Pelaku UMKM Bisa Mendaftarkan Anaknya Kuliah dengan KIP Kuliah 2021

by -6 views
pelaku-umkm-bisa-mendaftarkan-anaknya-kuliah-dengan-kip-kuliah-2021

Pelaku UMKM di saat pandemi Covid-19 ini banyak mengalami penurunan omzet dan malah sebagian besar usahanya tutup, sementara anaknya harus tetap kuliah.

Kondisi ekonomi saat ini yang masih belum lebih baik karena pandemi Covid-19 ini, tentu sangat mempengaruhi pertumbuhan para pelaku UMKM, sebagian dari mereka menurun omzetnya hingga drastis dan sebagian lagi malah tutup usahanya. Sementara mereka ada yang mempunyai anak masuk usia kuliah pada tahun ini, dan mereka bisa memanfaatkan bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahun 2021.

Seperti kita ketahui pelaku UMKM yang sebanyak 64 juta orang atau 99% pelaku usaha di Indonesia dan dapat menyerap lapangan kerja hingga 97% serta menyumbang PDB kepada negara hingga 60%, tentu saat ini merasakan sulitnya mereka menjalankan usahanya di tengah krisis pandemi.

Pelaku UMKM yang mempunyai putra-putri yang tahun 2021 ini akan lulus SMA/SMK, tentu mempunyai keinginan untuk dapat kuliah di perguruan tinggi. Pemerintah mempunyai program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan cita-cita putra-putrinya. Bantuan berupa pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi serta bantuan biaya hidup.

Juru bicara Jokowi – Ma’ruf Amin, Ace Hasa Syadzily menunjukan Kartu Pra Kerja, Kartu Indonesia Pintar Kuliah, Kartu Sembako Murah. Foto: Paulina Herasmaranindar/kumparan

Dikutip dari dokumen Pedoman Pendaftaran KIP-Kuliah 2021-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui Program Indonesia Pintar, Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sejak tahun 2020 sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat dari keluarga kurang mampu agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau akademi.

KIP Kuliah harus dapat dimanfaatkan oleh lulusan SMA, SMK atau sederajat di seluruh Indonesia, untuk dapat menempuh pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa sekaligus meningkatkan taraf ekonomi keluarga masing-masing.

Pada tahun 2021 ini akan kembali disalurkan 200 ribu KIP Kuliah bagi mahasiswa baru penerima. Anak Indonesia yang kurang mampu terutama yang memiliki prestasi akan dapat terus menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

Persyaratan untuk Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya; Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah; Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi.

Keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan memiliki program bantuan nasional Kartu Indonesia Pintar (KIP); atau berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH); atau pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

Para pelaku UMKM, calon penerima, jika tidak memenuhi salah satu dari kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000,00 (empat juta rupiah) setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Tata cara pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Tanggal penting jadwal pendaftaran dan penutupan Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun 2021 adalah:

Pendaftaran Akun Siswa KIP-Kuliah dimulai tanggal 8 Februari 2021 sd 31 Oktober 2021:

  • SNMPN dimulai tanggal 12 Februari 2021 sd18 Maret 2021;

  • dan SNMPTN dimulai tanggal 14 Februari 2021 sd 23 Februari 2021.

Untuk pendaftaran akun di SIM KIP Kuliah, calon penerima harus memasukkan data yang valid sebagai berikut: Nomor Induk Kependudukan (NIK); Nomor Induk Siswa Nasional (NISN); dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN); serta harus memiliki email yang aktif. (Iim Rusyamsi)

Leave your vote

607 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *