in ,

Mengenal Seawolf Class AS – Kapal Selam ” Terbaik Dari Yang Terbaik”

Mengenal Seawolf Class AS – Kapal Selam ” Terbaik Dari Yang Terbaik”

Jakartagreater.com – Dirancang untuk melawan ancaman kapal selam rudal balistik Soviet, dan untuk menggantikan kapal selam Los Angeles class yang menua, kapal selam nuclear-powered fast attack (SSN) Seawolf digambarkan sebagai ‘kapal selam terbaik dari yang terbaik’. Sebanyak 29 kapal selam akan dibangun selama periode 10 tahun – jumlah yang kemudian dikurangi menjadi 12 – tetapi akhirnya hanya tiga yang diluncurkan, lansir National Interest.

Sederhananya, Seawolf class mungkin memang ‘terbaik dari yang terbaik’, tetapi dengan harga sekitar US$ 3 – 3,5 miliar per kapal selam, itu terlalu mahal, terutama setelah perubahan geopolitik global. Sebaliknya, Angkatan Laut Amerika Serikat memilih untuk membangun program kapal selam Virginia class yang lebih kecil dan lebih hemat biaya.

Ketika program Seawolf class dimulai pada pertengahan 1980-an, itu adalah desain kapal selam AS yang sama sekali baru dan merupakan kapal selam ‘hunter-killer’ paling canggih dan termahal. Yang pertama dari kelasnya, USS Seawolf ditetapkan pada tahun 1989 dan perkiraan biaya untuk kapal selam tersebut pada tahun 1991 diperkirakan sekitar US$ 33,6 miliar atau sekitar 25% dari anggaran konstruksi angkatan laut AS.

Kapal selam memiliki desain modular yang memungkinkan untuk dilakukan peningkatan di kemudian hari, termasuk pengembangan senjata dan sistem sonar yang lebih baik, dan dengan demikian sangat “membuktikan sebagai kapal selam masa depan”. Kapal selam itu juga memiliki kecepatan maksimum 35knot saat menyelam dan kecepatan ‘silent’ 20knot.

Meski Seawolf class tidak memiliki senjata eksternal, namun dirancang dengan delapan tabung torpedo – dua kali lebih banyak dari Los Angeles class, dikombinasi dengan ruang torpedo dek ganda yang mampu menghadapi berbagai ancaman serangan yang berbeda. Seawolf juga memiliki peningkatan 30% dalam magasin penyimpanan senjata yang menyediakan kombinasi persenjataan hingga 50 torpedo kelas berat Mark 47, rudal anti-kapal Harpoon dan rudal jelajah Tomahawk.

Kelas baru ini juga memilii menara yang diperkuat yang memungkinkannya beroperasi di bawah lapisan es kutub, dan kecepatan tertinggi dari setiap kapal selam AS. Sama pentingnya, upaya desain difokuskan pada pengurangan kebisingan – hingga 70 kali lebih tenang daripada generasi awal kapal selam Los Angeles class dan 10 kali lebih tenang daripada kapal selam Los Angeles Improved.

Seawolf class dirancang sebagai kapal selam pemburu sejati, mampu mendeteksi kapal selam terbaru Akula class Soviet, yang selain bisa berenang silent juga bisa menyelam ke kedalaman hingga 2.000 kaki.

Untuk mengatasi ancaman Soviet, paket sonar Seawolf terdiri dari sonar BQQ 5D dengan bow-mounted active/passive arrays and wide aperture passive flank array, dan sonar TB-16 surveillance TB-29 tactical towed arrays – yang masing-masing dapat ditingkatkan ke perangkat keras lebih canggih. Kapal selam tersebut telah mulai dipasang kembali dengan sonar sistem pemrosesan Lockheed Martin AN / BQQ-10 (V4) di bawah program processing system under the acoustic-rapid commercial-off-the-shelf insertion (A-RCI).

Ancaman terbesar bagi Seawolf class bukanlah Angkatan Laut Soviet, melainkan pecahnya Uni Soviet. Tanpa musuh untuk dihadapi – program kapal selam ‘hunter killer’ itu tidak sebanding dengan biaya. Pada akhirnya hanya tiga kapal selam yang selesai di bangun, tetapi ini akan tetap menjadi komponen kunci dari pasukan kapal selam Angkatan Laut AS.

Kategori Militer Dunia
Tag ,

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

jepang-tanpa-sengaja-perlihatkan-mock-up-rudal-hipersonik

Jepang Tanpa Sengaja Perlihatkan Mock Up Rudal Hipersonik

a-beginner’s-guide-to-filling-out-your-w-4

A Beginner’s Guide to Filling Out Your W-4