NU Online Buka Kelas Menulis Konten Keislaman

by -42 views
nu-online-buka-kelas-menulis-konten-keislaman

Jakarta, NU Online


Untuk memberikan keahlian dan kecakapan kepada calon kontributor, kalangan pesantren, dan masyarakat luas dalam penulisan artikel-artikel keislaman, situs resmi PBNU, NU Online akan menyelenggarakan Pelatihan Menulis Keislaman. Tidak hanya menulis untuk NU Online, alumni kelas ini diharapkan dapat mewarnai  tulisannya di berbagai media lainnya.



Pemimpin Redaksi NU Online, Ahmad Mukafi Niam mengatakan, pelatihan akan diadakan secara online setiap Sabtu selama enam pertemuan mulai 13 Maret 2021. Berbagai teori penulisan keislaman akan dibagikan kepada peserta. Selain itu, peserta juga akan diajak praktik menulis secara langsung.



“Setiap peserta kelas menulis nantinya dapat menjadi kontributor keislaman NU Online atau penulis bidang-bidang keislaman. Fasilitator atau Tim Penulis Keislaman NU Online akan memberikan pembinaan serta pemantauan terhadap peserta kelas menulis melalui WhatsApp Grup,” kata Niam, awal Februari di Jakarta.



Syarat peserta kelas ini adalah memiliki pengetahuan khazanah keislaman yang baik, mampu membaca literatur keislaman dalam Bahasa Arab, bersedia mengikuti seluruh sesi, mengirimkan contoh tulisan sesuai dengan minat dan keahlian dalam bidang kajian keislaman (fikih, tafsir, hadits, tasawuf, tauhid, dll) minimal 500 kata. 



Pendaftaran dan kelengkapan persyaratan dikirimkan melalui tautan: http://bit.ly/daftarpenulisnuonline paling lambat 28 Februari 2021. Peserta yang lolos pada tahap awal, diharuskan membayar biaya sebesar 200 ribu Rupiah.



“Setelah mengikuti kelas ini, alumni diharapkan memiliki peningkatan jejaring dengan komunitas penulis keislaman NU, memiliki kemampuan menulis materi keislaman di media daring atau luring, dan berkesempatan menjadi kontributor penulis keislaman NU Online,” kata Niam.



Seperti diketahui, NU Online sendiri memiliki beberapa rubrik Keislaman NU Online, seperti ekonomi syariah, tauhid, bahtsul masail, ubudiyah, tafsir, tasawuf, dan lain-lain. Rubrik-rubrik keislaman di NU Online menjadi rujukan masyarakat luas dalam fikih dan peribadatan.



Peserta akan diseleksi setelah melewati tahapan seleksi dengan menyerahkan berkas melalui google form. Hasil seleksi akan diumumkan melalui WhatsApp dan Media Sosial serta website NU Online. Peserta yang telah membayar biaya mengikuti kelas mulai 13 Maret 2021.



Sebelumnya NU Online juga telah membuka kelas jurnalistik dengan ratusan peminat dan untuk kelas menulis keislaman ini baru pertama kali diadakan. Hingga hari kedua sejak pengumuman dibukanya kelas ini, puluhan pendaftar telah mengirimkan persyaratannya.



Pewarta: Kendi Setiawan


Editor: Muhammad Faizin

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *