Menlu Peru Mundur Tersandung Skandal Vaksin

by -3 views
menlu-peru-mundur-tersandung-skandal-vaksin

Menteri Luar Negeri Peru Elizabeth Astete mengatakan pada Minggu (14/2) malam bahwa dia mengundurkan diri setelah mengaku menerima satu dosis vaksin virus corona dari Sinopharm, China, di luar uji klinis dan sebelum program imunisasi nasional dimulai.

Hanya sehari sebelumnya, Presiden Francisco Sagasti mengatakan dia menerima pengunduran diri Menteri Kesehatan Pilar Mazzetti karena skandal terkait mantan presiden Martin Vizcarra yang juga menerima vaksinasi awal.

Vizcarra, yang digulingkan oleh Kongres pada November karena beberapa tuduhan korupsi, telah mengatakan dia tidak menyerobot antrean untuk menerima vaksin, tapi menerima suntikan sebagai bagian dari uji coba. Media lokal mempertanyakan penjelasan itu.

Astete, yang menjabat pada November, mengatakan dia divaksin pada 22 Januari. Dia mengaku ditawari oleh universitas Cayetano Heredia, yang melakukan uji coba itu, untuk menerima vaksin Sinopharm dari pasokan “yang tersisa” dalam uji coba.

“Saya menyadari kesalahan serius yang saya lakukan, itu sebabnya saya memutuskan untuk tidak menerima dosis kedua,” cuitnya. “Karena alasan-alasan di atas, saya telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada presiden.”

Pemerintah pada awal Januari mengumumkan telah menyepakati perjanjian dengan Sinopharm untuk membeli 38 juta dosis vaksin.

Tahap pertama dari 300 ribu vaksin tiba pekan lalu dan program imunisasi dimulai pada Selasa (9/2) dengan memprioritaskan para petugas kesehatan. Sagasti merupakan salah seorang yang menerima vaksin Sinopharm sebagai bagian dari kampanye itu.

Menurut data resmi, sekitar 43.491 orang di Peru telah meninggal dunia karena COVID-19. Negara itu menghadapi gelombang kedua infeksi. Banyaka rumah sakit kewalahan dan kekurangan perangkat medis. [vm/ft]

    Leave your vote

    581 Points
    Upvote Downvote

    #SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

    Gravatar Image
    Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *