Mulai Ramadan, Saudi Izinkan Jemaah yang Sudah Divaksin COVID-19 untuk Umrah

by -1 views
mulai-ramadan,-saudi-izinkan-jemaah-yang-sudah-divaksin-covid-19-untuk-umrah

Arab Saudi mengumumkan bahwa hanya orang yang sudah menerima dua dosis vaksin, menerima satu dosis 14 hari sebelum, dan yang sudah pulih dari COVID-19 yang diizinkan untuk umrah. Aturan berlaku mulai awal bulan Ramadan.

Otoritas Arab Saudi mengumumkan pada Senin (05/04) bahwa hanya orang yang sudah disuntik vaksin COVID-19 yang akandiizinkan untuk melakukan ibadah umrah. Kebijakan ini akan berlaku mulai dari awal bulan Ramadan, bulan suci bagi umat Islam.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dalam pernyataannya menjelaskan tiga kategori orang akan dianggap telah “diimunisasi” adalah mereka yang telah menerima dua dosis vaksin COVID-19, mereka yang diberikan satu dosis setidaknya 14 hari sebelumnya, dan orang-orang yang telah pulih dari infeksi COVID-19.

Hanya orang-orang yang masuk ke dalam ketegori tersebut yang akan diizinkan melakukan umrah serta salat di Masjidil Haram di kota suci Mekkah.

Kebijakan tersebut secara efektif akan “meningkatkan kapasitas operasional” Masjidil Haram selama Ramadan, demikian bunyi pernyataan Kementerian Haji dan Umrah sekaligus menambahkan bahwa aturan tersebut juga berlaku untuk jemaah yang masuk ke Masjid Nabawi di kota suci Madinah.

Sampai kapan kebijakan berlaku?

Meski disebut kebijakan akan berlaku di bulan Ramadan, yang akan dimulai pada pertengahan April ini, namun tidak dijelaskan berapa lama kebijakan itu akan berlaku.

Tidak dijelaskan juga, apakah kebijakan yang muncul di tengah meningkatnya infeksi virus corona di Saudi akan diperpanjang hingga diberlakukannya ibadah haji pertengahan tahun ini.

Arab Saudi telah melaporkan lebih dari 393 ribu kasus COVID-19 dan sedikitnya 6.700 kematian. Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan telah memberikan lebih dari lima juta dosis vaksin COVID-19, di negara dengan populasi lebih dari 34 juta jiwa ini.

Jumlah terkecil sepanjang sejarah

Pengumuman ini muncul setelah Raja Salman mencopot Menteri Haji dan Umrah Mohamed Benten pada pertengahan bulan lalu, kurang dari setahun setelah Saudi mencatat jumlah jemaah haji terkecil dalam sejarah unusual akibat pandemi corona.

  • Petugas kebersihan bekerja mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun ini

    Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

    Persiapan akhir

    Menjelang haji tahun ini, petugas kebersihan tampak lebih sibuk dari biasanya. Demi mencegah penyebaran virus, tanda pembatas dipasang di sekitar Ka’bah sebagai tanda bagi para jemaah agar tetap menjaga jarak sosial.

  • Jemaah haji tawaf keliling Ka'bah dengan saling menjaga jarak

    Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

    Menjaga jarak sosial

    Di masa lalu, puluhan ribu bahkan jutaan umat Muslim memadati Mekkah. Namun tahun ini, hanya 10.000 orang yang diizinkan menunaikan ibadah haji. Peserta dipilih melalui seleksi on-line. Mereka melewati pemeriksaan suhu tubuh dan karantina selama dua minggu sebelum tiba di Mekkah.

  • Jemaah haji tawaf keliling Ka'bah dengan saling menjaga jarak

    Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

    Dilarang menyentuh Ka’bah

    Di Masjidil Haram, para jemaah haji diminta untuk selalu menjaga jarak sejauh 1,5 meter saat melakukan tawaf. Mereka juga dilarang keras menyentuh Ka’bah.

  • Para petugas keamanan menggunakan masker wajah

    Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

    Seragam dan masker wajah

    Para petugas keamanan mengenakan masker, memberikan contoh bagi para jemaah terpilih untuk berpartisipasi dalam haji 2020. Para jemaah adalah warga negara Arab Saudi dan orang asing yang memang menetap di Saudi. Tidak ada jemaah dari luar negeri. Arab Saudi sangat terdampak akibat pandemi ini, lebih dari 270.000 infeksi dilaporkan pada akhir Juli dan sekitar 3.000-4.000 kasus baru setiap harinya.

  • Muslim pilgrims wear protective masks heading to the Meeqaat

    Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

    Sekali seumur hidup

    Setiap Muslim diwajibkan melakukan ibadah haji sekali dalam hidup, selama mereka sehat dan cukup umur, serta “jika mereka menemukan kemungkinan untuk melakukannya,” menurut Al-Quran (surah Al ‘Imran, ayat 97). Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam.

  • Petugas haji Saudi tengah berkoordinasi terkait teknis pelaksanaan lempar jumrah

    Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

    Batu untuk jumrah disemprot disinfektan

    Melontar jumrah merupakan bagian dari rangkaian ibadah haji yang dilakukan di Mina, dekat wilayah Mekkah. Di sini, jemaah tetap harus menjaga jarak. Mereka menerima batu yang telah disemprot cairan disinfektan.

  • Kamp haji di Mina

    Ibadah Haji 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

    Pandangan masa lalu

    Pada tahun 2018, lebih dari 2 juta umat Islam melakukan perjalanan haji ke Mekkah. Selain ritual keagamaan, haji juga menjadi aktivitas perekonomian. Arab Saudi meraup lebih dari € 10 miliar (Rp 172 triliun) setiap tahun. Di Mekkah dan sekitarnya, ratusan ribu pekerjaan menggantungkan pendapatannya dari kegiatan haji. (Ed: ha/rap) Penulis: Konstantin Klein

    Penulis: Konstantin Klein


Benten kemudian digantikan oleh Essam bin Saeed, menurut keputusan kerajaan yang diterbitkan oleh Saudi Press Company (SPA).

Pada akhir Juli tahun lalu, Saudi telah menyelenggarakan ibadah haji – satu dari lima rukun Islam dan kewajiban bagi umat Islam yang mampu setidaknya sekali seumur hidup –  dengan kuota terbatas.

Tidak lebih dari 10.000 warga Muslim Arab Saudi sendiri yang diizinkan untuk ambil bagian. Angka ini jauh dari complete warga Muslim dunia yang melaksanakan ibadah haji pada tahun 2019 yakni 2,5 juta jemaah.

Belum diketahui juga berapa kuota haji yang ditetapkan untuk haji tahun ini.

Sebelumnya, kerajaan sempat menutup Masjidil Haram selama tujuh bulan guna mencegah penyebarang virus corona, sebelum akhirnya kembali dibuka pada Oktober tahun lalu.

Tercatat jutaan umat Islam datang ke Mekkah untuk melaksanakan umrah, ibadah yang bisa dilakukan kapan saja sepanjang tahun. Baik haji maupun umrah jadi salah satu sumber pendapatan terbesar bagi pemerintah Saudi.

rap/pkp (AFP)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *