Pengaruh Hormon Testosteron pada Gairah Seks Wanita

by -0 views
pengaruh-hormon-testosteron-pada-gairah-seks-wanita

Testosteron merupakan hormon seksual yang kadarnya dominan pada pria. Namun, meski kadarnya tak sebanyak pria, hormon tersebut ternyata juga ada di dalam tubuh wanita.

Minimnya kadar testosteron pada wanita kerap dikaitkan dengan gairah seksual wanita yang rendah. Ada anggapan, menginjeksi testosteron akan meningkatkan gairah seksual wanita. 

Apakah pendapat tersebut dapat dibuktikan secara medis, atau hanya dugaan semata? Yuk, cari tahu faktanya!

Artikel Lainnya: Fungsi Hormon Estrogen untuk Kesehatan Wanita

Studi Tentang Testosteron untuk Gairah Seks Wanita

Melansir WebMD, sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa hormon testosteron bisa meningkatkan fungsi seksual pada wanita. 

Profesor klinis kebidanan dan ginekologi George Washington University di Washington DC, James Simon, MD., mengatakan bahwa pemberian dosis kecil testosteron bisa meningkatkan gairah seksual wanita yang telah menopause

Menurut Simon, hal serupa juga bisa dirasakan pada wanita yang menjalani histerektomi dan pengangkatan kedua ovarium.

Dalam penelitiannya, Simon meminta wanita yang telah menjalani histerektomi dan pengangkatan kedua ovarium untuk menggunakan testosterone patch dengan dosis 300 mikrogram sebanyak dua kali seminggu. 

Para wanita tersebut kemudian membuat jurnal aktivitas seksual yang dilakukan setelah menggunakan testosterone patch

Setelah 24 minggu, 283 wanita yang menjadi partisipan penelitian mengaku mengalami peningkatan fungsi seksual sebesar 74 persen dan gairah seksual 56 persen. 

Artikel Lainnya: Perempuan Lebih Sering Mengalami Perubahan Hormon, Kapan Sajakah?

Masih Kontroversial

Menanggapi temuan di atas, profesor di Duke University, Durham, Gerard Nahum, MD, FACOG., mengatakan bahwa injeksi testosteron hanya mampu memberikan manfaat terkait seksualitas pada wanita golongan tertentu.

Dengan kata lain, temuan dari penelitian di atas masih bersifat kontroversial alias belum dapat dijadikan sebagai acuan.

Hal senada juga diungkapkan oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong. Menurutnya, belum ada penelitian pasti yang dapat membuktikan bahwa injeksi testosteron dapat meningkatkan gairah seks wanita.

“Bahkan, dari beberapa penelitian lain, kadar testosteron terlalu tinggi pada wanita justru bisa menurunkan gairah dan fungsi seksual,” tegas dr. Sepriani.

Pada dasarnya, temuan dari penelitian di atas hanya terbatas pada wanita yang telah mengalami masalah pada organ reproduksi. Oleh karena itu, manfaat injeksi hormon testosteron mungkin hanya terbatas pada golongan tersebut, alias bukan untuk wanita pada umumnya.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai fungsi testosteron? Punya pertanyaan tentang gairah seks wanita? Anda bisa mencari tahu faktanya dengan berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/JKT)

Leave your vote

712 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *