Mengulas Seputar FTP Server dan Fungsinya untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

by -1 views
mengulas-seputar-ftp-server-dan-fungsinya-untuk-memudahkan-pekerjaan-anda

FTP (File Transfer Protocol) digunakan untuk berkomunikasi dan mentransfer file antar jaringan TCP/IP (Transmission control Protocol/Internet Protocol), alias Internet. Pengguna yang telah diberikan akses, dapat menerima dan mentransfer file di server File Transfer Protocol (FTP)

Sebagai pengembang situs website, hal ini digunakan untuk melakukan perubahan pada situs web, Mengingat banyaknya file yang perlu ditangani, maka lebih nyaman dan aman mengelolanya menggunakan FTP

Pada artikel ini, kita akan mempelajari semua dasar-dasar tentang FTP dan cara menggunakannya. 

Pengertian FTP

FTP adalah alat yang berguna untuk memindahkan informasi dari komputer yang anda gunakan ke server tempat situs web di-host. Jika anda ingin menginstal WordPress di server web, maka anda memerlukan FTP untuk menyalin beberapa file. 

Kita mampu mengatakan, File Transfer Protocol merupakan protokol komunikasi yang digunakan untuk mengirim file dari komputer, dengan salah satunya bertindak sebagai server, asalkan keduanya memiliki koneksi internet. 

Hal ini tentu saja memungkinkan pengguna untuk mengunduh halaman web, filem dan program yang tersedia di layanan lain. Ketika pengguna ingin ingin mengunduh informasi ke komputer mereka sendiri, mereka menggunakan FTP.

Sistem ini tidak menggunakan enkripsi. Untuk otentikasi, itu bergantung pada nama pengguna dan kata sandi yang jelas, membuat transmisi data yang dikirim melalui FTP rentan terhadap metode penyadapan, peniruan identitas, dan serangan cyber lainnya. File Transfer Protocol adalah salah satu format paling sederhana dan paling awal dibuat untuk memindahkan file dengan cepat dari satu perangkat ke perangkat lainnya. 

Jenis FTP 

Ada beberapa cara berbeda agar server FTP dan perangkat lunak customer dapat melakukan transfer file menggunakan FTP. 

1. Anonymous FTP 

Ini adalah bentuk paling dasar dari FTP. Ini memberikan dukungan untuk transfer data tanpa mengenkripsi data atau menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Ini paling sering digunakan untuk mengunduh materi yang diizinkan untuk distribusi tidak terbatas. Hal ini mampu bekerja di Port 

2. Password-protected FTP 

Ini juga merupakan layanan FTP dasar, tetapi memerlukan penggunaan nama pengguna dan kata sandi, meskipun layanan ini mungkin tidak dienkripsi atau aman. Hal ini juga berfungsi pada Port 21. 

3. FTP Secure (FTPS)

Kadang-kadang disebut sebagai FTP Secure Sockets Layer (FTP-SSL), pendekatan ini memungkinkan Transport Layer Security (TLS) implisit segera setelah koneksi FTP dibuat. FTPS awalnya digunakan untuk membantu mengaktifkan bentuk transfer data FTP yang lebih aman. Biasanya default untuk menggunakan Port 990. 

4. FTP over explicit SSL/TLS (FTPES)

Pendekatan ini memungkinkan dukungan TLS eksplisit dengan memutakhirkan koneksi FTP melalui port re ke koneksi terenkripsi. Ini adalah pendekatan yang umum digunakan oleh layanan berbagi file dan web untuk memungkinkan transfer file yang aman

5. Secure FTP (SFTP)

Secara teknis hal ini bukan protokol FTP, tetapi fungsinya sama. Sebaliknya SFTP adalah bagian dari protokol Secure Shell (SSH) yang berjalan diatas Port 22. SSH biasanya digunakan oleh administrator sistem untuk mengakses sistem dan aplikasi jarak jauh dan aman. SSTP menyediakan mekanisme dalam SSH untuk mentransfer file yang aman 

Fungsi FTP  

Salah satu alasan utama mengapa bisnis dan individu modern menggunakan FTP adalah kemampuannya untuk melakukan transfer file berukuran besar. Saat ini mengirim file yang relatif kecil, seperti dokumen Word, sebagian besar metode dapat digunakan, tetapi FTP ada mengirim ratusan GigaByte sekaligus dan tetap mendapatkan transmisi yang lancar. 

Kemampuannya untuk mengirim data dalam jumlah lebih besar, pada gilirannya meningkatkan alur kerja. Karena FTP memungkinkan Anda mengirim banyak file sekaligus, Anda dapat memilih beberapa dan kemudian mengirim semuanya sekaligus. Tanpa layanan FTP, Anda mungkin harus mengirimkannya satu per satu, saat anda bisa menyelesaikan pekerjaan lain. 

Misalnya, jika anda harus mentransfer banyak koleksi dokumen penting dari kantor pusat ke kantor satelit tetapi harus menghadiri rapat dalam 5 menit, anda dapat menggunakan FTP untuk mengirim semuanya sekaligus. Bahkan jika transfer selesai memakan waktu 15 menit, FTP dapat menanganinya membebaskan anda untuk menghadiri rapat. 

Tidak banyak platform yang masih menawarkan unduhan FTP atau transfer dukungan, sebagian besar melakukannya karena sudah terbiasa. Dua kegunaan FTP di era ini adalah : 

1. Hobi dan Sistem Pembelajaran

FTP adalah cara biasa untuk memperkenalkan protokol internet pendatang baru sebelum beralih ke versi yang lebih kompleks, menjadikannya alat awal yang baik. Beberapa orang juga membangun sistem file FTP karena rasa nostalgia atau hanya untuk bersenang-senang. 

2. Memindahkan file server dalam jumlah besar secara internal 

Beberapa profesional IT dapat memilih untuk menggunakan FTP saat memindahkan server dalam sistem tertutup untuk suatu organisasi. Dalam hal ini, tidak ada masalah keamanan, dan FTP mungkin merupakan cara termudah yang diketahui pekerja IT untuk memindahkan file dalam jumlah besar

Aplikasi FTP Client 

Aplikasi FTP Client digunakan untuk mengunggah, mengunduh dan mengelola file di server. FTP Client meliputi : 

1. FileZilla 

Adalah FTP Client Gratis untuk windows, macOS, dan Linux yang mendukung FTP, FTPS, dan SFTP

2. Transmit 

Adalah FTP Client untuk macOS yang mendukung FTP dan SSH 

3. WinSCP. 

Ini adalah FTP Client Windows yang mendukung FTP, SSH DAN SFTP 

4. WS_FTP 

Ini adalah FTP client windows lain yang mendukung SSH

Kesimpulan 

FTP memudahkan anda untuk mengirim dan menerima file dari server FTP. Sebagai pengembang web, anda harus menggunakan FTP dengan FTP Client untuk mengakses situs web yang anda kelola. Selain itu, lebih mudah untuk membuat dan menghapus direktori dan membaca sejumlah besar file di server. 

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *