Pecahkan Rekor Dunia, Jembatan Kaca di Vietnam

by -2 views
pecahkan-rekor-dunia,-jembatan-kaca-di-vietnam

Baru baru ini,  jembatan kaca di Vietnam memecahkan rekor dunia karena memiliki panjang 632 meter.  Jembatan kaca ini akhirnya dinobatkan sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia.

Jembatan kaca Vietnam ini mulai  dibuka untuk umum pada Sabtu (28/5). Terletak di Son La, Vietnam, jembatan ini terbuat dari tiga lapis kaca setebal 40mm dengan lantai kaca yang tembus pandang. Jembatan kaca ini disebut bisa menampung 450 orang sekaligus.

Sumber: REUTERS/Athit Perawongmetha

Jembatan ini terletak di sebuah resort pegunungan di atas ketinggian 150 meter. Jembatan kaca ini bernama Bach Long yang berarti Naga Putih.

Karena penasaran mencoba sensasi berjalan di jembatan kaca ini, para wisatawan mulai berbondong mengunjungi provinsi terbesar ketiga di Vietnam yaitu Son La, berbatasan dengan negara Laos. 

Cerita Pengunjung Berjalan di Jembatan Kaca Pertama Kali

Sumber: REUTERS/Athit Perawongmetha

Salah satu pengunjung yang nekad mencoba sensasi berjalan di jembatan ini mengatakan tidak bernai melihat ke bawah karena lantainya yang transparan, “Saya tak berani melihat ke bawah karena saya takut ketinggian,” ujar Vi Thi Thu, salah seorang pengunjung.

Kendati demikian Vi Thi Thu tetap memberanikan diri melewati jembatan itu tepat pada acara pembukaan jembatan ini untuk umum yang disertai dengan sugguhan pertunjukan barongsai.

Pengunjung lain yang bernama Tran Xuan Tinh yang sudah berusia 72 tahun turut penasaran hadir pada acara pembukaan. Ia menceritakan pengalaman yang membuatnya sempat panik saat pertama berjalan di jembatan itu. 

“Awalnya bikin kita panik, tetapi kemudian kalau kita (sudah) berjalan melewati 10 panel kaca, perasaan itu hilang,” ucap Tran Xuan Tinh dikutip dari Antara

 Jembatan Kaca di Vietnam, Pecahkan Rekor Dunia

Sumber: REUTERS/Athit Perawongmetha

Pada saat pembukaan jembatan kaca ini, turut hadir perwakilan Guinness World Report untuk menyerahkan plakat pengakuan rekor dunia sebagai jembatan kaca terpanjang di dunia.

Rekor ini berhasil mengalahkan jembatan kaca terpanjang di dunia yang sebelumnya dipegang oleh China sepanjang 526 meter.

Kendati demikian, badan record yang serupa yaitu Guinness World Records masih menempatkan jembatan kaca di Qingyuan, Provinsi Guangdong, China, sebagai yang terpajang di dunia. 

Sementara itu, salah seorang perwakilan badan pencatat rekor dunia Guinness World Record, Glen Pollard yang menghadiri pembukaan jembatan itu, malah mengapresiasi teknik dalam pembangunan  jembatan itu di mana tetap memperhatikan  keasrian alam, pepohonan, bebatuan yang berada di sisi tebing.

Detail Jembatan Kaca Vietnam yang Terpanjang di Dunia

Sumber: REUTERS/Athit Perawongmetha

Jembatan kaca di Vietnam ini  memiliki tiga lapis kaca, yang masing-masing mempunyai ketebalan 40 mm. Tak hanya itu, jembatan ini juga disebut mampu menahan beban hingga 450 orang pada saat bersamaan.

Pengelola jembatan ini menyebutkan bahwa jembatan kaca ini memiliki panjang 290 meter yang membentang dan menghubungkan sebuah jurang dengan jalur sisi tebing sepanjang 342 meter.  

Artikel Terkait: 10 Potret Jembatan Kaca Terkeren di Dunia, Ada yang di Indonesia Lho!

Tepat berada di lembah hijau nan asri, jembatan ini terus dikunjungi oleh wisatawan terutama yang menyukai tantangan  dan ingin menguji nyali berjalan di atas ketinggian

Bila Anda sedang traveling ke Vietnam jangan lupa mampir ke provinsi Son La untuk mencoba sensasi berjalan di jembatan kaca ini. Selain itu, provinsi Son La ini juga dikenal dengan keberadaan gua kelelawar, air terjun, danau, dan perkebunan tehnya.

Wah, sangat menarik dikunjungi terutama bagi yang suka tantangan ya!

 

10 Jembatan Terpanjang di Dunia, Pemandangannya Menakjubkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.