Menkes Kenalkan Platform Indonesia Health Services, Apa Itu? – kbr.id

by -10 views
menkes-kenalkan-platform-indonesia-health-services,-apa-itu?-–-kbr.id
Menkes Kenalkan Platform Indonesia Health Services, Apa Itu?

Menkes Budi saat rapat kerja di Komisi Bidang Kesehatan DPR, Senin (30/5/2022). (Youtube DPR RI)

KBR, Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperkenalkan platform Indonesia Health Services (IHS). Platform tersebut mulai diujicobakan tahun ini bagi pelaku di bidang kesehatan.

Indonesia Health Services (IHS) ini merupakan suatu platform atau ekosistem yang bisa menghubungkan semua aplikasi-aplikasi di seluruh industri kesehatan, baik itu di rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, dinas kesehatan, industri kesehatan, dan perusahaan-perusahaan lainnya,” ujar Budi dalam rapat kerja di Komisi Bidang Kesehatan DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/5/2022).

“IHS ini akan menentukan spesifikasi dan standar, karena agar bisa berbicara satu sama lain kita membutuhkan spesifikasi dari format data dan juga standar komunikasinya yang aman dan juga baik,” sambungnya.

Budi menjelaskan, IHS merupakan inti standar internasional platform kesehatan Indonesia. Kata dia, IHS akan menjadi identifikasi tunggal kesehatan pasien yang terintegrasi dengan nomor induk kependudukan (NIK). Sehingga setiap masyarakat Indonesia dapat mengakses layanan kesehatan yang berkesinambungan.

Baca juga:

“Suatu saat nanti kalau kita mau buka interkoneksi ini keluar, misalnya ada teman-teman yang mau dirawat di sini kemudian perawatan lanjutannya ke Malaysia, data-datanya itu bisa dibaca langsung atas seizin pasien, tanpa harus bawa kertasnya atau yang lain sebagainya,” tuturnya.

Budi menambahkan, pendekatan platform IHS akan menjadi penghubung antarplatform aplikasi yang beragam pada berbagai pelaku industri kesehatan.

“Jadi membentuk suatu platform, di mana masing-masing aplikasi yang sudah ada di rumah sakit, hingga apotek bisa saling berbicara termasuk juga aplikasi-aplikasi yang ada di pemerintah,” jelasnya.

Editor: Wahyu S.

More

About Author: Feeds Agregator

Gravatar Image
Akun Feeds Agregator, Mesin pengepul info bermutu dari website dan blog favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published.