Peduli Dengan Karyawan PO dan Paguyuban Terminal Kalideres, Revi Zulkarnain Dukung Program BPJS | Ɍ™

by -5 views
peduli-dengan-karyawan-po-dan-paguyuban-terminal-kalideres,-revi-zulkarnain-dukung-program-bpjs-|-Ɍ

Reportase investigasi.com, Jakarta Barat – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cengkareng Kalideres melakukan sosialisasi kepada pengurus PO bus, dan karyawan bus, pedagang di Paguyuban Terminal Kalideres (PTK) Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Selasa (24/05/2022)

Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia terutama di Wilayah Cengkareng dan kalideres telah terinformasi dengan baik tentang pentingnya memiliki jaminan sosial Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cengkareng Hasan Basri mengatakan bahwa tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk menyampaikan amanah Undang Undang.

Ia juga mengatakan bahwa memberi pengetahuan serta pemahaman tentang pentingnya dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat.

“Program yang kami tawarkan yaitu 3 program BPJS Ketenagakerjaan yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian), JHT (Jaminan Hari Tua),”Ucap Hasan Basri.

Lanjutnya, Jaminan Kecelakaan Kerja ( JKK) adalah Jaminan kecelakaan dalam hubungan kerja termasuk kecelakaan terjadi dalam perjalanan dari rumah ke tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Sedangkan JKM adalah peserta yang meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja, Jaminan kematian ini untuk meringankan beban keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaman atau santunan berupa uang.

Sedangkan JHT (Jaminan Hari Tua) adalah manfaat uang tunai sekaligus yang sekaligus yang di berikan mencapai usia 56 tabungan atau tabungan di hari tua.

“Sangat di sayangkan ketika usia kita tua tidak ada tabungan, maka JHT salah satu program BPJS Ketenagakerjaan” Tambah Hasan Basri.

lanjutnya,Untukmu iuran 3 program tersebut senilai Rp 38.600 perbulan ,untuk tabungan (JHT-Red) senilai Rp 20.000 perbulan untuk iuran dan pendaftaran bisa di kolektif melalui paguyuban terminal Kalideres.

Di tempat yang sama Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain menyampaikan sangat mendukung sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan ini.

” Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Cengkareng sudah hadir di terminal Kalideres, karena masyarakat di sekitar terminal kalideres banyak bekerja di sektor industri, sehingga informasi ini sangat berguna sekali” Ujar Revi.

Lanjut Revi, setidaknya bagi penerima upah setidaknya dapat mengikuti 3 program wajib yaitu JKK & JKM ,JHT agar terlindungi terutama bagi pekerja lapangan yang memiliki resiko kerja.

Sedangkan Alfian Ketua Paguyuban di Terminal Kalideres berterima kasih dengan sosialisasi di terminal Kalideres karena ini sangat penting dan berguna informasi yang di sampaikan.

Red/Ammar

Leave a Reply

Your email address will not be published.