Ngantuk Setelah Olahraga? Ini Kemungkinan Penyebabnya

by -0 views
ngantuk-setelah-olahraga?-ini-kemungkinan-penyebabnya

Mengantuk setelah olahraga merupakan fenomena yang cukup sering ditemukan. Kondisi ini bisa membuat orang yang mengalaminya enggan untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk orang-orang yang sering merasa ngantuk setelah olahraga?

Jika ya, Anda sebaiknya waspada. Pasalnya, ngantuk setelah olahraga tak melulu terjadi akibat kondisi sepele. Keadaan tersebut juga bisa didasari oleh gangguan medis yang cukup serius, lho!

Berikut ini beberapa penyebab ngantuk setelah olahraga yang mesti Anda ketahui:

1. Porsi Olahraga Berlebihan

Menurut dr. Devia Irine Putri, mengantuk setelah olahraga dapat terjadi jika Anda melakukan aktivitas tersebut secara berlebihan.

Ketika berolahraga, tubuh memanfaatkan energi dari molekul bernama adenosin trifosfat (ATP). Molekul tersebut mendukung tubuh agar tetap bergerak.

Namun, ketika aktivitas maupun olahraga yang Anda lakukan terlalu berat atau berlebihan, cadangan ATP dapat terkuras.

Artikel Lainnya: Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

Berdasarkan University of New Mexico, ATP yang terkuras bisa mencetuskan sensasi sangat lelah setelah berolahraga. Pada gilirannya, hal tersebut juga bisa mengakibatkan rasa kantuk.

“Selain itu, penyebab ngantuk setelah olahraga, bisa juga karena respons awal tubuh yang belum terbiasa dengan aktivitas tersebut,” kata dr. Devia.

2. Salah Makan

Ahli gizi dan pelatih kesehatan integratif di Nutritional Balance Clinic, Huma, merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan ringan dengan kandungan karbohidrat yang cepat dicerna sebelum berolahraga. 

Makanan tersebut, misalnya gandum, pisang, granola, dan yoghurt. “Konsumsi makanan tersebut sekitar 2–3 jam sebelum Anda olahraga. Makanan dengan karbohidrat akan menambah energi Anda,” jelas Huma.

Sebaliknya, jika Anda kekurangan asupan karbohidrat saat berolahraga, kadar gula darah akan lebih cepat menurun. Salah satu hal yang bisa terjadi akibat hal tersebut adalah mengantuk setelah olahraga.

3. Dehidrasi

Ketika berolahraga, keringat yang mengucur dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Terlebih, jika Anda tidak minum air putih yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga. 

Berdasarkan University of Utah, dehidrasi bisa menghambat proses pemulihan otot. Hal ini bisa membuat tubuh terasa sangat lelah setelah berolahraga.

Tak hanya itu, dr. Devia mengatakan bahwa dehidrasi juga bisa menjadi penyebab ngantuk setelah olahraga.

Guna mencegah kondisi tersebut, Anda disarankan untuk minum 3–4 gelas air putih sebelum olahraga.

Artikel Lainnya: Ingin Olahraga Saat Hujan? Ini Manfaat dan Bahayanya

4. Waktu Olahraga

Ritme sirkadian merupakan jam internal yang mengatur proses dan fungsi tubuh. Berdasarkan National Institute of General Medical Sciences, ritme sirkadian berfungsi mengatur suhu tubuh, tekanan darah, dan detak jantung Anda.

Selain itu, ritme sirkadian juga mempengaruhi kemampuan tubuh untuk pulih setelah olahraga. 

Pada dasarnya, ritme sirkadian setiap orang sangat beragam; tergantung pada aktivitas serta pola tidur harian setiap individu. 

Hal tersebut membuat orang yang terbiasa beraktivitas di malam hari akan lebih mudah ngantuk setelah olahraga di pagi hari. 

Sebaliknya, orang yang terbiasa beraktivitas pagi hari akan lebih mudah mengantuk setelah olahraga larut malam.

Maka dari itu, sesuaikan waktu Anda berolahraga dengan pola aktivitas dan jam tidur sehari-hari.

5. Kurang Tidur

Tidur sangat penting untuk pemulihan otot dan jaringan tubuh. Jika Anda kurang tidur, proses pemulihan keduanya bisa terhambat. Akibatnya, Anda akan dengan mudah merasa ngantuk setelah olahraga. 

Oleh karena itu, agar otot dapat beristirahat dan pulih kembali usai berolahraga, pastikan untuk tidur malam selama 7–9 jam.

6. Sleep Apnea

Kenapa setelah olahraga ngantuk? Menurut National Sleep Foundation, hal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi medis bernama sleep apnea.

Artikel Lainnya: Ragam Olahraga yang Aman untuk Penderita Bronkitis

Sleep apnea merupakan kondisi yang terjadi ketika pernapasan berhenti sejenak selama tidur. Keadaan ini disebabkan oleh saluran napas bagian atas yang tersumbat.

Sleep apnea menyebabkan penderitanya mendengkur keras, dan mengalami gangguan pernapasan selama tidur. Karena dapat mempengaruhi kualitas tidur, sleep apnea turut menjadi pencetus ngantuk setelah olahraga.

7. Kondisi Medis Lainnya

Berdasarkan Mayo Clinic, kondisi medis lain yang dapat menyebabkan ngantuk usai berolahraga adalah diabetes, sindrom kelelahan kronis, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), multiple sclerosis, gangguan tiroid, dan masalah jantung.

Kini, Anda sudah tahu apa saja penyebab ngantuk setelah olahraga, bukan? Jika kondisi tersebut terjadi berkelanjutan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi Klikdokter.

(NB/AYU)

Leave your vote

785 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *