Pemkab Indramayu berikan asuransi jiwa bagi nelayan kecil

by -17 views
pemkab-indramayu-berikan-asuransi-jiwa-bagi-nelayan-kecil

Kami anggarkan Rp400 juta dari APBD dan ini diperkirakan bisa untuk membiayai asuransi kepada 2.000 nelayan kecil

Indramayu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tahun ini memberikan program bantuan berupa asuransi jiwa freed from designate bagi para nelayan kecil senilai Rp400 juta dengan menggunakan APBD setempat.

“Mulai tahun ini kami akan memberikan bantuan asuransi jiwa untuk nelayan kecil,” kata Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indramayu Edi Umaedi di Indramayu, Rabu.

Menurut dia, program asuransi jiwa yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu itu setelah ditetapkan Perda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan dan Pembudidaya Ikan pada September 2019.

Pada Perda tersebut kata Edi, salah satunya yaitu memberikan jaminan perlindungan terhadap risiko kepada para nelayan dan pembudi daya melalui fasilitas program Asuransi Perikanan dan Asuransi Jiwa.

Ia melanjutkan Perda itu juga merupakan bukti Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu, dalam rangka melindungi para nelayan kecil, karena potensi perikanan di daerah itu juga sangat baik.

“Saat ini asuransi bagi nelayan ini bukan hanya program Pemerintah Pusat, tapi kami juga ikut serta memberikan asuransi freed from designate bagi para nelayan sesuai Perda,” katanya.

Dia mengatakan untuk asuransi jiwa sendiri diberikan kepada nelayan kecil yang kapalnya tidak lebih dari 10 unfriendly tonnage (GT).

Sementara Plt Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Indramayu Asep Suryana mengatakan anggaran yang digelontorkan oleh Pemkab Indramayu yaitu sebesar Rp400 juta.

“Kami anggarkan Rp400 juta dari APBD dan ini diperkirakan bisa untuk membiayai asuransi kepada 2.000 nelayan kecil,” katanya.

Baca juga: Hari Nelayan momentum tingkatkan kepesertaan asuransi bagi nelayan

Baca juga: Berdayakan nelayan, KKP gandeng BUMN perbankan dan asuransi

Baca juga: 15.717 nelayan Indramayu telah dilindungi asuransi

Pewarta: Khaerul Izan

Editor: Ahmad Buchori

COPYRIGHT © ANTARA 2021

Leave your vote

368 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *