Penurunan Daya Serap Sampah, Ini Kata Ketua BSI Kabupaten Mojokerto

by -4 views
penurunan-daya-serap-sampah,-ini-kata-ketua-bsi-kabupaten-mojokerto

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Menurut proyeksi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan potensi sampah per orang dalam setiap harinya adalah 0,6 kg. Apabila jumlah penduduk di Kabupaten Mojokerto mencapai 1 juta lebih, artinya kemungkinan sampah per harinya bisa mencapai 600 ton. Hal tersebut disampaikan bagian data Bank Sampah Induk atau BSI Kabupaten Mojokerto Wahyu Satrio Aulia kepada TIMES Indonesia, Senin (15/02/2021).

Total sampah itu komposisi terbagi menjadi 60% sampah organik, 35% sampah anorganik, dan 5% sampah B3. Sementara Ketua BSI Kabupaten Mojokerto, Siyantoko menyatakan saat PSBB pada bulan April-Juni 2020 lalu jumlah sampah berkurang. 

Warga-Dusun-Kembang-yang-menabung-sampah.jpgWarga Dusun Kembang yang menabung sampah (FOTO: Thaoqid Nur Hidayat/TIMES Indonesia)

“Ketika pandemi Covid-19 ini melanda di Indonesia kuota sampah yang masuk BSI itu berkurang. Karena memang tidak boleh masuk ke kampung-kampung,” terangnya.

Hal ini berimbas pada penurunan produksi plastik sehingga produksinya ikut terdampak. 

“2021 industri plastik, ekspor dibatasi. Alhasil pabrik plastik mengurangi produksinya. Imbasnya penurunan harga terjadi dari kalangan industri dan otomatis kemampuan penyerapan BSI juga menurun. Penurunan terjadi berkali-kali. Bahkan masyarakat sempat tidak mempercayai hal tersebut,” terang Siyantoko.

Sampah-di-Kabupaten-Mojokerto.jpgIlustrasi – Sampah di Kabupaten Mojokerto (FOTO: Faktualnews)

Tahun 2021 plastik harganya cenderung stabil. Akan tetapi kardus saat ini harganya meningkat. Seiring dengan berkembangnya teknologi e-commerce dan jasa ekspedisi. Terkait upaya peningkatan penyerapan sampah kembali akan ada perancangan dan strategi-strategi pada tahun ini.

“Penguatan penguatan edukasi masyarakat jadi kita tetap melakukan pelatihan. Sinergi dengan perusahaan-perusahaan penghasil sampah jika memungkinkan. Serta pendekatan dengan industri daur ulang,” harap Siyantoko, Ketua BSI Kabupaten Mojokerto. (*)

Leave your vote

554 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *