Menyenangkan tapi Bawa Petaka, Ini Bahaya Tersembunyi jika Main Game Secara Berlebihan

by -19 views
menyenangkan-tapi-bawa-petaka,-ini-bahaya-tersembunyi-jika-main-game-secara-berlebihan

Bermain game adalah sebuah alternatif menghibur diri. Saat pikiran jenuh dan ngeblok, game digital jenis apapun seringkali menjadi pelarian instan yang menyenangkan. Visual dan efek suara game online masa kini pun semakin memanjakan penggunanya.

Namun tahukah kamu jika terlalu asyik bermain game online juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Apalagi jika kamu memainkannya sampai tak tahu waktu, terutama di masa pandemi yang sering bikin mager (males gerak) dan jenuh. Waspadai, ada bahaya game online yang mengintai tubuh dan pikiran jika sang pelaku tidak pandai mengatur kebiasaan.

Berpotensi Terkena Wasir

Bisa sebabkan wasir [sumber gambar]

Wasir atau ambeyen, merupakan sebuah penyakit yang ditimbulkan karena duduk terlalu lama, sehingga membuat sistem peredaran darah terhambat, dan juga mendesak pembuluh darah di sekitaran anus. Hal ini yang kemudian membuat pembuluh darah di tubuh kamu menjadi menonjol dan memberikan rasa yang tidak nyaman. Bahaya ini mengincar kamu yang sering berlama-lama duduk atau malas memvariasikan gerak di tengah sesi bermain.

Mata kelelahan

Ilustrasi mata lelah [sumber gambar]

Terlalu lama berada di depan layar hp, laptop, atau komputer sangat tidak bagus bagi kesehatan mata kamu. Jika terus memaksakan diri, maka mata kamu akan merasakan kelelahan yang luar biasa, dan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata. Mata yang tegang dan kering terlalu sering, akan memicu berbagai permasalahan, seperti masalah penglihatan jarak jauh/dekat, hingga kebutaan. Kalau masih mau menikmati game di masa depan, sayangi juga mata kita ya.

Hidup tidak Teratur

Hidup bisa menjadi kacau [sumber gambar]

Bahaya game online yang selanjutnya adalah membuat hidup kamu menjadi tidak teratur bagi mereka yang sudah kecanduan. Lupa makan, lupa istirahat, lupa tidur, lupa beribadah, dan sebagainya. Bahkan, tidak jarang yang lupa prioritas hidup hingga orang-orang di sekitarnya. Ini pertanda tidak sehat bahwa kita sudah membiarkan game yang mengontrol hidup, bukan sebaliknya. Beberapa orang membutuhkan bantuan untuk masalah ini, jadi jangan sungkan konsultasi dengan pakar psikologi untuk mendapat saran yang tepat.

Metabolisme Tubuh tidak Bagus

Bisa sebabkan obesitas [sumber gambar]

Sistem game online masa kini sangat berbeda dengan permainan outdoor kita zaman dulu. Di mana semua permainannya membutuhkan gerak yang luar biasa aktif. Sementara game online justru sebaliknya, ia menuntut kita untuk duduk dan tenang saja, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk bergerak melakukan aktivitas fisik. Nah, apabila tubuh kekurangan aktivitas, maka secara otomatis sistem metabolisme tubuh akan turun, yang jika terjadi terus menerus, maka tubuh bisa menjadi obesitas, massa otot tentu berkurang, imunitas tubuh turun, dan berbagai penyakit lainnya.

Terhadap Psikis

Bahaya game online yang terakhir adalah terhadap psikis anak. Jadi, selain berbahaya terhadap kesehatan organ tubuhnya, game online juga berbahaya bagi psikis gamers itu sendiri. Sebagaimana dikatakan oleh dr. Lina ketika berbincang-bincang di Kemenkes, bahwa bahaya game online terhadap anak bisa terjadi karena rasa candunya, dan ini bisa menimbulkan masalah terhadap psikisnya, misal menjadi lebih cepat dan mudah tersinggung, tingkat konsentrasinya berkurang, menimbulkan rasa cemas yang berlebihan, hingga mudah tersulut emosi.

Berpotensi pengaruhi psikis [sumber gambar]

Semua dampak psikis tersebut bisa saja terjadi karena memang faktor kurang tidur dan lebih banyak berinteraksi dengan menggunakan hp nya. Dr Lina juga menjelaskan, bahwa jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka bisa membuat fungsi otak anak terganggu. Bahkan, jika seseorang yang memang sudah tidak bisa lagi melepaskan dirinya dari game online, dapat membuatnya sukar untuk bersosialisasi, dia akan menjadi pribadi yang individualis, dan sangat merasa kesulitan tatkala harus bekerja kelompok dengan yang lain.

BACA JUGA: Kerap Dianggap Membawa Duka, PUBG Ternyata Bisa Menginspirasi Orang untuk Hal Baik

Pada dasarnya, semua yang berlebihan itu tidak baik. Jadi, setelah mengetahui bahaya game online pada situasi dan kondisi tertentu, semoga bisa mencegah kita dari bahaya di atas. Variasikan kegiatan dan atur jam mainmu supaya hidup lebih seimbang. Sayangi tubuhmu, karena jika saat ini bahaya game online berlebihan masih belum kamu rasakan, jangan sampai harus merasakannya di masa mendatang.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *