31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Mengimani Asmaul Husna Ar Razzaq Artinya Yang Maha Pemberi Rezeki

Mengimani Asmaul Husna Ar Razzaq Artinya Yang Maha Pemberi Rezeki

Asmaul Husna Ar Razzaq artinya Yang Maha Pemberi Rezeki bagi semua makhlukNya. Dialah Yang menciptakan segala sumber makanan dan memberi seluruh makhluknya penghidupan. Allah subhanahu wa ta’ala adalah penyedia segala kebutuhan, penyedia semua hal yang baik untuk tubuh, jiwa, dan pikiran.

Asmaul husna ke-17 ini juga menyiratkan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang memiliki segala hal yang kita butuhkan dan inginkan. Maka bila ingin mendapatkannya, mintalah kepadaNya, dan bersungguh-sungguhlah dalam beribadah kepada Allah.

Banyak keutamaan dan manfaat ketika kita bisa memaknai juga mengamalkan asmaul husna ini. Karenanya, informasi berikut ini perlu diketahui. Simak selengkapnya di sini!

Ar Razzaq Artinya Yang Maha Pemberi Rezeki

Mengutip dari Myislam.org, asmaul husna Ar Razzaq berasal dari akar kata r-z-q yang memiliki konotasi bahasa Arab klasik menerima sesuatu yang bermanfaat, terutama sebagai hadiah untuk diberikan, memberikan kebutuhan hidup, sebagai pemilik segala sarana penghidupan. 

Artinya juga Allah Azza wa Jalla adalah pemilik segala yang makhlukNya butuhkan dan inginkan. Mulai dari kebutuhan tubuh, jiwa raga, bahkan kebutuhan besar maupun kecil lainnya. Bahkan, Allah memberi ketika meminta ataupun tidak diminta.

Ketika kita menginginkan rezeki berupa uang atau materi, kita bisa memohonkannya kepada Allah Azza wa Jalla diiringi dengan ikhtiar. Bila Allah meridhoi dan memberkahi, rezeki itu akan datang dengan porsi dan waktu yang tepat untuk setiap makhlukNya.

Bila hambaNya telah bersungguh-sungguh beriman dan beribadah kepadaNya, Allah akan berikan kebutuhan apapun yang diminta makhlukNya. Sehingga dengan rezeki itu, hambaNya bisa menempuh jalan yang lurus dan mendapat keridhoan Allah. 

Artikel terkait: Memaknai Asmaul Husna Al Aliy dalam Kehidupan, Ini Dalilnya

Dalil Tentang Asmaul Husna Ar Razzaq

Ayat Al Quran yang membahas tentang Ar Razzaq artinya Yang Maha Pemberi Rezeki ini ada dalam beberapa surah Al Quran, yaitu: 

Surah Az-Zariyat Ayat 58

إِنَّ ٱللَّهَ هُوَ ٱلرَّزَّاقُ ذُو ٱلْقُوَّةِ ٱلْمَتِينُ

Artinya: Sesungguhnya Allah Dialah Maha Pemberi rezeki Yang mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh.

Surah Faathir Ayat 3

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱذْكُرُوا۟ نِعْمَتَ ٱللَّهِ عَلَيْكُمْ ۚ هَلْ مِنْ خَٰلِقٍ غَيْرُ ٱللَّهِ يَرْزُقُكُم مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُؤْفَكُونَ

Artinya: Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?

Dalil Asmaul Husna Ar Razzaq dalam Surah Al Munafiqun Ayat 10

وَأَنفِقُوا۟ مِن مَّا رَزَقْنَٰكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِىَ أَحَدَكُمُ ٱلْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَآ أَخَّرْتَنِىٓ إِلَىٰٓ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya: Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?”

Surah Al-Hajj Ayat 58

وَٱلَّذِينَ هَاجَرُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ثُمَّ قُتِلُوٓا۟ أَوْ مَاتُوا۟ لَيَرْزُقَنَّهُمُ ٱللَّهُ رِزْقًا حَسَنًا ۚ وَإِنَّ ٱللَّهَ لَهُوَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Artinya: Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka dibunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezeki yang baik (surga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.

Surah di atas menunjukkan dengan jelas bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki. Dialah yang menurunkan rezeki dari langit dan bumi, dan memberikan tempat terbaik (surga) sebagai rezeki bagi orang-orang yang berhijrah di jalan Allah.

Dalam surah Al Munafiqun ayat 10, Allah mengatakan bahwa bersedekah dan menginfakkan sebagian rezeki pemberian Allah juga menjadi hal yang penting. Sebab, di dalam rezeki yang kita dapatkan juga terdapat rezeki orang lain.  

Artikel terkait: Mendalami Dalil Asmaul Husna Al Mubdi Artinya Yang Maha Memulai

Cara Memahami Makna Asmaul Husna Ar Razzaq dalam Kehidupan

Meneladani asmaul husna Ar Razzaq artinya Yang Maha Pemberi Rezeki, berarti percaya bahwa Allah yang memberikan rezeki kepada orang-orang yang beriman. 

Salah satu cara untuk memahami makna Ar Razzaq adalah dengan berusaha mengamalkan surah Al-Quran di atas dengan sebaik mungkin. Juga terus berikhtiar mencari rezeki yang halal yang Allah ridhoi. Dengan berusaha mencari rezeki yang halal, Allah akan sertakan keberkahannya dalam rezeki tersebut, dan kita pun akan merasakan kenikmatan yang luar biasa.  

Nikmat memiliki tubuh yang sehat, keluarga yang sehat, makan makanan yang enak, memiliki tempat tinggal yang nyaman, memiliki suami/istri serta anak-anak yang sholeh, semua ini adalah rezeki yang Allah berikan.

Berusaha untuk tetap menjaga ibadah kepada Allah Azza wa Jalla, menjauhi segala laranganNya, berkhusnudzon atas semua kehendakNya, juga menyedekahkan sebagian rezeki yang Allah berikan. Dengan bersedekah, hati kita akan lebih bersih, dan rezeki yang kita dapatkan pun akan semakin diberkahi oleh Allah Azza wa Jalla. 

Salah satu keutamaan menyedekahkan rezeki pemberian Allah adalah Allah akan melapangkan rezeki-rezeki berikutnya pada kita, dan senantiasa menghapuskan segala dosa dan kesalahan. Bahkan, orang-orang yang rajin bersedekah pun terbukti memiliki hidup yang tenang, tentram, dan tercukupi kebutuhannya. 

Manfaat Berdzikir Asmaul Husna Ar Razzaq

Selain dengan meyakini bahwa Allah adalah sang Pemberi Rezeki, mengimani asmaul husna Ar Razzaq juga dapat dilakukan dengan berdzikir. Terlebih, Allah menyukai hamba-hambaNya yang sering berdzikir padaNya.

Jika kita mengawali doa-doa kita dengan berdzikir Ya Razzaq setiap hari, Allah akan memberi rezekiNya dan kemudahan dalam setiap urusan kita baik di dunia dan di akhirat. Wallahu A’lam.

Semoga kita semakin tunduk dan beriman kepada Allah Azza wa Jalla ya, Parents! Sehingga Allah menyayangi dan meridhoi hidup kita. Aamiin.

Baca juga

Meyakini Asmaul Husna Ar Rahim yang Artinya Yang Maha Penyayang

Keajaiban Berdzikir Asmaul Husna Al Khaliq Artinya Yang Maha Pencipta

Keutamaan Memaknai Asmaul Husna Al Bari Artinya Yang Maha Mengadakan

The post Mengimani Asmaul Husna Ar Razzaq Artinya Yang Maha Pemberi Rezeki appeared first on theAsianparent: Situs Parenting Terbaik di Indonesia.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles