Panduan Strategi Social Media Marketing Untuk Bisnis di 2022

by -3 views
panduan-strategi-social-media-marketing-untuk-bisnis-di-2022

Pemasaran melalui media sosial semakin banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis terlebih dengan semakin banyaknya pilihan platform media sosial. Agar kamu bisa mendapatkan hasil terbaik dari jenis pemasaran satu ini, kamu harus berhati-hati dalam memilih strategi social media marketing yang tepat.

Jika belum tahu bagaimana dan dari mana harus memulai pemasaran di sosial media serta media sosial mana yang lebih cocok untuk bisnismu, kamu bisa mencari tahu melalui artikel ini.

Sekilas Tentang Social Media Marketing

Mengenal lebih jauh social media marketing
Dengan mengenali apa dan seperti apa social media marketing, bisnis akan lebih mudah menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan. (Sumber: flickr- Tiffany Ducklin)

Penggunaan strategi social media marketing yang tepat bisa menjadi investasi terbaik untuk bisnis kamu di tahun 2022. Tetapi, sebelum lebih jauh membahas strategi apa yang tepat, kamu harus terlebih dahulu memahami apa itu social media marketing dan bagaimana jenis pemasaran ini bisa membantu bisnis mencapai target dan tujuan bisnis.

Social media marketing adalah sebuah strategi pemasaran menggunakan media sosial sebagai platform dalam menjalankannya. Ada banyak konten yang bisa kamu bagikan melalui media sosial seperti panduan, penawaran produk, informasi umum, dan lain-lain.

Untuk menggunakan strategi pemasaran satu ini, kamu bisa melakukannya secara gratis atau dengan memanfaatkan iklan berbayar. Baca juga artikel tentang traditional marketing vs digital marketing agar kamu semakin yakin untuk memulai pemasaran dan promosi secara digital.

Pada dasarnya, setiap platform media sosial memiliki daya tarik dan karakter tersendiri. Sebelum merencanakan strategi marketing melalui media sosial, kamu harus memilih platform mana yang hendak digunakan. Apakah menggunakan pemasaran melalui Facebook, memaksimalkan fitur fleet di Twitter, membuat konten di Instagram, atau lainnya. 

Dengan budget marketing yang cukup tinggi, kamu bisa bekerja sama dengan Youtuber, influencer, Selebgram, atau seleb Tiktok.

Kelebihan Social Media Marketing

Kelebihan social media marketing
Penggunaan social media marketing memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis. (Sumber: pixabay – geralt)

Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial, semakin banyak pula bisnis yang memasarkan produk atau jasa mereka melalui media sosial. Pemasaran melalui media sosial bisa menjadi cara terbaik untuk mengembangkan bisnis, memperluas jangkauan, dan terhubung dengan pelanggan.

Ada beberapa kelebihan dari penggunaan social media marketing, di antaranya adalah sebagai berikut.

Aksesibilitas 24 Jam

Media sosial bisa kamu akses setiap waktu, 24 jam per hari kapan pun dan di mana pun selama ada koneksi internet. Ini sangat berguna untuk membangun bisnis serta mempromosikan produk dan layanan. Pelanggan bisa masuk ke akun media sosial pilihannya dengan mudah sehingga bisa mendapatkan informasi tentang bisnis dan produk yang mereka inginkan.

Hemat Biaya

Social media marketing menjadi bagian dari strategi pemasaran digital yang efektif dan efisien. Perusahaan atau bisnis hanya perlu membuat akun di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan YouTube. Selanjutnya, mereka bisa menggunakan promosi berbayar yang akan menjadi investasi dengan biaya yang terjangkau.

Jenis pemasaran satu ini tentunya lebih hemat biaya dibandingkan dengan pemasaran dan promosi jenis lain. Coba terlebih dahulu menggunakan iklan dengan biaya yang paling rendah dan kemudian lihat hasilnya. Kamu juga bisa menggunakan jasa digital marketing agar mendapatkan hasil maksimal.

Meningkatkan Kunjungan Website

Cara tepat untuk menarik pengguna media sosial adalah dengan membagikan konten baik gambar maupun video yang berkualitas di akun media sosial bisnismu. Mereka yang tertarik dengan konten tersebut akan semakin penasaran dengan apa yang kamu tawarkan. Alhasil, mereka akan mengunjungi website bisnismu. Selain mempromosikan bisnis, sosial media juga bisa membawa traffic website yang lebih banyak.

Meningkatkan Kesadaran Brand

Perusahaan atau bisnis akan mendapatkan pengakuan brand karena khalayak umum akan mulai mengenal mereka melalui media sosial. Pastikan kamu selalu membuat konten-konten menarik agar semakin banyak pengguna media sosial yang tertarik untuk mencari tahu siapa kamu dan apa yang kamu tawarkan.

Membantu Menganalisis Pasar

Kelebihan lain dari penggunaan strategi social media marketing adalah menambah wawasan dan mengetahui apa yang pelanggan lakukan. Sehingga kamu akan semakin tahu apa yang mereka sukai atau tidak sukai, dan apa yang mereka harapkan saat memilih produk atau jasa tertentu.

Kamu juga bisa membuat riset untuk mengetahui apakah pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang didapatkan serta mengetahui tren yang sedang atau akan ramai di pasaran sesuai target yang kamu buat.

Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis di 2022

Strategi social media marketing di 2022
Berbagai strategi social media marketing yang bisa bisnis terapkan di tahun 2022. (Sumber: flickr – Seo Webx)

Menjalankan sebuah bisnis berarti memiliki tugas yang panjang di mana kamu juga harus memastikan bahwa bisnis tidak hanya akan bertahan tetapi juga berkembang dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, kamu harus mulai mempersiapkan strategi pemasaran apa yang tepat untuk dilakukan di tahun berikutnya terlebih tahun 2022 sudah ada di depan mata.

Baik pendatang baru atau bisnis yang ingin memaksimalkan strategi pemasaran yang sudah ada, hal penting yang harus selalu diperhatikan dalam menjalankan bisnis secara online adalah website. Untuk kebutuhan website seperti web hosting, kamu bisa menghubungi Exabytes.

Memulai pemasaran melalui media sosial berarti kamu harus memiliki strategi yang tepat. Untuk bisnismu, coba terapkan beberapa strategi social media marketing berikut ini. 

Buat Tujuan yang Masuk Akal

Tujuan paling umum dalam menggunakan media sosial untuk pemasaran dan promosi adalah untuk meningkatkan brand awareness dan engagement. Membuat tujuan dalam bersosial media adalah langkah awal untuk bisa mendapatkan follower yang banyak atau membangun komunitas yang lebih aktif.

Tujuan tersebut akan membantu kamu menentukan strategi social media marketing yang tepat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menentukan waktu dan budget yang dibutuhkan untuk setiap kampanye yang dijalankan.

Tentukan dan Pahami Target Audiens

Dengan begitu banyaknya pengguna media sosial di masing-masing platform, bagaimana kamu bisa menjangkau semuanya? Caranya adalah dengan menentukan target audiens. Kemudian kamu bisa melakukan riset untuk bisa memahami mereka dengan baik sehingga memiliki potensi untuk memengaruhi mereka memilih produk atau jasa kamu.

Gunakan Video Live untuk Meningkatkan Brand Awareness

Video live bisa menjadi salah satu cara untuk akun media sosialmu melakukan pemasaran dan promosi. Mereka yang berbelanja online tertarik dengan konten berupa video dari brand yang mereka tahu dan sukai. 

Agar bisa membuat video live yang menarik, kamu harus membuat topik yang paling sesuai dengan target audiens. Biasanya orang-orang mencari inspirasi agar menemukan produk yang tepat untuk dibeli secara online.

Apabila kamu bisa membuat video yang menarik, menyenangkan, serta mendidik, bukan tidak mungkin jika traffic website dan penjualan akan meningkat. Maksimalkan engagement dengan menyertakan sesi tanya jawab di akhir video live

Kamu juga bisa membuat logo unik namun berkarakter agar brand kamu semakin melekat di ingatan audiens. Coba manfaatkan platform desain logo online gratis untuk menekan biaya pemasaran melalui media sosial.

Dorong Konten yang Dibuat oleh Audiens

Menggunakan konten yang dibuat oleh audiens merupakan cara tepat lainnya untuk meningkatkan strategi social media marketing. Konten tersebut bisa berupa postingan, komentar, dan gambar yang dibuat oleh audiens dan pelanggan yang memberikan ulasan positif pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

Untuk mendapatkan konten yang menarik dari para audiens dan pelanggan, kamu bisa membuat sebuah acara atau program khusus. Misalnya, kamu bisa mengadakan kontes foto atau video yang mengundang pengunjung untuk membagikan foto atau video mereka yang merasa puas saat membeli dan menggunakan produk kamu.

Hadir di Waktu yang Tepat

Ketepatan waktu menjadi faktor penting dalam mendapatkan perhatian dari audiens. Kamu harus mencari tahu waktu yang tepat untuk membagikan konten di masing-masing platform media sosial sehingga apa yang kamu sampaikan bisa sesuai target.

Selain membagikan konten di waktu yang tepat, kamu juga harus berinteraksi dengan audiens. Caranya adalah dengan menjawab pertanyaan mereka secepat mungkin sehingga mereka akan merasa dihargai. Melalui layanan pelanggan yang baik, kamu memiliki kesempatan untuk dikenal oleh lebih banyak audiens yang akan tertarik membeli produk kamu.

Bekerja Sama dengan Micro Influencer

Memasarkan produk dengan menggunakan bantuan dari micro influencer bisa menjadi strategi lain dalam memasarkan produk secara online melalui media sosial. Micro influencer adalah influencer yang memiliki sepuluh ribu hingga seratus ribu pengikut. Influencer jenis ini biasanya fokus hanya pada kategori terbatas yang sesuai dengan kemampuan atau bidang yang mereka kuasai.

Coba mulai sebuah riset agar kamu bisa menemukan influencer yang benar-benar sesuai dengan industri dan bisnis kamu. Pastikan ia bisa melihat nilai dari bisnis kamu sehingga ia bisa dengan mudah menyampaikan maksud dan tujuan kamu dalam memasarkan produk. Ia juga bisa membantu menemukan influencer baru melalui koneksi di berbagai platform media sosial.

Lakukan Evaluasi

Kesuksesan penggunaan strategi pemasaran di media sosial itu berbeda-beda. Strategi A mungkin bekerja dengan baik untuk brand tertentu tapi tidak untuk brand lainnya, begitu dengan strategi pemasaran B.

Saat kamu mencoba beberapa strategi yang dinilai efektif, kamu harus melakukan evaluasi agar tahu hasilnya. Ini juga membantu untuk melakukan peningkatan pada strategi pemasaran yang selanjutnya.

Kesimpulan

Media sosial memiliki kekuatan dan bisa menjadi magnet untuk menarik lebih banyak calon pembeli. Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa kamu memiliki target audiens dan strategi social media marketing yang sesuai dengan tujuan bisnismu.

Untuk kamu yang berencana membuat website, Exabytes sebagai penyedia hosting Indonesia bisa membantu memenuhi semua kebutuhanmu mulai dari hosting, jasa pembuatan website, pembuatan desain logo, SSL, hingga digital marketing.

Leave your vote

631 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *