Pemkab Pacitan Siapkan Rp 68 Miliar untuk Vaksin Covid-19

by -8 views
pemkab-pacitan-siapkan-rp-68-miliar-untuk-vaksin-covid-19

TIMESINDONESIA, PACITAN – Tancap gas Vaksinasi Covid-19, Pemkab Pacitan, Jawa Timur kembali refocusing dana yang bersumber dari APBD tahun 2021 melalui Dana Alokasi Umum (DAU) dan 30 persen Dana Insentif Daerah (DID) sebesar 68 miliar.

Menurut Kepala Bappeda Kabupaten Pacitan, Pamudji mengatakan pihaknya melakukan refocusing tersebut bukan semata-mata kehendak Pemkab. Pacitan. Namun, menjalankan sesuai surat edaran Pemerintah Pusat.

“Pelaksanaan ABPD inikan kita mengikuti pedoman dari Pemerintah Pusat, pada bulan Desember peraturan No 30 tahun 2020, yang menerangkan agar ABPD direfocusing sebanyak 4 persen,” katanya.

Vaksin

Kemudian ada turun surat edaran lagi dari Drigjen Perimbangan Keuangan, yang menerangkan agar Pemda setempat melakukan refocusing lagi sebesar 4 persen lagi, sehingga total 8 persen dari APBD.

“Lalu kemudian belum lama ini bulan Februari 2021, ada SE lagi dari Dirjen Perimbangan Keuangan, dengan adanya PPKM maka ada refocusing 8 persen lagi,” Imbuhnya.

Sedangkan pengunaan dana sebesar Rp 68 miliar tersebut, diperuntukkan untuk segala kegiatan yang melekat dengan proses Vaksinasi Covid-19.

Bappeda

Tak terkecuali semua Anggaran OPD di Kabupaten Pacitan terpangkas, yang semula hanya 4 persen kini 8 persen

“Merata semuanya, akan tetapi tentu berbeda-beda setiap Dinasnya, terbanyak di PUPR,”j elasnya.

Dirinya juga menyadari dengan adanya refocusing dengan jumlah besar-besaran itu akan mengurangi porsi lainnya salah satunya pembangunan fisik. Namun, semua pihak diharapkan menyadari bahwa hal demikian dilakukan agar Covid-19 segera usai.

“Ya pincang, tapi bagaimana lagi, karena jika tidak dilakukan refocusing Covid-19 juga tidak tertangani,” ucapnya. (*)

Leave your vote

674 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *