Mengenal Azure Healthcare APIs, Platform Layanan Kesehatan dari Microsoft Cloud

by -4 views
mengenal-azure-healthcare-apis,-platform-layanan-kesehatan-dari-microsoft-cloud

 Microsoft merupakan perusahaan pertama yang meluncurkan cloud untuk mengelola data dalam industri perawatan kesehatan, tepatnya di tahun 2019 lalu. Layanan bernama Microsoft Cloud for Healthcare tersebut merupakan cloud dengan layanan pihak pertama yang mengelola data layanan kesehatan secara terstruktur dalam format Fast Healthcare Interoperability Resources (FHIR) asli menggunakan Azure API for FHIR.

Mengenal Azure Healthcare APIs

Di tahun 2021 ini, Microsoft kembali melakukan inovasi dengan meluncurkan Azure Healthcare APIS. Azure Healthcare sendiri merupakan hasil perluasan layanan data kesehatan Microsoft yang memungkinkan adanya pertukaran beberapa tipe data dalam format FHIR.

Platform ini dibuat khusus untuk memenuhi persyaratan dari Protected Health Information (PHI) yang memang dikenal unik. Dengan memanfaatkan Healthcare, Anda dapat menyerap, menyimpan, dan bahkan menyimpan data kesehatan di Microsoft Cloud. Healthcare juga dapat digunakan untuk menyatukan rangkaian PHI yang berbeda sehingga dapat dikembangkan sebagai alat pembelajaran, analitis, hingga Artificial Intelligence (AI).

Membuka akses menuju real data

Photo Credit: Microsoft Azure

Bagi Anda yang bekerja di industri perawatan kesehatan seperti dokter atau peneliti klinis, tentu pernah memerlukan data kesehatan, entah itu data mengenai stok obat, dokumen CT scan atau riwayat diagnosa pasien. Meski terdengar sangat umum dan sering terjadi, kenyataannya, tidak semua pengelola data kesehatan bisa memberikan data tersebut dengan cepat, terlebih untuk database berskala besar.

Penyebabnya bisa sangat variatif. Namun dalam kebanyakan kasus adalah karena beberapa penyimpanan data tidak memiliki format yang sama. Otomatis, pengelola data harus mengekstrak data terlebih dulu, dan kemudian data baru bisa disatukan dalam satu batch.

Dengan Azure Healthcare APIs permasalahan tersebut dapat diatasi. Ini karena Healthcare memiliki fitur untuk menyesuaikan query sesuai dengan kebutuhan. Platform ini mampu menyerap sekaligus mengekstrak data dari sistem catatan Anda secara otomatis. Data baru pun dapat dikumpulkan dan disimpan secara real time. Berikut adalah beberapa jenis data yang dapat diproses dengan Azure Healthcare APIs:

  • Data terstruktur seperti rekam medis dalam standar HL7 atau C-CD, data dari perangkat medis seperti HealthKit, dan database genomik.
  • Data tidak terstruktur yang masih dapat dipetakan dengan algoritma pemrosesan natural language seperti Text Analytics for Health.
  • Data pencitraan dalam format DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine).
  • Data biometrik. Anda dapat memanfaatkan Azure IoT Connector untuk mengumpulkan data dari perangkat biometrik.

Memudahkan pemanfaatan data untuk pengambilan keputusan

Photo Credit: Rawpixel

Jika bicara masalah data kesehatan, searchability selalu menjadi topik utama. Banyak fitur, layanan, dan platform yang dibuat agar data kesehatan lebih mudah dicari dan lebih cepat temukan. Hal tersebut memang ada benarnya, namun sebaik-baiknya solusi adalah solusi yang menyelesaikan masalah dari akar.

Azure Healthcare APIs tidak sekadar membantu Anda menemukan data lebih cepat, platform ini mampu menyerap dan mengelola data dan kemudian menyimpannya dalam cloud. Dengan begitu, dampak yang dirasakan bukan hanya untuk masa sekarang, tapi juga masa depat. Healthcare membantu Anda untuk membangun sebuah sistem penyimpanan yang tidak hanya “rapi” tapi juga berkelanjutan.

Baca juga: 5 Inovasi Besar Diumumkan Di Microsoft Inspire 2021

Dengan adanya sistem penyimpanan data yang rapi dan mudah diakses, keputusan-keputusan bisa diambil lebih cepat. Studi observasional bisa langsung mengakses data yang tersimpan di cloud, uji klinis akan lebih mendalam dengan adanya data penelitian sebelumnya, dan keputusan lain yang berhubungan dengan perawatan kesehatan.

Ekspor data lebih cepat

Problem lain yang sering ditemukan dalam pengelolaan data perawatan kesehatan adalah masalah ekspor data. Sering kali, data yang diperlukan berada pada sistem penyimpanan yang berbeda. Hasilnya, Anda harus bolak-balik mengekspor data dan barulah kemudian semua data terkumpul dalam satu sistem.

Healthcare memiliki connector yang telah disederhanakan sehingga Anda dapat mengekspor data lebih cepat. Data yang terkumpul kemudian dapat digunakan untuk keperluan deep learning dan AI Frameworks melalui virtual machines Azure Data Science atau Azure Synapse. Jika data diperlukan untuk keperluan lain, Microsoft menyediakan Tools for Anonymization untuk mengidentifikasi kumpulan data campuran dengan cepat.

Photo Credit: Rawpixel

Dari sini bisa disimpulkan bahwa Azure Healthcare APIs mendukung para pelaku industri layanan kesehatan untuk memanfaatkan dan mengelola data mereka dengan baik. Sebab, dengan pemanfaatan data yang baik, akan ada banyak manfaat yang akan didapat. Pasien akan puas dengan layanan yang Anda berikan, diagnosis bisa lebih akurat, dan studi yang berhubungan dengan kesehatan pun memiliki data yang berkualitas dan selalu update.

Platform Healthcare merupakan bagian dari Microsoft Cloud. Tertarik untuk mengelola data kesehatan dengan Healthcare? Anda bisa mulai dengan menerapkan Microsoft Cloud sebagai sistem penyimpanan data. EIKON Technology sebagai partner resmi Microsoft, menyediakan layanan berlangganan Microsoft Cloud yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Klik di sini untuk terhubung dengan EIKON Technology!

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *