30.7 C
Jakarta
Thursday, May 19, 2022

Penghentian Siaran TV Analog Tahap I Akan Dilakukan Besok, Dimulai dari 3 Wilayah Ini

BeritaPenghentian Siaran TV Analog Tahap I Akan Dilakukan Besok, Dimulai dari 3 Wilayah Ini

Penghentian Siaran TV Analog Tahap I Akan Dilakukan Besok, Dimulai dari 3 Wilayah Ini

Ilustrasi siaran tv digital. Foto: antara

jpnn.com, JAKARTA – Pemerintah mulai melakukan penghentian total siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap I pada Sabtu (30/4) besok.

“Penghentian tetap layanan siaran analog televisi akan dimulai pada tanggal 30 April Tahun 2022 pukul 24.00 atau besok malam,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, dalam siaran persnya, Jumat (29/4).

Dia menjelaskan beberapa persiapan yang dilakukan pemerintah untuk penghentian tetap siaran analog televisi dan munculnya searan digital penuh televisi di Indonesai.

Politikus Partai NasDem itu menyebutkan infrastruktur multipeksing di 56 wilayah siaran yang terdiri dari 166 kabupaten dan kota siap dijalankan.

“Penghentian tetap siaran analog tahap II dan tahap III masih perlu dibangun 32 infrastruktur multipleksing,” ujar Johnny.

Dia menegaskan pihaknya dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI mengambil alih tugas pembangunan infrastruktur multipleksing yang diperlukan untuk ASO tahap II dan III.

“TVRI akan menyelesaikan pembangunan sebanyak 17 infrastruktur dan Kominfo menyelkesaikan 15 infrastruktur multipleksing,” tutur Johnny.

Sebanyak 32 infrastruktur MUC masih perlu dibangun dan akan siap pada 2 November 2022 untuk ASO tahap II.

Pemerintah akan mulai menjalankan penghentian total siaran analog atau ASO tahap I pada Sabtu (30/4).

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles