Pelajaran Berharga dari Biaya Tes PCR

by -2 views
pelajaran-berharga-dari-biaya-tes-pcr

(Ilustrasi: Raditya Wicaksono-Harian Disway)

HARGA tes swab PCR (polymerase chain reaction) turun drastis, dari rata-rata Rp 850 ribu ke Rp 450 ribu–Rp 495 ribu di Surabaya. Itu menyusul instruksi pemerintah yang menyebutkan bahwa biaya tes PCR paling tinggi adalah Rp 495 ribu di Jawa-Bali dan Rp 525 ribu di luar Jawa-Bali.

Kemampuan penyedia layanan menurunkan harga itu pun menimbulkan tanda tanya masyarakat. Bahwa selama ini penyedia layanan PCR meraup untung berlipat-lipat. Mereka dianggap memanfaatkan pandemi dan kebutuhan PCR yang tinggi untuk memperoleh keuntungan besar.

Apa betul seperti itu? Indonesia Corruption Watch (ICW) menghitung setidaknya keuntungan dari bisnis tes swab PCR itu  antara Oktober 2020 hingga Agustus 2021 mencapai Rp 10,46 triliun. Keuntungan tersebut dihasilkan dari omzet tes PCR dalam kurun waktu itu yang diperkirakan mencapai Rp 23,2 triliun. Itu didasarkan pada jumlah spesimen yang diperiksa laboratorium dikalikan dengan rata-rata tarif Rp 900 ribu dalam kurun waktu kurang dari satu tahun tersebut.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *