26.5 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

Penuh Pesan Positif, Ini 7 Lagu BTS yang Menyangkut Kesehatan Mental dan Self Love

Penuh Pesan Positif, Ini 7 Lagu BTS yang Menyangkut Kesehatan Mental dan Self Love

Menciptakan karya atau lagu pastinya disiapkan secara matang oleh musisi. Pesan yang disampaikan dalam lagu diharapkan bisa memotivasi pendengar untuk menjalani hidup yang lebih baik, selain tentunya lagu tersebut pun menghibur. Salah satu tema yang bisa diangkat dalam lagu yaitu soal kesehatan mental. Seperti boyband BTS yang memiliki sejumlah lagu bertema tentang kesehatan mental.

Lagu-lagu milik Bangtan Sonyeondan (BTS) boyband asal Korea Selatan ini nyatanya bukan hanya soal cinta. Mereka, Kim Namjoon, Kim Seokjin, Min Yoongi, Jung Hoseok, Park Jimin, Kim Taehyung, dan Jeon Jungkook, memiliki sejumlah lagu tentang kesehatan mental. Bahkan lagu mereka pun bisa didengar untuk tujuan self healing.

Bagi Parents pencinta BTS atau dikenal dengan sebutan Army, pasti pernah mendengar jika para member BTS memang tak segan untuk berbicara tentang masalah sosial dan kesehatan mental. Hal itu telah mereka lakukan sejak awal debut hingga sekarang ketika kariernya telah di puncak popularitas.

Artikel terkait: Jarang Tersorot Kamera, Ini 7 Fakta Menarik Orang Tua Member BTS

Rekomendasi Lagu BTS tentang Kesehatan Mental dan Self Love 

Saat sedang merasa down atau butuh motivasi agar bisa menjalani hidup lebih baik, tak ada salahnya Parents mendengar lagu-lagu ini. Parents juga bisa memberikan rekomendasi lagu ini kepada buah hati Anda yang kini beranjak remaja.

1. ‘Epiphany’ Lagu BTS tentang Mencintai Diri Sendiri

Lagu yang dinyanyikan oleh Jin BTS ini berkisah tentang sudah sepatutnya kita bisa mencintai diri sendiri dan menerima diri apa adanya. Sebab, selama ini sering kali seseorang hanya berfokus mencintai orang lain bahkan hingga melakukan apa pun untuk orang yang dicintainya. Padahal, yang seharusnya kita utamakan adalah mencintai diri sendiri.

I’m the one I should love in this world…” itulah sepenggal lirik dari lagu Epiphany. 

2. ‘Tomorrow’ 

Tomorrow merupakan lagu yang ada di album ‘Skool Luv Affair’. Lagu yang rilis pada tahun 2014 ini mengungkapkan kesulitan yang dialami generasi muda dan perasaan mereka, para generasi muda, yang kerap takut menghadapi hari esok.

Di dalam lagu itu pun BTS berpesan untuk tidak menyerah menghadapi hari esok atau masa depan. Meski harus ‘terjatuh’ jangan sampai lari ke belakang. Hal yang dibutuhkan hanyalah istirahat sebentar.

3. ‘Inner Child’

Lagu Inner Child dinyanyikan oleh Taehyung atau V BTS, berkisah tentang kenangan masa lalu yang begitu pahit dan sulit. Pun tidak menyadari bahwa ada sesuatu yang berharga dalam diri, hingga akhirnya hanya bisa meratapi kondisi tersebut.

Seiring berjalannya waktu, ternyata keadaan itu berubah semakin baik. Bahkan membuat jadi lebih sering tersenyum dan memastikan semua akan baik-baik saja. 

Pesan lagu ini, setiap orang memiliki inner child yang berbeda-beda, bahkan ada pula yang dipenuhi dengan kesulitan. Namun, yakinlah bahwa suatu hari kita bisa berubah untuk menjadi orang yang lebih positif. 

Artikel terkait: Sama-Sama Keren, Ini 7 Potret Kakak dan Adik Member BTS

4. ‘Reflection’ Lagu BTS tentang Kesehatan Mental Mencintai Diri Sendiri

Berkisah tentang seseorang yang sebenarnya ingin lebih peduli dan mencintai dirinya sendiri, tetapi sering kali ia justru sangat membenci dirinya sendiri. Bahkan hanya ketakutanlah yang ‘memegang’ tangannya saat itu. 

Pesan utama dari lagu Reflection yang dinyanyikan oleh Namjoon atau RM BTS ini yaitu bahwa adakalanya setiap orang memang ingin lebih mencintai dirinya sendiri. Namun, terkadang itu sulit dilakukan karena sering kali kita melihat kehidupan tidak hanya dari sisi positifnya.

I wish I could love my self…” demikian sepenggal lirik yang dinyanyikan oleh leader BTS.

5. ‘The Last’ 

Merupakan lagu dari Min Yoongi atau Suga BTS yang berkisah tentang pengalaman pribadinya menghadapi depresi dan kecemasan sosial saat usianya 18 tahun. Akibat masalah kesehatan mental yang dialaminya, Suga terkadang jadi takut pada dirinya sendiri, bahkan membenci dirinya. 

Suga mengungkapkan secara jujur sisi paling terluka semasa hidupnya di dalam lirik lagu The Last. Melalui lagu ini pun Suga ingin para pendengar maupun penggemarnya dapat memahami perjuangan masa lalunya.

Artikel terkait: 7 Fakta Drama ‘Blue Sky’ dari Kisah Boyband BTS, Salah Satunya Bahas Sisi Keluarga

6. ‘Answer : Love Myself’ 

Dari judulnya saja Parents bisa menebak kalau lagu ini tentang mencintai diri sendiri. Di lagu ini BTS mengajak pendengar untuk lebih mencintai diri sendiri, karena ini bisa dilakukan tanpa harus izin kepada orang lain. Tidak ada alasan kita harus bersembunyi di dalam topeng.

7. ‘Blue & Grey’ 

Lagu Blue & Grey yang ada di album BE ditulis oleh V BTS. Saat sesi wawancara bersama majalah Weverse, V menuturkan jika ia menulis lirik lagu ini ketika merasa sedang dalam titik terendah. Ia bercerita sempat tidak yakin dapat melanjutkan kariernya.

Lirik lagu ini menggambarkan tentang seseorang yang merasa kesepian dalam menjalani kehidupan sehari-hari, bahkan bayangan buram seakan telah ‘menelan’ dirinya. Dia merasa begitu cemas dan depresi. Namun, dia berharap bisa menemukan jalan keluar dari kesepian ini, karena dia ingin lebih bahagia. 

Itulah sederet lagu BTS tentang kesehatan mental dan self love yang bisa Parents dengar untuk sekadar hiburan atau ketika butuh motivasi agar hidup lebih baik. Kalau penulis sendiri, sih, lagi suka sama lagu Epiphany, nih, Parents.

Kocak! Ini 5 Fakta Menarik Jin BTS Saat Jadi MC Pernikahan Sang Kakak

5 Fakta Menarik Kim Taehyung BTS yang Jarang Diketahui, Penyuka Karya Seni!

5 Fakta ‘Break the Silence’, Film Dokumenter BTS yang Resmi Tayang di Indonesia

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles