26.8 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

Operasi Terselubung, Cina Kirim Rudal untuk Perkuat Militer Serbia | DW | 11.04.2022

WorldOperasi Terselubung, Cina Kirim Rudal untuk Perkuat Militer Serbia | DW | 11.04.2022

Serbia menerima pengiriman sistem antipesawat canggih Cina dalam operasi terselubung pada akhir pekan lalu, di tengah kekhawatiran Barat atas penumpukan senjata di Balkan dan ancaman perdamaian di wilayah yang lemah.

Pakar media dan militer mengatakan hari Minggu (10/04) bahwa enam pesawat Angkatan Udara Cina Y-20 mendarat di bandara sipil Beograd pada Sabtu (09/04) pagi waktu setempat, yang diyakini membawa sistem rudal darat ke udara HQ-22 untuk militer Serbia.

Kementerian Pertahanan Serbia tidak segera menanggapi permintaan komentar Associated Press.

Pengiriman senjata atas wilayah setidaknya dua negara anggota NATO, Turki dan Bulgaria, dilihat oleh para ahli sebagai “unjuk gigi” jangkauan global Cina yang berkembang.

“Penampilan Y-20  membuat takjub, karena mereka terbang secara massal sebagai lawan dari serangkaian penerbangan pesawat tunggal,” tulis majalah online The Warzone. “Kehadiran Y-20 di Eropa dalam jumlah berapa pun masih merupakan perkembangan yang cukup baru.”

Analis militer Serbia Aleksandar Radic mengatakan “Cina melakukan demonstrasi kekuatan mereka.”

Presiden Serbia benarkan adanya pengiriman sistem rudal

Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengkonfirmasi pengiriman sistem rudal jarak menengah yang disepakati pada tahun 2019, dengan mengatakan pada hari Sabtu (09/04) bahwa ia akan menghadirkan “kebanggaan terbaru” dari militer Serbia, Selasa (12/04) atau Rabu (13/04).

Sebelumnya, Vucic mengeluh bahwa negara-negara NATO, yang mewakili sebagian besar tetangga Serbia, menolak untuk mengizinkan penerbangan pengiriman sistem rudal di atas wilayah mereka di tengah ketegangan atas agresi Rusia di Ukraina.

Meskipun Serbia memilih mendukung resolusi PBB yang mengutuk serangan berdarah Rusia di Ukraina, Serbia telah menolak untuk bergabung dengan sanksi internasional terhadap sekutunya di Moskow atau langsung mengkritik kekejaman nyata yang dilakukan oleh pasukan Rusia di sana.

  • PLTN Zaporizhzhia terbakar akibat serangan pasukan Rusia

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    PLTN terbesar di Eropa terbakar

    Salah satu dari enam reaktor yang ada di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Zaporizhzhia terbakar Jumat (04/03) dini hari waktu setempat, akibat serangan pasukan Rusia. PLTN Zaporizhzhia merupakan PLTN terbesar di benua Eropa. Sebanyak 25% pasokan listrik Ukraina berasal dari PLTN ini.

  • Apartemen di Brodyanka hancur

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Apartemen hancur

    Foto udara menujukkan sebuah bangunan apartemen di kota Borodyanka yang hancur akibat serangan Rusia. Pasukan Rusia terus memborbardir kota-kota di sekitar ibu kota Kiev, termasuk kota Chernihiv dan Irpin.

  • Foto udara Rivnopillya

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Ratusan ribu orang mengungsi

    Ratusan ribu warga Ukraina dilaporkan mengungsi, baik ke kota-kota lain di dalam negeri seperti Lviv atau ke negara-negara lain di Uni Eropa. Foto udara memperlihatan area perumahan di kota Rivnopillya, dekat Kiev, yang terbakar.

  • Seorang petugas keamanan Ukraina tengah melihat kondisi gedung di Kiev yang hancur

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Gedung-gedung di Kiev hancur

    Seorang petugas keamanan Ukraina sedang memantau kondisi gedung di Kiev yang hancur akibat serangan Rusia.

  • Seorang laki-laki dengan tas belanja berjalan di sebuah jalan di Kiev.

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Mengumpulkan persediaan makanan

    Warga di Kiev dilaporkan ramai-ramai mengantre di pasar swalayan dan kios-kios untuk membeli bahan-bahan kebutuhan pokok. Tampak pada gambar seorang laki-laki dengan tas belanja berjalan di sebuah jalan di Kiev.

  • Kendaraan militer Rusia rusak

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Kendaraan militer rusak

    Dalam invasinya, Rusia menargetkan fasilitas-fasilitas militer milik Ukraina serta infrastruktur seperti jalan dan jembatan. Tampak pada gambar seorang laki-laki berjalan melewati sisa-sisa kendaraan militer pasukan Rusia yang hangus terbakar di kota Bucha.

  • Kantor polisi di Kharkiv tak luput dari serangan

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Kantor polisi tak luput dari serangan

    Kantor polisi di kota Kharkiv hancur terkena serangan rudal yag ditembakkan pasukan Rusia pada hari Rabu (02/02).

  • Petugas medis mengevakuasi jenazah dari balai kota Kharkiv yang porak-poranda akibat serangan Rusia.

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Ratusan orang tewas

    Lebih dari 200 warga sipil dilaporkan tewas dan lebih dari 500 orang lainnya mengalami luka-luka selama invasi Rusia ke Ukraina. Petugas medis mengevakuasi jenazah dari balai kota Kharkiv yang porak-poranda akibat serangan Rusia.

  • Balai kota Kharkiv rusak parah

    Potret Kota-kota di Ukraina yang Luluh Lantak Diserang Rusia

    Balai kota rusak parah

    Seorang petugas layanan darurat Ukraina mengamati gedung balai kota Kharkiv yang rusak parah. Balai kota yang terletak di alun-alun kota kharkiv ini jadi target serangan pasukan Rusia. (Ed: rap/as)

    Penulis: Kevin Mertens


Kekhawatiran perang lainnya

Kembali pada tahun 2020, pejabat Amerika Serikat memperingatkan Beograd terhadap pembelian sistem antipesawat HQ-22, yang versi ekspornya dikenal sebagai FK-3. Mereka mengatakan bahwa jika Serbia benar-benar ingin bergabung dengan Uni Eropa dan aliansi Barat lainnya, ia harus menyelaraskan peralatan militernya dengan standar Barat.

Sistem rudal Cina telah banyak dibandingkan dengan AS dan sistem rudal permukaan ke udara S-300 Rusia, meskipun memiliki jangkauan yang lebih pendek daripada S-300 yang lebih canggih. Serbia akan menjadi operator pertama rudal Cina di Eropa.

Serbia berperang dengan tetangganya pada 1990-an. Negara yang secara resmi mencari keanggotaan Uni Eropa itu telah meningkatkan kemampuan angkatan bersenjatanya dengan senjata Rusia dan Cina, termasuk pesawat tempur, tank tempur, dan peralatan lainnya.

Muncul kekhawatiran di Barat bahwa mempersenjatai Serbia oleh Rusia dan Cina dapat mendorong negara Balkan itu ke arah perang yang lain, terutama melawan bekas provinsi Kosovo yang memproklamasikan kemerdekaan pada tahun 2008. Serbia, Rusia, dan Cina tidak mengakui negara Kosovo, sementara Amerika Serikat dan sebagian besar negara Barat mengakuinya.

bh/ha (AP)

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles