Mengenal Fakta dan Fungsi Pori-pori Kulit

by -9 views
mengenal-fakta-dan-fungsi-pori-pori-kulit

Dokter Valda Garcia menerangkan, fungsi utama pori-pori ada tiga, yaitu tempat tumbuhnya rambut, tempat keluarnya keringat, sekaligus jalur sebum atau minyak di kulit. 

Setidaknya ada 5 juta pori-pori pada permukaan kulit manusia. Sebanyak 20 ribu di antaranya berada di wajah. 

Meski tak sedikit orang yang kesal dengan minyak di wajah mereka, minyak tersebut pada dasarnya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat UV. 

Ketika minyak diproduksi berlebih akibat faktor tertentu dan bertemu dengan kotoran sekaligus sel kulit mati, komedo akan terbentuk.

Artikel lainnya: 7 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Jika yang menyumbat adalah minyak berlebih dan bakteri, jerawatlah yang terjadi. Penasaran apa lagi fakta menarik lainnya seputar fungsi pori-pori kulit? Berikut penjelasannya. 

  1. Pori-pori Pria Lebih Besar daripada Wanita 

Pria umumnya tidak terlalu mengutamakan penampilan dan tidak terlalu peduli bahwa ukuran pori-pori mereka lebih besar daripada wanita. Berbeda dengan wanita yang selalu ingin pori-porinya kecil bahkan tidak terlihat agar wajahnya tidak bertekstur.

  1. Skin Care Hanya Berikan Efek Sementara pada Pori-pori

Untuk mengecilkan pori-pori, produk skin care biasanya menjadi solusi.

Dokter Valda mengatakan, “Biasanya, efek yang diberikan oleh skin care itu sifatnya cuma sementara. Ukuran pori-pori bisa kembali lagi jika tidak di-maintain. Karena itulah, penggunaannya harus terus-menerus.”

  1. Pori-Pori Lebih Besar setelah Mandi dan Cuci Muka

Setelah seharian beraktivitas, pasti ada hal yang masuk ke pori-pori, misalnya debu. Nah, ketika Anda membersihkannya dengan mencuci muka, pori-pori akan terbuka agar kotoran tersebut terlepas. 

Karena itulah, setelah mencuci muka, pori-pori jadi terlihat lebih besar. 

Akan lebih bermanfaat jika momen ini dipakai untuk mengaplikasikan skin care yang Anda miliki. Pori-pori yang terbuka akan mempercepat penyerapan nutrisi atau zat dari produk kecantikan Anda. 

Artikel lainnya: Benarkah Air Dingin dan Es Batu Bisa Kecilkan Pori-Pori?

  1. Pori-Pori Minyak dan Keringat Berbeda

Ukuran pori-pori yang mengeluarkan keringat dan yang menghasilkan minyak ternyata berbeda. 

Untuk yang keringat, ukurannya jauh lebih kecil. Folikel rambut kerap tersumbat di dalam pori-pori penghasil keringat.

  1. Usia, Sinar UV, dan Haid Memperbesar Pori-pori

Kekencangan atau elastisitas kulit memerlukan kolagen. Makin kencang kulit kita, makin kecil pula ukuran pori-porinya. 

Nah, kadar kolagen bisa menurun secara alami akibat pertambahan usia, hormonal, dan paparan sinar matahari, kulit pun mengendur. Efeknya, pori-pori ikutan membesar. 

Jika usia Anda masih di bawah 25 tahun dan jarang terpapar sinar matahari, pembesaran pori-pori hanya bersifat sementara. Pasalnya, yang memengaruhi besaran pori-pori hanya siklus haid. Haid selesai, pori-pori langsung balik lagi ke awal. 

Usia Anda di atas 25 tahun dan sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan? Hati-hato, kondisi pori-pori yang membesar akan lebih susah dibenahi. 

Artikel lainnya: Pilihan Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

  1. Pori-pori Tetap Terlihat meski Anda Punya Tipe Kulit Kering 

Jenis kulit berminyak dan kombinasi paling sering dikaitkan dengan pori-pori besar. Padahal, pori-pori orang dengan kulit kering juga bisa terlihat jelas, lho! 

Genetika, hormon, kerusakan akibat sinar matahari, dan proses penuaanlah yang lebih menentukan ukuran pori-pori ketimbang tipe kulit. 

  1. Ada Istilah “Porexia”

Mereka yang sangat takut pada penampilan pori-pori, terutama di kamera atau saat bertemu dengan orang lain, disebut porexia. Mereka biasanya juga terobsesi untuk mengecilkan pori-pori, apa pun caranya.

Artikel lainnya: Kiat Hilangkan Komedo yang Mengganggu

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *