Mengetahui Keunggulan Asuransi Mobil All Risk dan TLO, Pilih yang Mana?

by -13 views
mengetahui-keunggulan-asuransi-mobil-all-risk-dan-tlo,-pilih-yang-mana?

Manfaat memiliki asuransi mobil begitu banyak, karena kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan kendaraan di kemudian hari.

Memiliki asuransi mobil dapat memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan hilang. Namun, sebelum memutuskan membeli produk asuransi mobil yang mana, sebaiknya kenali apa saja jenis asuransi yang ditawarkan. Sehingga, kamu bisa mendapatkan sepenuhnya manfaat asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan.

Adapun jenis asuransi mobil yang umumnya digunakan masyarakat ada dua, yaitu asuransi mobil All Risk serta asuransi Total Loss Only atau TLO.

Pertanyaannya kini, asuransi All Risk mobil meliputi apa saja? Asuransi mobil All Risk atau comprehensive yang memberikan proteksi menyeluruh dan komplit alias proteksi serta ganti rugi total dari kerusakan ringan, kerusakan berat, hingga kehilangan atau mobil dicuri. Sedangkan jenis asuransi mobil TLO memberikan proteksi jika kendaraan mengalami kerusakan parah lebih dari 75 persen atau kehilangan mobil.

Asuransi All Risk

Asuransi All Risk merupakan jenis asuransi yang akan menjamin semua risiko terburuk yang terjadi pada kendaraan. Untuk kamu yang baru saja membeli mobil keluaran terbaru akan lebih baik untuk memilih asuransi ini. Jaminan yang diberikan ini sangat lengkap, mulai dari kerusakan ringan sampai berat dan kehilangan kendaraan. Preminya pun paling tinggi di antara semua jenis asuransi. Hanya saja manfaat asuransi mobil yang akan didapatkan sangat lengkap. Premi yang tinggi inilah sering menjadi bahan pertimbangan para pemilik mobil baru untuk memilihnya atau tidak.

Manfaat Asuransi All Risk

Asuransi All Risk akan menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai dengan mobil hilang akibat pencurian.

Kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung oleh asuransi All Risk, sehingga kamu tidak perlu cemas apakah klaim akan ditolak atau tidak.

Karena keunggulannya mencakup hampir seluruh risiko, harga premi asuransi All Risk memang cenderung lebih mahal namun cakupan yang ditanggung lebih luas.

Jika kamu ingin memberikan perlindungan menyeluruh pada mobil, maka asuransi All Risk menjadi pilihan terbaik. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu terjadi risiko yang tidak diduga. Asuransi All Risk juga menjadi pilihan tepat untuk kamu yang baru memiliki kendaraan roda empat. Sebab, asuransi jenis ini dapat menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

Asuransi Total Loss Only

Asuransi TLO memberikan jaminan pada mobil secara keseluruhan. Hanya saja asuransi ini diperuntukkan ketika terjadi kehilangan total atau kerusakan mobil mencapai 75%. Selain itu, mobil yang dicuri atau tidak bisa diperbaiki sama sekali setelah mengalami kecelakaan. Manfaat yang didapatkan dari asuransi ini hampir mirip dengan asuransi All Risk hanya saja biaya yang ditawarkan lebih terjangkau. Untuk bisa klaim asuransi ini, ada begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan sesuai. Sehingga diperlukan syarat supaya dana asuransi bisa cair semuanya.

Manfaat Asuransi TLO

Salah satu manfaat membeli asuransi mobil TLO adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan berat. Pasalnya, memiliki mobil diikuti dengan komitmen dan tanggung jawab besar. Belum lagi jika mengingat biaya perbaikan mobil yang terbilang mahal. Apalagi jika mobil mengalami masalah darurat atau parahnya hilang karena pencurian. Salah perhitungan sedikit, tabunganmu bisa ikut ludes.

Bukan cuma mahal, ada faktor risiko lain yang bisa membuat biaya perawatan mobil membengkak jika tidak dilindungi asuransi. Karena itu, tak ada salahnya memproteksi finansialmu dengan menggunakan asuransi mobil bukan? Asuransi mobil dapat melindungimu dari biaya-biaya tak terduga akibat risiko-risiko tak terduga. Misalnya komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Alasan Penting Memproteksi Kendaraan dengan Asuransi Mobil

Asuransi mobil menjadi penunjang keselamatan untuk mobil kesayangan dari risiko kerusakan, kecelakaan, pencurian dan kehilangan atau hal buruk lainnya yang bisa saja terjadi. Berikut ini beberapa alasan mengapa kamu harus melindungi kendaraan dengan asuransi mobil:

1. Melindungi risiko kecelakaan

Masa depan tidak ada yang bisa memprediksi, andai kita sudah sangat berhati-hati di jalan, belum tentu kita tidak mengalami insiden.

Jalan raya ada banyak sekali pengendara yang kita tidak bisa yakinkan mereka akan mengendarai mobil dengan baik.

Karena itu, diperlukan asuransi mobil untuk menyiapkan diri dari kejadian yang tak terduga seperti insiden di jalan raya dengan mobil lain atau dengan kendaraan lainnya. Jika mau menghitung detail pengeluaran dari biaya kerusakan mobil akibat kecelakaan maka dana yang dikeluarkan tentu lebih besar dari biaya premi bulanan kamu.

Tentu mengeluarkan dana banyak sekaligus dan mendadak, akan menjadi beban finansial tersendiri jika kita tidak memiliki asuransi mobil.

2. Menghindari risiko kerusakan mobil

Selain kecelakaan, risiko kerusakan mobil, salah satunya karena acuh melakukan servis bulanan, juga bisa jadi penyebab kerusakan mobil.

Ketika mengalami kerusakan mendadak atau mogok, kamu bisa langsung menghubungi pihak asuransi mobil. Bengkel rekanan erdekat dari lokasi dan mobilmu bisa langsung ditangani. Kemudahan hidup seperti ini hanya bisa kamu dapatkan jika jadi pemilik bengkel besar, atau kamu orang biasa namun memiliki asuransi mobil.

3. Mencegah risiko kecurian atau kehilangan

Mobil merupakan barang yang tidak sama sekali murah, harganya pasti mahal terlebih jika dibeli dengan semua tabungan kita.

Sayangnya, kemewahan dan nilai mobil yang tinggi membuat oknum jahat rela mengambil keuntungan dari hal itu.

Mobil kamu hilang dibawa maling, dan kamu hancur dan sedih karena tak bisa memiliki mobil itu lagi.

Hatimu tidak akan sehancur itu jika punya asuransi mobil, mobilmu yang dibeli dari kerja keras mu akan segera diganti oleh pihak asuransi mobil.

Asuransi mobil tak hanya mengganti rugi kerusakan pada mobil dan bekerja sama dengan bengkel, untuk kasus kehilangan pun pihak asuransi bisa memberikan solusi ganti rugi.

4. Aman dari risiko bencana alam

Ketika masuk musim hujan, musuh utama pemilik mobil adalah banjir yang bisa merendam mobil. Derita ini tidak cuma dirasakan mereka yang tinggal di wilayah banjir, namun juga mereka yang rela menerobos banjir untuk berangkat kerja atau pulang. Jika kamu memiliki asuransi mobil, beban pikiranmu tentang memperbaiki mobil karena banjir akan hilang seketika.

Karena pihak asuransi memberikan ganti rugi, jika mobil dilanda bencana alam. Mulai dari banjir, tertimpa benda besar karena angin topan dan lainnya bisa diganti oleh pihak asuransi.

More

Leave a Reply

Your email address will not be published.