Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Dunia

by -5 views
miliki-desain-menarik,-ini-12-museum-mode-terindah-di-dunia

Museum terlabel sebagai tempat penyimpanan barang-barang antik dan purba kenangan sejarah. Nah, kalau museum-museum berikut ini akan memperlihatkan kamu tentang dunia fashion atau mode. Bagi kamu pencinta mode, museum ini wajib kamu datangi.

Museum menjadi sarana para desainer mode untuk mengenalkan koleksi fashion mereka pada masyarakat, sekaligus memperkenalkan bahwa fashion pun memiliki sejarah dan perkembangan berdasarkan waktu. Penasaran penampakannya? Mari kita lihat 12 museum mode tercantik di dunia.

1. Palais Galliera

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr

Menjadi museum mode legendaris di Paris, yang bertempat di istana Duchess of Galliera di Paris. Museum ini baru selesai direnovasi pada 2019 lalu, lho! Dengan penmabahan ruang pameran baru bernama The Gabrielle Chanel Rooms sebagai kerjasama eksklusif dengan brand Chanel.

2. Museum Seni Hias

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr/Luc Boegly

Dibuka pada tahun 1905, di sayap Marsan du Palais of the Louvre. Museum Seni Hias dirancang oleh Gaston Redon, yang menyimpan koleksi seni dekoratif dan karya desain yang monumental. Arsipnya yang berisi lebih dari 150.000 busana, telah disumbangkan oleh berbagai perancang mode dari abad ke-8 hingga zaman modern. Museum ini juga menampilkan bar penjahit ikonik Christian Dior hingga lahirnya “New Look” pada tahun 1947.

3. The MET

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di DuniaGetty Images/SergeYatunin

Bertempat di Fifth Avenue, Metropolitan Museum of Modern Art (MET) adalah salah satu galeri seni terbesar di dunia. Dibuka pada tahun 1872, museum ini adalah rumah bagi lebih dari dua juta karya seni dari seluruh dunia, dengan patung-patung dari dunia kuno, hingga lukisan karya orang-orang hebat Prancis dan koleksi seni Amerika yang sangat besar.

4. Museum V&A

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr

Museum Victoria & Albert di London adalah salah satu museum Eropa terbesar, dibuka pada tahun 1851 dan mengkhususkan diri pada seni dekoratif, dengan koleksi perhiasan, pakaian, furnitur, permadani, hingga barang pecah belah yang berasal dari zaman Kuno.

5. Museum Yves Saint Laurent

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr

Pada tanggal 3 Oktober 2017, Museum Yves Saint Laurent di Paris secara resmi membuka pintunya. Museum ini terletak di 5 Avenue Marceau, di dalam hôtel particulier, yang menampung “Fondation Pierre Bergé – Yves Saint Laurent”. 

Dengan luas hampir 5.000 kaki persegi, museum Yves Saint Laurent menyimpan berbagai koleksi retrospektif dari 50 desain, sketsa, foto, dan video, serta menyelenggarakan pameran tematik.

Tempat utama dalam museum ini adalah ruang couture kuno dan studio Yves Saint Laurent. Museum cantik ini memiliki desain ruangan membenamkan pengunjung dalam suasana asli rumah mode.

6. Museum FIT

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr

Bernama jelas Fashion Institute of Technology (FIT), museum ini telah menjadi rumah bagi pameran mode paling eksplosif dan inovatif di dunia. Dibuka pada tahun 1969 di New York, museum FIT menyimpan banyak koleksi seperti pakaian, tekstil, serta aksesoris. Kini pengunjungnya lebih dari 100.000 setiap tahunnya untuk menghadiri pameran, seminar, serta acara lainnya.

7. Museum Christian Dior

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di DuniaMusée Christian Dior

Museum indah satu ini merupakan rumah masa kecil dari desainer terkenal Christian Dior. Tepatnya berada di Villa Les Rhumbs yang dibangun di tepi tebing di Prancis Utara. 

Rumah ini menjadi inspirasi bagi Christian Dior dalam berbagai gaya dan keanggunan yang tertuang dalam desainnya. Rumah yang terletak di Granville ini berubah menjadi museum pada akhir tahun 1990-an.

8. Museum Cristóbal Balenciaga

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di DuniaIdoia Unzurrunzaga Llach balenciaga

Jika museum sebelumnya adalah rumah masa kecil Christian Dior, museum satu ini adalah tempat lahir salah satu desainer Spanyol, Cristóbal Balenciaga. Museum ini memiliki enam kamar yang menelusuri sejarah rumah mode dengan koleksi desain adibusana yang kaya, beberapa desain diantara adalah milik yayasan Balenciaga.

9. MoMu Antwerp

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniamomu.be

Unik ya namanya, museum ini dibuka pada tahun 2002 di Antwerpen, Belgia dan memamerkan fashion Belgia yang berkilauan. MoMu ditutup sementara pada tahun 2020 untuk direnovasi dan akan memamerkan 30.000 karya secara permanen setelah dibuka kembali.

10. The Gucci Garden

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr

Mimpi Alessandro Michele menjadi kenyataan setelah dibukanya The Gucci Garden di Palazzo della Mercanzia, Florence, pada Januari 2018. Museum ini didedikasikan untuk rumah mode. Di dalamnya terdapat banyak ruang pameran yang diawasi, serta butik yang dipenuhi dengan produk-produk eksklusif di bawah pengawasan Maria Luisa Frisadan. 

Tak hanya melihat berbagai koleksi fashion, kamu juga akan menemukan sebuah restoran yang dipimpin oleh salah satu koki terbaik dunia, Massimo Bottura . Siapa yang ingin ke sana?

11. Museum Renda dan Fashion

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr/Amandine Richard

Berawal dari pabrik renda bernama Boulart, pada 2009 pabrik ini berubah fungsi menjadi museum. Di museum tersebut kita akan mendapati sejarah produksi renda dan mode di Prancis. Galerinya menampilkan 3.200 desain dari tahun 1850 hingga sekarang, serta perpustakaan kain dengan lebih dari 500.000 sampel desain dan 30.000 potong renda. Wow!

12. Museum Salvatore Ferragamo

Miliki Desain Menarik, Ini 12 Museum Mode Terindah di Duniavogue.fr

Kembali ke Florence, tepatnya di jantung Palazzo Spini Feroni berdiri museum Salvatore Ferragamo sejak tahun 1995. Museum ini dibuat dengan tujuan memperkenalkan kepada publik seluruh dunia kualitas artistik Ferragamo dan mode internasional. Di sini, para pengunjung dapat melihat koleksi sepatu dengan model yang beranekaragam mulai dari tahun 1930, 1950 sampai1960-an.

Itu dia 12 museum mode terindah di dunia bagi kamu para pencinta mode. Mana yang ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: Ini Daftar 10 Museum Paling Populer di Dunia

Baca Juga: Inspirasi Gaya Street Style dari Fashion Week di 4 Kota Mode Dunia

Baca Juga: 8 Tempat di Italia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sebelum Dipenuhi Wisatawan

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *