar: Tangkapan Layar (Correctiv)
Anggota GIJN, Correctiv, menerbitkan pelacak sanksi internasional terhadap Rusia yang terus diperbarui Gambar: Tangkapan Layar (Correctiv)

Pengawasan Pesawat: Digagas oleh mahasiswa tahun pertama University of Central Florida, akun Twitter @RUOligarchJets melacak penerbangan di seluruh dunia. Lihat juga Cara Melacak Pesawat: Panduan untuk Reporter Investigasi oleh GIJN.

Pengawasan Kapal: Untuk memantau kapal Rusia, lihat panduan Cara Melacak Kapal Laut.

Pesawat dan Kapal: FBK, organisasi nirlaba antikorupsi Rusia, menggunakan basis data MarineTraffic dan FlightRadar untuk menemukan kapal pesiar milik orang dekat Putin, tetapi kepemilikannya disamarkan sebagai hadiah kepada kekasih simpanan mereka. FBK mencari tahu tanggal keberangkatan kapal terhitung 24 jam sejak tanggal kedatangan pesawat pribadi di bandara dekat pelabuhan. Lalu, FBK memeriksa foto di media sosial kekasih mereka untuk mengonfirmasi identitas kapal.

Penyitaan Aset: Akun Twitter @ForfeitureTrack memantau penyitaan aset dan harta benda oligarki Rusia oleh otoritas Amerika Serikat dan internasional.

Pihak Terduga: Basis data Aleph dioperasikan oleh Proyek Pelaporan Kejahatan dan Korupsi Terorganisir (OCCRP). Aleph mengarsipkan banyak dokumentasi pemerintah secara publik dan merupakan basis data terbuka perihal pihak terduga, perusahaan, transaksi keuangan, dan masih banyak lagi.

Registrasi Perusahaan: Open Corporates adalah basis data terbuka terbesar untuk perusahaan di seluruh dunia. Mereka juga menawarkan akses gratis kepada jurnalis.

Kepemilikan Lepas Pantai: Dari oligarki hingga lingkaran dalam Putin, Anda dapat mencari kepemilikan Rusia di antara lebih dari 800.000 perusahaan, yayasan, dan perwalian lepas pantai di Basis Data Kepemilikan Lepas Pantai (Offshore Leaks Database) oleh Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ).

Impor/Ekspor:  Basis data Comtrade PBB menyediakan data tentang impor dan ekspor berdasarkan negara dan barang. Silakan kunjungi basis data tersebut untuk mencari barang yang diperjualbelikan oleh Rusia dengan negara Anda, termasuk senjata dan teknologi.

Disinformasi dan Pemeriksa Fakta

#UkraineFacts: International Fact-Checking Network (IFCN), sebuah jaringan pemeriksa fakta internasional, telah meluncurkan kolaborasi global bertajuk #UkraineFacts untuk menyoroti propaganda, disinformasi, dan misinformasi terkait invasi Rusia ke Ukraina.

UkrainaFacts.org melacak laporan palsu dan disinformasi di seluruh dunia terkait invasi Rusia ke Ukraina. Gambar: Tangkapan Layar (UkraineFacts.org)
UkrainaFacts.org melacak laporan palsu dan disinformasi di seluruh dunia terkait invasi Rusia ke Ukraina. Gambar: Tangkapan Layar (UkraineFacts.org)

Penemuan Asal Disinformasi: Berikut adalah peta jalan GIJN yang disusun oleh dua orang jurnalis papan atas mengenai pembuktian disinformasi untuk melacak pihak di balik kampanye propaganda. Laporan setebal 77 halaman oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang berjudul Pillars of Russia’s Disinformation and Propaganda Ecosystem (Pilar Ekosistem Disinformasi dan Propaganda Rusia) juga dapat dipertimbangkan

Pencarian Telegram: Aplikasi Telegram buatan Rusia merupakan platform utama bagi kelompok antidemokrasi di seluruh dunia, termasuk propagandis pro-Kremlin. Carilah asal disinformasi dan percakapan tentang perang di Google dengan perintah Site:t.me, lalu tambahkan spasi dan kata kunci Anda. Kemudian, temukan dan analisis kanal yang berguna dengan alat tgstat.com.

Intervensi Asing oleh Rusia

Pelacakan Mata-Mata Rusia: Apakah Anda mengetahui sebuah nama dan ingin menyelidikinya? Gunakan digging bot Telegram seperti Eye of God dan QuickOsintBot; alat pembanding wajah seperti Azure; serta basis data yang membocorkan data individu seperti Cronos yang efektif untuk pencarian orang Rusia. Beberapa basis data pasar gelap Rusia juga berpotensi memberikan manfaat – serta pembahasan tentang pertimbangan etis penggunaannya – kepada cerita GIJN ini mengenai perangkat daring yang menyingkap kasus Alexei Navalny yang didukung negara.

Intervensi Pemilihan Umum: Karya tulis akademis ini berisi kumpulan data tentang intervensi asing oleh Rusia dalam 27 pemilihan umum di 16 negara dari tahun 1991 hingga 2017. 

Intervensi Politik: Investigasi Senat Amerika Serikat menyebutkan kasus intervensi politik oleh Rusia di 19 negara Eropa. 

Perang di Ukraina

Peta – Pergerakan dan Serangan Militer: Liveuamap merupakan peta interaktif yang berisi tautan ke bukti berupa video dan foto pergerakan militer, penyerangan, dan kejadian lainnya.

Peta – Peristiwa Penting: Peta urun daya dari Centre for Information Resilience, Bellingcat, Mnemonic, Conflict Intelligence Team, dan organisasi lainnya mendokumentasikan dan memverifikasi peristiwa penting dalam konflik.

Beberapa situs berita sumber terbuka telah membuat peta urun daya dalam waktu nyata yang memberikan geolokasi laporan dan video yang diposting secara daring guna melacak perang di Ukraina. Gambar: Tangkapan Layar (MapHub.net)
Beberapa situs berita sumber terbuka telah membuat peta urun daya dalam waktu nyata yang memberikan geolokasi laporan dan video yang diposting secara daring guna melacak perang di Ukraina. Gambar: Tangkapan Layar (MapHub.net)

Peta – Media Berita: Lisa Charlotte Muth dari Datawrapper mengunggah utas tweet komprehensif yang berisi tautan ke referensi dan artikel tentang konflik ini dari setidaknya 40 kantor berita. Gambar peta juga banyak disediakan.

Pelacakan Kendaraan Militer Rusia: Panduan Bellingcat ini menggunakan plat nomor kendaraan untuk melacak pergerakan kendaraan militer Rusia.

Pelacakan Pesawat Militer Rusia: Pelacak penerbangan ini memantau pergerakan pesawat militer Rusia.

Identifikasi Tentara/Pejabat: InformNapalm adalah komunitas sukarelawan internasional yang berupaya untuk mengidentifikasi prajurit militer dan pejabat pemerintah Rusia serta membongkar propaganda Rusia.

Kejahatan Perang: Panduan GIJN meliputi 15 kiat investigasi kejahatan perang, mulai dari verifikasi dan pengarsipan hingga penanganan keamanan dan trauma.

Menemukan Narasumber: Tenaga profesional komunikasi Ukraina telah membentuk layanan sukarelawan untuk menghubungkan jurnalis dengan pakar, reporter, saksi mata, foto, dan video langsung dari Ukraina. Organisasi media berita dapat mengaksesnya secara gratis.

Artikel lainnya:


Tulisan ini merupakan terjemahan dari Investigating Russia Around the World: A GIJN Instant Toolkit yang dipublikasikan Global Investigative Journalism Network (GIJN). Untuk menerbitkan ulang tulisan ini, Anda bisa menghubungi alim.kholikul@gijn.org.

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.