30.7 C
Jakarta
Thursday, May 19, 2022

Menyadari Pentingnya Manajemen Finansial Keluarga

KulinerMenyadari Pentingnya Manajemen Finansial Keluarga



Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020 jauh dari dugaan. Sebagai pelaku usaha UMKM, saya benar-benar merasakan efek pandemi yang berkepanjangan. Mengingat banyak orang mulai melakukan pembatasan aktivitas di luar rumah, risiko paparan virus corona, dampak ekonomi skala besar, dan segala hal yang bikin kepala nyut-nyutan. Saat suami sakit kala pandemi, pikiran benar-benar tidak bisa berpikir jernih. Biaya pengobatan kesehatan naik membuat saya menyadari pentingnya punya asuransi kesehatan sejak dini.

Hikmah Pandemi Membuat Manajemen Finansial Semakin Baik 

Sebelum pandemi, saya memang memegang keuangan UMKM sendiri termasuk mengurus keuangan keluarga. Sebagai ibu yang punya anak umur tiga tahun, kini saya menyadari pentingnya pengelolaan keuangan setelah memasuki pandemi, lho! Sebelumnya, saya bisa menjadi boros saat beli barang-barang yang sebenarnya masuk kebutuhan tersier. Setelah pandemi menghantam selama dua tahun terakhir, saya menyadari bahwa barang-barang tersier tidak membantu saat saya butuh uang tunai. 

Pandemi memang mencemaskan semua orang dari segi kesehatan dan keuangan juga. Lewat pandemi, saya menyadari bahwa keuangan benar-benar harus dirancang dengan baik. Mulai pembayaran kebutuhan utama, kebutuhan masa depan anak, asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang sangat penting, serta tabungan dan investasi. Sebagai orang yang belum mengatur keuangan dengan baik, saya mengajukan diri ikut acara FWD Insurance Berbagi-Women Community bersama dengan para bloggers yang lain.



Keseruan ikut acara FWD Community Ladies Talk tanggal 31 Maret 2022 benar-benar memberikan mindset tersendiri buat saya. Dengan mengambil tema “Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance” yang menutup acara peringatan Hari Perempuan Internasional tanggal 8 Maret lalu, saya menjadi lebih tahu bagaimana cara mengelola keuangan lebih baik. 

Pokoknya, literasi keuangan yang disampaikan oleh para petinggi FWD yang didominasi perempuan-perempuan hebat seperti Widaningrum selaku Head of Marketing and New Business Model FWD Insurance, Maria Magdalena sebagai Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan FWD Insurance, Rosidar Sahid sebagai Chief Bancassurance Officer FWD Insurance, dan Dessy Widjaja sebagai Chief Financial Officer  FWD Insurance. Bincang literasi keuangan yang sangat bermanfaat untuk para perempuan di seluruh Indonesia, lho! 

Konten keuangan yang akan dilangsungkan selama sembilan bulan kedepan oleh FWD Bloggers Squad menginspirasi saya untuk terus menulis konten yang lebih positif. Bila bisa menghasilkan konten yang mampu menginspirasi perempuan lain untuk berkarya, maju, berkembang dalam hidup, serta mampu melakukan passion dalam hidup mereka sendiri. 

Termasuk saya yang memiliki peran ganda dalam keluarga, menjadi seorang ibu, istri, pengelola keuangan rumah tangga, bahkan mengejar karir dan mimpi lewat UMKM yang bisa saya handling dari rumah saja. Menjadi role model bisa saya lakukan dengan bantuan orang-orang tercinta di rumah, termasuk sang suami yang aktif mendukung kegiatan istri. Penting sekali memiliki suami yang mau berbagi peran bersama mengingat hubungan rumah tangga merupakan kolaborasi mencapai tujuan bersama, ‘kan?

Sejak mengikuti acara literasi keuangan yang diadakan FWD ini, saya tidak ragu lagi untuk mengelola keuangan dengan pembagian prioritas kebutuhan yang penting. Keinginan itu nomor dua, sedangkan kebutuhan dan perencanaan finansial masa depan lebih penting. Seperti masa pandemi yang menghambat finansial keluarga, saya masih punya bekal dengan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa di FWD. Bila terjadi risiko sakit semua anggota keluarga, tinggal menggunakan klaim asuransi yang saya miliki. 

Yuk, mulai menjadi perempuan yang multitalenta dengan mampu melakukan peran ganda secara seimbang! Menjadi pribadi yang bisa menjadi ibu sekaligus istri yang baik tanpa lupa membahagiakan diri sendiri, kenapa tidak? Kita bisa menjadi perempuan yang berdaya, memiliki karir bagus, mengejar passion dalam hidup, dan terus berkembang menjadi perempuan yang bisa menginspirasi perempuan-perempuan lain di luar sana. 

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles