Minyak Serai, Bahan Alami untuk Lindungi Bayi dari Nyamuk

by -4 views
minyak-serai,-bahan-alami-untuk-lindungi-bayi-dari-nyamuk

Gigitan nyamuk erat kaitannya dengan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari gejala yang ringan seperti gatal, bentol, kemerahan, dan iritasi pada kulit, hingga penyakit yang diperantarai oleh nyamuk seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, dan chikungunya.

Tidak hanya menggigit orang dewasa, anak-anak dan bayi juga bisa menjadi target. Karenanya, sebagai orang tua, tentu Anda melirik berbagai produk, seperti losion atau obat semprot anti-nyamuk sebagai cara untuk melindungi bayi dari nyamuk. 

Namun terkadang, bahan kimia dari produk tersebut dapat menyebabkan alergi dan iritasi pada bayi. Sebagai alternatif, minyak serai yang termasuk minyak atsiri (essential oil) bisa menjadi bahan alami untuk untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk.

Bagaimana Minyak Serai Bisa Mengusir Nyamuk?

Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang mempunyai wangi khas. Tanaman yang juga disebut lemongrass ini biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, teh, ekstrak aroma wewangian untuk losion kulit, minyak, deodoran, atau sebagai aromaterapi. 

Artikel Lainnya: Makanan Pilihan untuk Hindari Gigitan Nyamuk

Tak hanya itu, manfaat minyak serai juga diyakini bisa sebagai anti-serangga. Oleh sebab itu, minyak ini dapat melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk. Bagaimana bisa?

Hal tersebut ternyata telah dibuktikan oleh penelitian yang memanfaatkan minyak serai sebagai ‘pengusir’ serangga. Peneliti mengoleskan minyak serai pada sebuah permen. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada serangga satu jenis pun yang mendekati permen tersebut.

Manfaat minyak serai untuk melindungi dari gigitan nyamuk diperoleh dari kandungan zat Citronella. Kandungan ini berkhasiat sebagai anti-serangga, termasuk terhadap nyamuk sekalipun. Jadi, wajar apabila minyak serai dapat menjadi anti-nyamuk untuk bayi.

Cara Pakai Minyak Serai untuk Lindungi Bayi dari Nyamuk

Minyak serai untuk melindungi bayi dari nyamuk dapat digunakan melalui berbagai cara. Berikut adalah beberapa yang bisa Anda coba:

  • Minyak Pijat Bayi

Pijatan halus bayi atau baby massage dikenal dapat merangsang dan menstimulasi bayi Anda. Pijatan halus ini membutuhkan minyak sebagai pelicin. Nah, minyak serai bisa menjadi salah satu pilihan, sekaligus untuk menghindarkan bayi Anda dari gigitan nyamuk.

Artikel Lainnya: Mitos Keliru seputar Gigitan Nyamuk

Aroma khas dari minyak serai dikenal sebagai penangkal serangga sehingga membuat nyamuk enggan mendekati, apalagi sampai menggigit bayi Anda.

  • Campurkan dalam Bak Mandi Bayi

Tak hanya sebagai minyak untuk memijat bayi, minyak serai dapat digunakan sebagai campuran pada air di bak mandi bayi Anda.

Saat mandi, beberapa minyak atsiri dapat ditambahkan ke dalam bak mandi bayi untuk memberikan aroma alami pada si Kecil. Salah satu yang bisa dipilih adalah minyak serai.

Selain membuat bayi wangi ketika selesai mandi, aroma dari serai akan melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk.

  • Sebagai Aromaterapi

Aromaterapi adalah terapi menggunakan aroma yang berasal dari uap. Uap ini dihasilkan oleh diffuser yang akan menguapkan minyak atsiri sebagai bahannya. Nah, diffuser ini bisa diisi oleh minyak serai sehingga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk.

Minyak serai anti-nyamuk untuk bayi bisa digunakan dalam diffuser sebagai aromaterapi menjelang waktu tidur. Tidak hanya melindungi bayi dari nyamuk, uap yang dihasilkan dapat membuat si Kecil nyaman sepanjang malam.

Meskipun manfaat minyak serai dapat melindungi bayi dari nyamuk, bahan ini kemungkinan bisa menyebabkan iritasi atau alergi jika dioleskan pada kulit bayi, apalagi yang berusia di bawah 3 bulan. Ingat, minyak serai hanyalah alternatif untuk melindungi bayi dari nyamuk.

Oleh sebab itu, sebelum memilih minyak serai sebagai bahan alami untuk menjaga si Kecil dari gigitan nyamuk, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter di Live Chat KlikDokter.

[WA]

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *