Naksir Berat, Italia Borong Puluhan Jet Tempur F-35

by -2 views
naksir-berat,-italia-borong-puluhan-jet-tempur-f-35

Kapal induk Italia tiba di Pangkalan Angkatan Laut AS di Norfolk, Virginia untuk menjemput pesanan jet F-35 mereka.

Pada Sabtu (13/2), kapal induk ringan Italia Cavour tiba di pangkalan angkatan laut AS di Norfolk untuk menjalani persiapan untuk mengadopsi F-35B, lapor Defence24. Uji coba akan berlangsung setidaknya hingga Maret 2021.

Menurut informasi dari Angkatan Laut AS, pada 13 Februari 2021, kapal induk Angkatan Laut Italia, Cavour (CVH 550), tiba di pangkalan Angkatan Laut AS di Norfolk, Virginia. Kapal dan kru sekarang menjalani pelatihan penuh dan proses persiapan teknis, memungkinkan penggunaan pesawat tempur STOVL (short takeoff and vertical landing) F-35B.

Sertifikat ‘Siap untuk Operasi’

Memperoleh sertifikat “Siap untuk Operasi” akan sama dengan menyelesaikan proses adaptasi kapal ke konversi pesawat tempur AV-8B Harrier ke mesin generasi V. Ini juga akan menjadi ujian pelaksanaan modernisasi kapal induk yang dimulai pada Desember 2018 di dok kering Edgardo Ferrati di Gudang Senjata Militer Maritim Taranto dan berakhir pada Mei 2020, menurut laporan BulgarianMilitary.com.

Pekerjaan itu antara lain berupa perkuatan dek penerbangan kapal induk, sehingga dapat menyerap dampak termodinamika F-35B saat mendarat. Hanggar dan tempat parkir telah ditata ulang. Sepuluh F-35B dan enam lagi yang akan “diparkir” di kapal dapat ditampung di dalam kapal.

Tim uji Kantor Program Bersama F-35 akan melakukan uji terbang. Kantor Program Bersama F-35 akan berada di atas kapal induk Italia tersebut dan akan beroperasi di sana dari Februari hingga Maret 2021. Persiapan untuk ini dimulai pada Januari 2021. Kemudian, pilot dari skuadron penelitian VX-23 di pangkalan penerbangan angkatan laut Sungai Patuxent di Maryland mulai melatih dalam operasi dengan pesawat F-35B dalam kondisi yang akan mereka hadapi di kapal induk Italia.

Skuadron VX-23 adalah bagian dari tim F-35 ITF (F-35 Pax River Integrated Test Force) yang mengintegrasikan dan menguji F-35 Pax River Integrated Test Force, yang mengoperasikan pangkalan Sungai Patuxent dan memiliki sekitar 200 pilot dan staf teknis. Tim ini memiliki, antara lain, dua pesawat F-35 yang diadaptasi khusus untuk uji terbang.

Namun, pengujian terhadap kapal induk Cavour juga akan dilakukan dengan pesawat dan kapal dari Armada ke-2 AS. Menurut Amerika, “ini untuk meningkatkan interoperabilitas dan memperkuat hubungan antara dua sekutu NATO.” Kolaborasi ini sudah dimulai selama perjalanan kapal melalui Samudra Atlantik.

Saat itulah pertemuan dengan kapal perusak Amerika Arleigh Burke USS “Stout” (DDG 55) berlangsung. Bersama dengan kapal ini yang beroperasi sebagai pasukan keamanan, kapal induk Italia mengambil bagian dalam latihan interoperabilitas tiga hari dengan dukungan dari Carrier Air Wing (CVW) ke-7 dan Patroli dan Sayap Pengintai ke-11 (CPRW).

Rencana Pembelian 90 F-35 oleh Italia

Kapal induk Italia dapat menguji sistem pendeteksian dan panduannya terhadap pesawat tempur kecil dan cepat (seperti F/A-18) dan pesawat patroli laut yang lebih lambat dan besar (seperti P-8 Poseidon). Staf pusat pertempuran udara di “Cavour” juga melatih pesawat, manajemen lalu lintas udara, dan operasi tim kapal.

Melansir dari BulgarianMilitary.com, Italia berencana untuk membeli total sembilan puluh pesawat F-35 dalam dua versi: “A” dan “B.” Sejauh ini, Amerika telah mengirimkan lima belas pesawat semacam itu ke Italia. Dua belas di antaranya dalam versi F-35A, dan tiga dalam versi STOVL F-35B.

Penerjemah: Nur Hidayati

Editor: Purnama Ayu Rizky

Keterangan foto utama: Sebuah pesawat tempur siluman Angkatan Udara Amerika Serikat F-35 Lightning II terlihat melakukan pengisian bahan bakar udara selama latihan NATO pekan lalu di atas Laut Adriatik. (Foto: Zuma Press/Joshua Dewberry)

Naksir Berat, Italia Borong Puluhan Jet Tempur F-35

Amerika Serikat, Angkatan Laut Italia, F-35, Italia, Jet Tempur

Leave your vote

607 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *