Mengenal Email Filter SpamExperts & Cara Kerjanya

by -2 views
mengenal-email-filter-spamexperts-&-cara-kerjanya

Hai Exabytes friends!

Apakah kalian sering mendapat spam email newsletter?

Newsletter merupakan email yang dikirimkan oleh sebuah kegiatan bisnis, organisasi, industri media (press), maupun seorang blogger, yang dikirimkan kepada pelanggan atau anggota/karyawannya. Email newsletter merupakan email berisi sebuah topik menarik yang akan mengarahkan pembacanya menuju sebuah tautan website milik mereka dengan tujuan meningkatkan awareness audiens mengenai produk atau website.

Tetapi, seringkali pengirim spam email bukan berasal dari lembaga asli. Banyak penipuan email yang berasal dari spam email yang masuk ke dalam inbox.

Tentu saja email-email spam seperti ini sangat mengganggu. Tahukah kamu bahwa email spam seperti ini juga berdampak pada serangan phishing? Jika kamu pemilik bisnis, hal ini akan sangat membahayakan bisnismu.

Karena itu, kamu membutuhkan layanan email filter. Apa itu layanan email filter?

Kali ini, Exabytes ingin sharing kepadamu mengenai email filter, tujuan, sampai cara menggunakan email filter. Simak berikut ini untuk mencegah website dari serangan phishing melalui spam email menggunakan email filter.

Apa Itu Email Filter?

Email filter adalah layanan pemfilteran email yang masuk ke dalam inbox dan keluar dari server pengguna atau pemilik email.

Email filter memeriksa dan memfilter email yang masuk dari spam, serangan malware, dan tautan mencurigakan. Email filter juga bekerja untuk mengatur email yang masuk ke dalam berbagai folder dan memastikan bahwa konten-konten dalam email tersebut tidak mengandung konten sensitif atau konten berbahaya.

Perusahaan dan organisasi memerlukan layanan ini. Layanan filter email juga terbagi menjadi berbagai macam sesuai dengan kebutuhan penggunanya sendiri.

Selain itu, kamu juga dapat mempelajari Tips Menghindari Email Spam di blog Exabytes untuk mempelajari cara-cara lainnya bagaimana menghindari email spam.

Tujuan Email Filter

Kamu juga harus mengetahui tujuan menggunakan email filter agar kamu mengetahui pentingnya menggunakan layanan ini, di antaranya sebagai berikut:

Melindungi dari Serangan Siber

Salah satu tujuan email filter adalah menghindari serangan siber seperti serangan malware dan serangan phishing. Cyber crime kini marak terjadi seiring meningkatnya kebutuhan digitalisasi. Pelajari juga apa itu cyber crime di artikel berikut.

Apakah kamu mengetahui bahwa spam email dapat menimbulkan serangan phishing pada akunmu?

Serangan phishing adalah salah satu kejahatan siber di mana pelakunya menyamar sebagai lembaga yang sah dan memperdaya target dengan cara menghubungi melalui email, telepon, atau pesan teks, dengan tujuan mendapatkan informasi pribadi, seperti identitas target, informasi akun bank, kata sandi, serta data-data penting lainnya.

Penyerang phishing juga bisa mengirimkan sebuah tautan palsu yang berisi virus (malware) kepada target apabila membuka tautan tersebut.

Pada tahun 2018, tercatat bahwa serangan malware menyerang dan merugikan bisnis lebih dari 8 miliar dollar. Industri teratas yang paling ditargetkan oleh penyerang phishing ini adalah industri pendidikan, konstruksi, layanan bisnis, dan teknologi.

Sebagai sekuritas data untuk mencegah dari serangan siber seperti ini, Exabytes memberikan solusi terbaik dengan menawarkan layanan SSL (Secure Socket Layer). SSL memiliki perlindungan untuk mencegah pihak ketiga memiliki akses ke data-data pribadi pelanggan, seperti nomor kartu kredit dan kata sandi.

Menghemat Ruang Penyimpanan Hard Drive

Mengurangi spam email yang masuk akan menghemat ruang penyimpanan hard drive.

Spam email seringkali berisi file dokumen dan gambar yang berukuran besar. Ini akan sangat memakan banyak ruang penyimpanan. Misalnya file dokumen, gambar, atau video yang masuk tersebut memakan kapasitas sebesar 1 GB atau lebih, tentu itu akan sangat menghabiskan ruang penyimpanan.

Spam email seperti itu akan berkurang jika menggunakan layanan email filter karena mencegah spam email masuk ke dalam inbox, dan ini pastinya akan bermanfaat untuk menghemat ruang penyimpanan.

Membantu produktivitas lebih efektif

Kamu tidak perlu lagi memilah-milah spam email yang masuk untuk dihapus atau membagikan email pada beberapa folder, karena menggunakan layanan email akan membantumu melakukannya. Ini tentu akan jauh lebih efisien ketimbang memilahnya secara manual. 

Kamu juga tentunya akan lebih mudah mengecek email yang baru saja masuk. Kamu tidak akan pusing dan stres karena melihat banyaknya spam email di inbox.

Menghemat Bandwidth

Saat sebuah email masuk, itu akan menghabiskan bandwidth jaringan. Bayangkan jika ada 100 spam email yang masuk ke dalam inbox mu, berapa banyak bandwidth yang dihabiskan untuk itu?

Oleh karena itu, menggunakan layanan email filter juga bertujuan untuk menghemat bandwidth karena email spam seperti ini tidak akan terkirim ke pengguna dan segera terhapus setelah diterima.

Mencegah Spam

Sangat merepotkan jika kamu harus memindahkan satu per satu email yang masuk dan menghapusnya.

Menggunakan layanan email filter juga mencegah spam email konten-konten sensitif yang tidak diinginkan.

Cara Filter Email

Setelah kamu mempelajari tujuan-tujuan menggunakan filter email di atas, kamu harus mengetahui bagaimana cara memfilter email.

Di bawah ini ada langkah-langkah cara memfilter Gmail yang bisa kamu ikuti.

Langkah 1: Masukkan alamat gmail dan password untuk membuka akunmu. Masukkan alamat gmail dan password untuk membuka akun.

Login email untuk filter email
Login email untuk filter email (Sumber: Gmail)

Langkah 2: Pada bagian penelusuran, ada sebuah simbol berbentuk garis tiga, yaitu show search option. Klik pada simbol tersebut. 

Show search option untuk filter email
Show search option untuk filter email (Sumber: Gmail)

Lalu akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

Cara filter email dengan Gmail
Cara filter email dengan Gmail (Sumber: Gmail)

Masukkan detail data yang dibutuhkan sesuai kolom yang tersedia:

  • From: Filter alamat email sang pengirim yang masuk ke dalam inbox. Kamu bisa memasukkan lebih dari satu email. Setiap email akan dipisahkan dengan tanda koma.
  • To: Berisi email penerima (yaitu akun email milikmu). Kamu juga bisa mengisinya dengan akun gmail milikmu yang lain, jika akun tersebut di set up pada device mu.
  • Subject: Ini adalah filter berdasarkan subject email yang masuk ke dalam inbox mu.
  • Has the words: Opsi filter berdasarkan kata-kata yang ingin kamu saring.
  • Doesn’t have: Kebalikan dari has the words, ini merupakan opsi filter berdasarkan kata-kata yang tidak ada dalam konten mereka.
  • Size: Filter email berdasarkan size folder yang masuk. Ini akan menghemat ruang penyimpanan.
  • Date within: Filter berdasarkan rentang waktu dan tanggal, sehingga yang termasuk dalam rentang tanggal tersebut yang akan difilter.
  • Search: Untuk menentukan folder mana yang harus diterapkan oleh filtermu.
  • Has attachment: dengan opsi ini, filter tersebut hanya berlaku untuk email dengan setidaknya satu lampiran.
  • Don’t include chats: Pilih opsi ini jika kamu tidak ingin obrolan disertakan dalam filter.

Mengenal Filter Email SpamExperts

Melakukan filtering email juga bisa dilakukan secara otomatis menggunakan SpamExperts

SpamExperts bekerja dengan cara menganalisis email yang masuk. Email yang mengandung konten berbahaya seperti spam dan juga serangan phishing secara otomatis dipindahkan ke dalam folder terpisah. 

Email-email yang bertujuan penipuan, seperti cara mendapatkan uang atau menjual sesuatu secara gratis, akan memicu email filter untuk menyaring email-email tersebut secara otomatis. 

Selain itu, email yang mengundang penerimanya untuk membuka sebuah tautan mencurigakan juga termasuk ke dalam kriteria email yang akan disaring karena berdampak terhadap serangan phishing, sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk memilah spam email yang masuk.

Manfaat phishing filter pada SpamExperts ini juga bekerja dengan cara memblokir email-email mencurigakan yang masuk, sehingga email dari pengirim tersebut tidak akan diterima ke dalam inbox, tetapi masuk ke dalam folder “lainnya”, sampai kamu mengizinkan alamat email tersebut untuk mengirimkan email. Tapi, jika kamu telah mengizinkan email tersebut untuk masuk ke dalam inbox, maka selanjutnya kamu akan bisa menerima email-email dari pengirim tersebut.

Kesimpulan

Filter Email SpamExperts merupakan sebuah layanan pemfilteran email. Pelayanan email filter seperti ini sangat membantu untuk menyaring spam email yang masuk ke dalam inbox. Tentunya, email filter sangat bermanfaat untuk melindungi email dari serangan siber seperti malware dan phishing.

Selain dari serangan malware dan phishing, memfilter email juga bermanfaat untuk menghemat ruang penyimpanan di hard drive dan juga menghemat bandwidth. Email filter tersebut akan berguna untuk mengefektifkan produktivitas karena kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk memilah email mana yang harus kamu pindahkan ke spam atau menghapusnya.

Sebagai pemilik email bisnis tentunya kamu memerlukan email filter. Gunakan layanan filter yang terbaik. Filter spam dari SpamExperts adalah sebuah solusi untuk memfilter email yang masuk ke sistem SpamExperts. Semua spam virus, phishing, dan malware akan dieliminasi sebelum mencapai inbox.

Jika kamu ingin menggunakan layanan email filter untuk mencegah serangan phishing, Exabytes memberikan solusi layanan SpamExperts untukmu, yang dapat memblokir 99,98% spam.

Semoga artikel ini bisa memberi manfaat dalam memahami apa itu email filter, pentingnya memfilter email, dan cara memfilter email.

Leave your vote

496 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *