Mengenal Tentang WHOIS: Pengertian, Jenis dan Cara Kerja

by -2 views
mengenal-tentang-whois:-pengertian,-jenis-dan-cara-kerja

Informasi tentang Whois menjadi informasi yang banyak dicari khususnya oleh para pemilik dan pengelola website maupun blog yang akan memakai layanan hosting dan domain. Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti dari who is adalah “siapa yang”.

Namun Whois disini di artikan kepada sebuah fasilitas yang dapat mencari tahu identitas dari pemilik sebuah domain tertentu, seperti nama pemiliknya, IP Address, Email dan kontak pemilik domain tersebut. Whois banyak digunakan untuk mencari tahu cek pemilik domain.

Tapi, tau tidak jika layanan Whois ternyata ada dua jenis dan informasi yang ditampilkan di data Whois juga ada dua model informasi yang ditampilkan. Apa aja? Simak ulasannya dibawah ini dimulai dari apa itu Whois.

Apa Itu Whois?

WHOIS adalah
WHOIS adalah layanan untuk mengetahui informasi nama domain. (Sumber: Shutterstock Photo)

Whois adalah sebuah layanan di internet yang digunakan untuk mengetahui informasi mengenai sebuah domain, informasi ini sering disebut sebagai data Whois.

Data Whois tersebut di kelola oleh perusahaan registar dan registries. Setiap perusahaan tersebut harus sudah mendapatkan akreditasi dari ICANN.

Sederhananya adalah ketika anda membeli sebuah nama domain dan nama domain tersebut didaftarkan melalui perusahaan yang disebut registrar dan registries yang sudah disebutkan di awal tadi.

Kedua perusahaan tersebut secara langsung berhubungan dengan Internet Corporations for Assigned Names and Number atau disingkat dengan ICANN. ICANN lah yang mengawasi dan juga mengatur database di internet dan memastikan operasi jaringan internet aman dan stabil.

Registrar merupakan perusahaan yang telah di akreditasi oleh organisasi non-profit ICANN dan registries adalah perusahaan yang telah memiliki kontrak dengan pihak ICANN untuk mengelola nama domain seperti .COM, .NET, dan domain yang lainnya.

Jadi ketika anda mendaftarkan nama domain anda ke pihak registrar dan registries, maka anda biasanya di haruskan untuk memberikan informasi tentang domain anda yaitu berupa data diri anda. Informasi yang anda berikan harus tersedia untuk umum.

Sehingga layanan whois bisa mengakses informasi data whois tersebut dengan mudah.

Model Umum Informasi Whois

Mengenal Tentang WHOIS: Pengertian, Jenis dan Cara Kerja - 2021
Image from Pixabay

Setelah anda memberikan informasi yang sudah di tentukan ICANN di domain anda saat ini, maka informasi tersebut sudah tersedia untuk umum dan siapa saja bisa memeriksa data whois untuk nama domain anda menggunakan alat penelusuran whois.

Umumnya ada dua model informasi yang diberikan whois, diantaranya adalah

  • Thin Model



    Model ini akan memberikan informasi mengenai registrar, nama server dan tanggal pendaftaran. Jika ingin mencari data tambahan, diperlukan beberapa file agar bisa mendapatkan informasi lengkap lainnya mengenai nama domain tersebut.

  • Thick Model



    Model ini dapat menampilkan data detail tambahan yang selain data yang muncul di whois thin model, informasi tambahan tersebut meliputi kontak pendaftar, administratif dan juga teknis.

    Intinya thick model ini akan memberikan semua informasi berkaitan dengan siapa pemilik domain tersebut, dimana domain tersebut di daftarkan, server yang digunakan dan kapan domain tersebut akan kadaluwarsa.

Jenis Layanan Whois

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Whois adalah sebuah layanan untuk mencari maupun menampilkan informasi yang berkaitan dengan nama domain dari sebuah repository pendaftar nama domain.

Namun tahukah anda bahwa ternyata ada dua jenis Whois yang umum dan berikut penjelasan singkat tentang jenis Whois tersebut.

Layanan Whois Domain

Mengenal Tentang WHOIS: Pengertian, Jenis dan Cara Kerja - 2021
Image from Pixabay

Setiap domain yang terdaftar diharuskan memiliki beberapa informasi yang nantinya akan dimasukan ke database Whois dan nantinya penanggung jawab dari domain tersebut akan dihubungi jika ada masalah terkait domain yang dimilikinya.

Informasi kontak secara otomatis ditetapkan di domain anda, diantaranya adalah :

  • Server Name



    Penanggung jawab bisa individu, organisasi maupun pemerintah yang memiliki domain tersebut.

  • Contact Administrative



    Administrasi atau Contact Administrative adalah seseorang yang memiliki wewenang dalam membuat keputusan dan juga menjawab setiap pertanyaan yang berkaitan dengan nama domain.

  • Technical Contact



    Technical Contact merupakan individu yang bisa dihubungi untuk menangani segala hal teknis terkait domain.

  • Billing Contact



    Informasi mengenai organisasi maupun individu mengenai detail tagihan pembayaran domain.

Layanan Whois Privacy

Whois Privacy adalah sebuah layanan yang memiliki tujuan melindungi informasi ketika mendaftarkan sebuah nama domain. Dengan Whois privacy maka data pribadi anda secara detail akan terlindungi dari spam, penipuan, transfer domain palsu dan juga terkait pencurian data identitas pribadi.

Keuntungan dari penggunaan layanan Whois privacy adalah

  • Dapat menjaga privasi anda dengan cara memblokir setiap email spam maupun panggilan spam.

  • Dapat mencegah dari pencurian identitas pribadi.

  • Dapat membantu dalam pengamanan sebuah data pribadi dan masih banyak keuntungan yang lainnya.

Untuk menggunakan layanan ini anda bisa menggunakan domain Whois privacy yang ada di Exabytes. Sehingga informasi pribadi anda terlindungi dan layanan Whois privacy dari Exabytes menjamin kerahasiaan informasi kontak pribadi Anda sehingga informasi itu tidak terlihat di publik dan dilindungi oleh fitur Perlindungan Privasi Domain.

Bagaimana Cara Kerja Whois ?

Mengenal Tentang WHOIS: Pengertian, Jenis dan Cara Kerja - 2021
Image from Pixabay

Sebagai bagian dari syarat dalam sebuah proses pendaftaran domain, maka anda diharuskan untuk memberikan detail mengenai kontak anda kepada registrar dan memperbaharui detail kontak tersebut jika mengalami perubahan.

Jika anda memberikan informasi yang tidak benar dengan disengaja, atau tidak memperbaharui detail kontak terbaru yang diberikan kepada pihak registrar adalah alasan kuat untuk membatalkan proses pendaftaran dan menghilangkan hak atas penggunaan domain tersebut.

Pencatat yang anda pilih nantinya akan meminta anda untuk memberikan detail mengenai kontak dan informasi teknis seperti yang sudah diwajibkan oleh ICANN. Selanjutnya, pencatat tersebut akan menyimpan setiap informasi yang telah di anda berikan dan mengirimkan informasi dan kontak tertentu ke Registry yang mengelola bagian direktori pusat.

Setiap domain yang anda miliki tersebut biasanya hanya memiliki satu registry yang memiliki otoritas dan menyediakan komputer lainnya di internet dengan informasi untuk menemukan situs website anda.

Nah, pihak ICANN lah yang nantinya akan memberikan koordinasi terhadap registrasi terpusat sebagai sumber daya di internet yang mencangkup referensi di server Whois dari registry yang memiliki tanggung jawab.

Registry sebagai bagian dari proses pendaftaran tersebut maka akan meminta anda untuk membuat kontrak dengan registrar yang dipilih oleh anda sebelumnya. Di dalam kontrak tersebut juga telah ditetapkan persyaratan agar anda diterima dan dapat dipertahankan.

Setelah selesai menyelesaikan proses pendaftaran tersebut, maka anda sudah bisa mendaftarkan nama domain baru anda. Registry selain menjadi bagian terpenting dari proses pendaftaran, registry juga memelihara system vital yang lainnya.

Penutup

Nah setelah anda membaca penjelasan mengenai apa itu Whois, model informasi yang diberikan di data Whois, layanan apa saja yang umum digunakan sampai cara kerja Whois. Mungkin membuat anda berfikir melindungi data whois domain anda sangat penting.

Exabytes Indonesia menyediakan sebuah layanan domain Whois privacy yang bisa melindungi informasi penting anda sehingga tidak ditampilkan di publik. Tujuannya tentu saja menghindari hal yang tidak diinginkan seperti spammer, penipuan dan pencurian domain.

Jika anda tertarik untuk membeli domain yang lengkap dengan layanan domain Whois Privacy langsung saja beli di Exabytes indonesia yang merupakan penyedia solusi web hosting, cloud, dan digital terlengkap untuk Anda.

Oh iya ! Jika anda ingin cek domain whois bisa langsung pelajari cara cek domain Whois dan lengkap dengan cara menggunakan whois.

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *