31.1 C
Jakarta
Wednesday, May 25, 2022

Mengenal E-Commerce, Manfaat, dan Cara Kerjanya

EdukasiMengenal E-Commerce, Manfaat, dan Cara Kerjanya

e-commerce-adalah

Artikel ini membahas mengenai apa itu e-commerce dan juga manfaatnya bagi kamu yang ingin membuka usaha.

Apakah kamu ingin membuka usaha dan tertarik menggunakan e-commerce? Tahan dulu guys, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui apa itu e-commerce. Seperti yang kamu ketahui, istilah yang satu ini cukup populer beberapa tahun belakangan. Mulai dari pebisnis hingga masyarakat umum. Jika kamu ingin mendalami lebih dalam mengenai e-commerce, yuk simak artikel berikut agar nanti kamu tidak salah pada saat menerapkannya pada bisnismu. Check it out. 

Apa itu e-commerce?

Dikutip dari Business News Daily, e-commerce adalah aktivitas yang mengacu pada pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet. Pada saat sekarang ini, berbagai e-commerce dapat kamu temukan dengan bermacam bentuk penjualan, seperti alat elektronik, sepatu, pakaian, dan yang lainnya. 

Namun di samping itu, tidak sedikit orang masih beranggapan bahwa  e-commerce dan marketplace adalah sesuatu yang sama. E-commerce biasanya menjual produk yang hanya dimiliki oleh satu brand. Sedangkan marketplace lebih berbentuk platform yang mempertemukan antara penjual dan pembeli sehingga produk yang dijual dapat bermacam-macam dengan berbagai merek. Misalnya “toko hijau”.

Jadi sederhananya e-commerce adalah sebuah website atau aplikasi yang hanya dimiliki oleh satu brand/pribadi dan hanya menjual produk dari brand itu sendiri. Sehingga brand tersebut dapat menjual barang mereka tanpa memiliki toko fisik. Misalnya, ketika brand baju yang memiliki website tokonya sendiri. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu dapat juga menjadi pengecer atau vendor dengan menjual barang dari produk lain dengan website-mu

Selain itu, dikutip dari techtarget.com terdapat beberapa jenis e-commerce seperti:

  1. B2C

    Ini jenis e-commerce yang kamu tahu pada umumnya yaitu proses penjualan barang secara langsung kepada pelanggan. 
  2. B2B

    Jenis ini biasanya lebih pada proses jual beli yang dilakukan sesama bisnis. Misalnya perusahaan jasa atau software yang menjual produknya kepada perusahaan yang membutuhkan.
  3. C2B

    jenis e-commerce merupakan kebalikan dari B2C yang mana konsumen membuat produk dan menjualnya secara online kepada perusahaan. Contoh produk yang dijual C2B adalah foto, gambar, media, dan elemen desain bebas royalti, yang biasanya bisa ditemukan di internet.

Ikuti kelas: Membangun Bisnis Online Hingga Laris di E-Commerce

Manfaat e-commerce bagi usahamu

1. Lebih hemat biaya

Salah satu manfaat yang paling umum ketika memiliki e-commerce yaitu dapat menghemat biaya. Rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk e-commerce atau toko online lebih murah daripada membuka sebuah toko. Ketika kamu membuka toko, nantinya banyak biaya yang harus dikeluarkan mulai dari sewa/beli, tanda toko, peralatan, dan masih banyak lagi.

Sedangkan dengan e-commerce kamu mungkin hanya perlu membuat website toko dengan menggunakan berbagai layanan seperti wordpress atau juga bisa menggunakan platform seperti shopify, jika kamu tidak ingin repot-repot melakukan pengkodingan.

2. Jangkauan pasar lebih luas

Seperti yang kamu ketahui, adanya internet membuat kita dapat kita dapat terhubung dengan banyak orang. Menggunakan  e-commerce memungkinkan kamu bisa mendapatkan pelanggan lebih luas, bahkan dari manca negara. 

Selain itu, ketika kamu sudah memiliki toko online sendiri, calon pelangganmu dapat dengan mudah menemukanmu dengan hanya melakukan pencarian terhadap produk atau alamat url dari tokomu. Namun, yang menjadi masalah, bahwa kamu tidak sendirian menerapkan penggunaan e-commerce untuk bisnis. Persaingan khusus pada bisnis di internet terbilang tidak gampang. 

Sebagai solusi atas hal tersebut, kamu mungkin bisa menerapkan penggunaan SEO seperti penerapan keyword (kata kunci) untuk website atau toko online-mu agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Baca juga: Belajar Internet Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

3. Pengalaman online yang dipersonalisasi

Dikutip dari Oberlo, salah satu keuntungan penggunaan e-commerce seperti pada website adalah kamu dapat membuat  mempersonalisasi website sesuai dengan target pelangganmu. Kamu dapat menyesuaikan tampilan dan pelayanan toko online-mu yang mungkin menarik bagi pelanggan. 

Misalnya produk yang kamu jual berupa mainan dengan target pelangganmu adalah anak-anak dan pengoleksi mainan. Kamu dapat mengatur tampilan website-mu lebih berwarna, gambar produk yang menarik dan proses transaksi yang mudah. Sehingga dapat memberikan pengalaman positif bagi para pelanggan yang berbelanja di tokomu. Selain itu, ini dapat menarik mereka untuk membeli lebih banyak dan juga berbelanja di kemudian hari. 

4. Dapatkan akses ke data pelanggan dengan mudah

Selain dapat menyesuaikan tampilan toko, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan akses ke data para pelangganmu. Data tersebut dapat dianalisis untuk perkembangan bisnis mu kedepannya. Jika dilihat secara umum, tidak sedikit orang merasa tidak nyaman memberikan alamat email atau nomor telepon mereka kepada penjual. 

Namun, dengan e-commerce kamu bisa mendapatkan nama pelanggan, alamat surat, alamat email, dan nomor telepon mereka dengan mudah. Hal ini membuatmu setidaknya memiliki tiga cara berbeda untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan para pelangganmu.

Misalnya saja melalui email, kamu dapat melakukan praktik email marketing dengan mengirimkan mereka penawaran spesial dan berbagai konten menarik yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand dari usahamu.

5. Dapat buka selama 24 Jam

Keuntungan selanjutnya adalah tokomu dapat buka selama 24 jam. Hal ini karena pelangganmu dapat melakukan pembelian tanpa harus bergantung pada jam operasional toko. Mereka tinggal memilih produk yang diinginkan dan melanjutkan pada proses pembayaran. Nantinya kamu dapat melanjutkan proses pengiriman pada hari itu juga atau esok hari.

Cara kerja e-commerce adalah

Adapun cara kera e-commece tidak jauh berbeda degan cara kerja toko pada umumnya. Namun, pada e-commerce tidak terbatas waktu dan juga tempat. Cara kerja e commerce dapat dibagi menjadi 4 tahapan sederhana seperti:

1. Pelanggan memesan produk via website

  • Pelanggan mengunjungi ke tokomu. 
  • Mereka akan mencari produk yang diinginkan. 
  • Setelah menemukan produk, mereka akan memilih dan memasukkannya ke dalam keranjang.

cara-kerja-e-commerce

2. Pesanan dan pembayaran di proses

  • Pesanan akan diproses melalui fitur yang ada pada website-mu.
  • Manajer pesanan atau perangkat lunak yang ada pada website akan mengecek dan mengonfirmasi bahwa produk tersedia.
  • Jika produk tersedia, pelanggan dapat melakukan check out dan melanjutkan proses pembayaran.
  • Pelanggan memasukkan informasi pengiriman (nama, alamat, no hp, dan email) di formulir atau halaman pembayaranmu.
  • Pelanggan memilih metode pembayaran dan memasukkan detail kartu pembayaran mereka. 
  • Ketika pembayaran selesai, pelanggan mendapat pesan di website bahwa transaksi telah dilakukan.

3. Produk dikemas dan siap dikirim  

Langkah terakhir dalam proses e-commerce adalah pengiriman. Kamu harus bisa memastikan layanan pengiriman yang kamu gunakan dapat menjangkau ke seluruh tempat dan juga pastinya harus cepat. Setelah itu, proses pengiriman dapat berlanjut ke:

  • Pesanan dikemas dan siap dikirim dari gudang.
  • Pelanggan akan menerima email bahwa produk sudah siap untuk dikirim.
  • Pesanan terkirim, dan transaksi selesai

4. Produk diterima pelanggan

Pelanggan menerima produk yang telah mereka pesan melalui toko online atau website-mu.

Itu lah pembahasan mengenai e-commerce dan cara kerjannya. Bagi kamu yang mungkin tertarik untuk mendalami penggunaan e-commer dan internet marketing, kamu bisa mengunjungi Skill Academy. Karena kelas-kelas di Skill Academy menyedikan materi yang spesifik dan juga mudah untuk dipahami. 

Tingkatkan kualitas dengan ikut kelas di skill academy!

Referensi

Chai, Wesley. (2020). E-Commerce. https://www.techtarget.com/searchcio/definition/e-commerce [Daring] (Diakses 11 April 2022)  

Ferreira, Nicole. (2019).20 Ecommerce Advantages And Disadvantages You Need To Know. https://www.oberlo.com/blog/20-ecommerce-advantages-and-disadvantages [Daring] (Diakses 12 April 2022)

Fuscaldo, Donna. (2021). Everything You Need to Know About E-Commerce. https://www.businessnewsdaily.com/15858-what-is-e-commerce.html [Daring] (Diakses 11 April 2022)

Rivera, Andreas. (2021). What is E-Commerce?. https://www.businessnewsdaily.com/4872-what-is-e-commerce.html [Daring] (Diakses 11 April 2022)

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles