Peduli Sesama untuk Kehidupan yang Lebih Baik

by -0 views
peduli-sesama-untuk-kehidupan-yang-lebih-baik

Kita pasti sudah sama-sama mengerti, bahwa pandemi Covid-19 menghantam hampir semua elemen kehidupan, baik dari sisi ekonomi, psikologis, dan kesehatan. Pandemi berhasil memporak porandakan hampir semua sendi-sendi kehidupan dasar.

Sebut saja orang-orang yang kehilangan pekerjaan karena di PHK perusahaannya, pengusaha kecil yang gulung tikar akibat ritelnya sepi pembeli, serta dampak psikologis karena ‘terpenjara’ di rumah sendiri.

Meski begitu, hal-hal itu justru bisa menjadi pelecut semangat karena lingkungan yang memiliki empati dan orang-orang baik yang senang berbagi. Saat-saat inilah momentum penting bagi kita yang masih diberikan karunia rezeki dan kemampuan secara ekonomi untuk peduli terhadap sesama, setidaknya untuk membantu mereka terdampak ekonomi akibat pandemi.

Selain berdampak secara psikologis, peduli sesama juga meningkatkan imunitas mental dan harapan, bahwa pandemi ini kita bisa lalui bersama-sama dengan bergandengan tangan serta saling menguatkan.

Pendek kata, kepedulian merupakan salah satu kunci utama agar kita bisa bersama-sama melewati masa-masa sulit ini. Peduli sesama pun tak hanya harus memberikan bantuan secara langsung, tapi juga bisa membantu secara psikologis kerabat, kawan, maupun sanak-saudara yang terdampak pandemi.

Sekiranya kita bisa memulainya dengan hal-hal, seperti yang dijabarkan berikut:

Menjadi pendengar yang baik

Menjadi pendengar yang baik akan melatih kita untuk lebih empati dan memahami perasaan lawan bicara. Dengan mendengar, Anda akan memberikan energi positif yang merupakan salah satu bentuk kepedulian yang dibutuhkan saat ini.

Sebagai contoh, ada seorang kawan kita yang positif Covid-19. Dengan mendengarkan curhatannya, serta memberikan semangat untuk sembuh, sudah barang tentu kawan kita tersebut akan merasa diperhatikan dan diakui keberadaannya di lingkungan, sehingga secara psikologis ia yakin bisa sembuh.

Peka pada lingkungan sekitar

Dengan menjadi peka, tentu kita sudah menjalankan nilai-nilai dasar kemanusiaan. Jika pada awalnya kita acuh dengan lingkungan sekitar, mulailah peka terhadap lingkungan yang bisa dimulai dari tetangga terdekat.

Misalnya, kita tahu tetangga sebelah rumah kita harus bekerja dari rumah (WFH) atau belajar dari rumah (PJJ) dengan segala macam keterbatasannya. Kita juga tahu jika gaji kepala keluarga dipotong sebagai efek dari kebijakan perusahaannya bekerja.

Nah, sebagai langkah paling sederhana, kita bisa menawarkan bantuan untuk membagikan akses internet yang kita miliki, jika kita memang berlangganan internet di rumah. Dengan begitu, kita akan sedikit memberikan kelonggaran finansial bagi mereka, karena mereka tak perlu lagi membeli kuota internet yang tentunya sangat mereka butuhkan.

Ketika rasa peka akan lingkungan sekitar itu telah tumbuh, maka kita akan mulai terbiasa untuk menempatkan diri, sehingga akan memudahkan kita untuk memahami bagaimana harus berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain.

Berperan dalam kampanye sosial

Salah satu yang saat ini sedang banyak dilakukan orang adalah melakukan kampanye sosial, baik itu terjun ke lapangan langsung, menggalang dana untuk para aktivis sosial, dst.

Terkesan sederhana memang, tapi apakah kita sadar bahwa hal-hal kecil itu akan sangat membantu saudara-saudara kita nun jauh di sana maupun yang dekat sekalipun, bahwa sedikit bantuan kita akan sangat berarti bagi mereka.

Kadang memang, hal-hal sepele boleh jadi sangat bermanfaat bagi orang lain. Karena itulah ini momentum yang tepat untuk kita saling berbagi bahagia dengan orang-orang di luar sana.

Dukungan Astra atas pergerakan kebaikan

Tak hanya pergerakan sosial mandiri yang bisa kita lakukan. Kita juga bisa bergotong royong untuk membantu kampanye-kampanye sosial yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar untuk saudara-saudara kita yang terdampak pandemi.

Seperti mendukung apa yang sudah dilakukan Astra yang meluncurkan gerakan media sosial melalui tagar#SemangatSalingBantudengan mengajak masyarakat di seluruh Indonesia saling membantu terhadap sesama yang sedang kesulitan dan membutuhkan bantuan di tengah situasi pandemi.

Melalui gerakan tersebut, kita dan semua lapisan masyarakat diharapkan dapat bersama-sama turut mewujudkan Indonesia yang tangguh agar dapat terus tumbuh, selaras dengan tema HUT ke-76 Kemerdekaan RI tahun ini, yakni “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Astra berkomitmen untuk bergandengan tangan erat guna membantu masyarakat, tenaga kesehatan, dan pemerintah, agar bersama-sama dapat melewati situasi sulit pandemi.

Adapun dalam pelaksanaannya, gerakan #SemangatSalingBantuyang dimaksud adalah ajakan Astra kepada masyarakat untuk mengunggah konten yang berisi pesan, untuk tetap semangat pada masa pandemi ini, atau informasi bantuan yang dapat diberikan dan bermanfaat kepada mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Konten tersebut nantinya diunggah pada salah satu dari berbagai lini media sosial yang dimiliki oleh masyarakat yang berpartisipasi mulai dari Instagram, Twitter, TikTok dengan akun @SATU_Indonesia, serta Facebook pada akun Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia, dengan menyertai tagar#SemangatSalingBantu

Tentu tidak berhenti sebatas unggahan kepedulian, nantinya setiap unggahan yang muncul di berbagai lini media sosial akan dikonversi oleh Astra menjadi satu paket bantuan, berupa makanan, bahan makanan pokok, serta multivitamin bagi kebutuhan pasien Covid-19 dan masyarakat yang terdampak pandemi.

Paket bantuan hasil konversi tersebut kemudian akan disalurkan untuk masyarakat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Penyaluran paket tersebut akan dilakukan melalui 31 Koordinator Wilayah (Korwil) Grup Astra, dan berbagai komunitas Astra yang terdiri dari penggerak Kampung Berseri Astra, Desa Sejahtera Astra, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards, serta Yayasan Amaliah Astra.

Jika dipahami lebih jauh, langkah ini sebenarnya merupakan salah satu gerakan saling membantu yang bisa dilakukan oleh siapapun, terlepas dari ada atau tidaknya kemampuan seseorang dari segi materi untuk turut memberikan bantuan bagi mereka yang lebih membutuhkan.

Catatan Redaksi:

Artikel di atas merupakan elaborasi antara GNFI dan Astra dalam mewujudkan gerakan kebaikan dengan mengusung tagar #SemangatSalingBantu dan #LestarikanKebaikan.

Leave your vote

785 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *