Pentingnya Matematika dalam Perkembangan Teknologi

by -8 views
pentingnya-matematika-dalam-perkembangan-teknologi
Simbol Matematika Foto: Pixabay/Pixapopz

Pada era modern seperti sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi secara global mengalami kemajuan yang sangat pesat sehingga kita dapat memperoleh segala informasi dengan mudah dan cepat. Di era modern, sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli, kreatif, dapat berpikir logis, dapat bertanggung jawab, pantang menyerah dan mampu berkompetisi secara global. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan berdampak yang besar pada pola hidup masyarakat.

Menurut Sasmito Aji, pola hidup yang dahulu tradisional sekarang berkembang menjadi semakin kompleks dan modern. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya terobosan baru dari yang paling sederhana sampai yang sangat terstruktur. Contohnya handphone yang dahulu hanya bisa digunakan untuk telepon dan mengirim pesan, sekarang bisa juga menjadi sebuah komputer mini yang sangat canggih.

Indonesia merupakan salah satu dari negara-negara berkembang di dunia. Untuk menjadi negara maju, Indonesia membutuhkan dukungan beraneka ragam teknologi. Apalagi pemerintah Indonesia menargetkan bahwa Indonesia akan menjadi sebuah negara maju, tidak lagi sebagai negara berkembang. Oleh karena itu, yang harus dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat yaitu mengupayakan pengembangan teknologi.

Selain pengembangan teknologi, yang dibutuhkan negara berkembang untuk menuju negara maju adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan kombinasi teknologi canggih dan sumber daya manusia yang berkualitas akan tercipta negara maju yang kuat.

Saat ini, segala sesuatu menerapkan teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Dari semua teknologi yang berkembang pesat, tidak ada satu pun yang tidak menerapkan ilmu matematika. Matematika merupakan ilmu dasar yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern. Sejak awal mula, ilmu matematika menjadi tenaga pendukung bagi perkembangan teknologi.

Contohnya, logika matematika digunakan dalam rekayasa perangkat lunak, sistem digital, dan teori komputasi. Selain itu, matematika juga berperan penting terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam penggunaan algoritma yang berguna untuk menghemat ukuran suatu file, pemrograman komputer, serta penggunaan segitiga pascal dalam program turbo pascal.

Dengan pentingnya matematika dalam kehidupan modern, kualitas belajar matematika disetiap jenjang pendidikan perlu diupayakan dengan maksimal. Seperti yang kita ketahui, sebagian besar siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena mereka menganggap matematika itu sulit, membosankan, dan sesuatu yang tidak relevan dengan kehidupan sehari-hari. Mereka merasa kesulitan dalam menghubungkan konsep matematika yang diajarkan di sekolah dengan pengalaman kehidupan nyata.

Selama ini pembelajaran matematika yang terlalu formal, kurang menunjukkan kaitannya dengan kehidupan nyata, serta dianggap kurang menarik perhatian terhadap penyelesaian suatu masalah secara matematis. Oleh karena itu, perlu diupayakan metode pembelajaran matematika yang dapat menarik minat siswa.

Teknologi informasi dan komunikasi sangat diutamakan dalam kehidupan sehari-hari pada era modern sekarang ini. Agar hal tersebut terlaksana maka metode pembelajaran matematika bagi para siswa sebaiknya juga disesuaikan. Dibutuhkan inovasi baru dalam metode pembelajaran matematika yang lebih menarik untuk diajarkan di sekolah.

Menurut Heri Wahyudi, sudah saatnya guru meninggalkan proses pembelajaran yang cenderung mengutamakan hafalan atau sekadar menemukan satu jawaban benar dari soal. Metode tersebut, harus diubah menjadi metode pembelajaran yang lebih mengutamakan cara berfikir kritis dan rasional. Cara itu dibutuhkan untuk menghadapi pembelajaran matematika di era modern yang harus menggabungkan antara pembelajaran konvensional dan pembelajaran menggunakan perangkat lunak.

Dalam suatu negara, pasti dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas baik agar dapat mencapai target yang diharapkan. Keterbatasan sumber daya manusia pada bidang dan keterampilan tertentu, akan mempengaruhi hasil yang dicapai. Untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas baik, harus dilakukan peningkatan dan pembaharuan. Dengan dilakukan peningkatan dan pembaharuan sumber daya manusia yang ada, diharapkan ketersediaan sumber daya manusia dapat sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini. Bila hal itu terjadi maka akan terciptalah sumber daya manusia yang lebih unggul.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas di era modern ini sangatlah mutlak. Hal tersebut dapat dicapai dengan berbagai cara antara lain, memberikan pembekalan, mengikuti berbagai seminar dan mengikuti berbagai pelatihan bagi para pendidik. Dengan metode pembelajaran yang diperbaharui, diharapkan matematika dapat menarik minat para siswa untuk memperdalam pengetahuan tentang matematika. Konsep dasar dalam ilmu matematika pun harus dapat ditanamkan dalam benak para siswa.

Hal ini diharapkan dapat memacu keingintahuan siswa dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematika yang timbul. Dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat, diharapkan seluruh masyarakat dapat menggunakan teknologi dengan maksimal.

Leave your vote

674 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *