Mengapa Website Down? Kenali Penyebab, dan Cara Mengatasinya

by -2 views
mengapa-website-down?-kenali-penyebab,-dan-cara-mengatasinya

Website memudahkan pemilik bisnis menjangkau target. Sedangkan untuk pengguna Internet, website membantu mereka mendapatkan apa saja yang sedang dicari. Akan tetapi, satu masalah yang sering terjadi adalah website down. Pernah mengalami hal semacam ini?

Website down merugikan para pelaku bisnis online terlebih jika semakin banyak pengguna Internet yang mengalaminya. Ini berarti calon pelanggan atau pembeli potensial bisa pergi begitu saja.

Apa Itu Website Down?

  • apa itu website down
Apa itu website down (sumber: flickr)

Tidak jarang pertanyaan seputar website down sering didapatkan. Untuk bisa mengatasi masalah website down, terlebih dahulu kamu harus tahu apa itu website down.

Website down adalah kegagalan dalam memuat atau loading website sehingga situs tersebut tidak bisa diakses. Mengetahui penyebab masalah semacam ini dapat membantu kamu mencari tahu solusi dan cara mengatasinya.

Sebuah website dikatakan down jika tidak bisa diakses secara lengkap atau tidak bisa menunjukkan kinerja utamanya untuk pengguna. Downtime sebuah website adalah ancaman serius untuk bisnis di zaman sekarang ini.

Pemilik dan pengelola website harus peka terhadap hal krusial ini. Sebelum pengunjung mengalami website down, alangkah lebih baik pengurus website yang tahu terlebih dahulu. Sehingga masalah tidak akan terjadi dalam waktu lama dan segera diatasi dengan benar.

Penyebab Website Down

Jika website kamu tiba-tiba tidak bisa diakses, maka segera cari tahu penyebabnya. Membiarkan masalah ini tanpa penangan yang tepat tentu berpengaruh pada kepuasan pengunjung.

Ini juga bisa memberikan dampak buruk bukan hanya pada reputasi tetapi juga angka penjualan perusahaan. Umumnya, ada beberapa penyebab website down, seperti:

Trafik yang Membludak

Memang benar jika kenaikan trafik adalah salah satu yang diharapkan pada sebuah website. Akan tetapi, ini juga bisa menjadi masalah terlebih jika trafik membludak. Saat hal ini terjadi dan resource server tidak bisa melayani service client, maka hosting bisa melambat. Akhirnya, hosting menjadi down.

DNS yang Bermasalah

Mengapa website down? DNS yang bermasalah bisa menjadi alasan lain kenapa sebuah website down. DNS adalah singkatan dari Domain Name Server, yaitu sebuah sistem yang berfungsi memudahkan komunikasi internet dengan penggunaan URL.

Agar bisa mengarahkan ke website yang tepat, DNS harus diatur dengan benar. Sayangnya, terkadang ada saja kendala dan masalah. Saat kamu mengetikkan alamat yang benar namun muncul pesan error di browser, mungkin URL tersebut mengarah ke website lain yang tidak aktif.

Serangan Siber dan Virus

Hal lain yang harus diwaspadai saat website down adalah trafik yang tidak biasa. Ini bisa saja dilakukan oleh hacker atau malware sehingga menyebabkan masalah tersebut timbul. DDoS atau Distributed Denial of Service adalah salah satu serangan yang paling sering.

Tujuannya adalah untuk membanjiri trafik lalu lintas jaringan sehingga menghabiskan resource server. Para hacker tidak hanya menggunakan DDoS untuk membuat website down karena mereka mempunyai banyak teknik.

Kendala pada WordPress

  • kendala pada WordPress
Kendala pada WordPress (sumber: Pixabay)

Kamu menggunakan WordPress untuk website? Jika benar maka hal lain yang harus kamu sadari adalah kendala yang bisa terjadi kapan saja. Ini juga menambah deretan penyebab website down.

Kesalahan Coding

Kode yang salah bisa mengganggu satu halaman website. Lebih buruknya lagi, hal tersebut bahkan bisa menghapus seluruh halaman situs. Untuk menandai kode pada struktur website, kamu dan developer website harus jeli. Akan lebih baik untuk meminta bantuan seseorang memeriksa ulang hasil coding mereka agar tidak ada kesalahan.

Akses IP Terblokir

Jika kamu mengakses terlalu banyak server, kamu mungkin dicurigai melakukan serangan DDoS. Akibatnya, alamat IP kamu diblokir oleh firewall yang berfungsi untuk melindungi server dan bekerja secara otomatis.

Cara Cek Website Down

Kamu yakin bahwa calon pembeli akan dengan sabar menunggu hingga mereka bisa kembali mengakses website kamu? Dengan banyaknya website serupa yang bisa dengan mudah diakses, pengguna internet punya banyak opsi. Akhirnya, mereka pergi meninggalkan website kamu dengan berbagai alasan.

Untuk mencegah website down, kamu bisa mencoba beberapa cara yang dirancang untuk melakukan pengecekan. Ya, kamu bisa memanfaatkan keberadaan aplikasi berbasis web atau tools yang bisa digunakan secara online, termasuk:

Downforeveryoneorjustme.com

  • gunakan downforeveryoneorjustme
Cek website down menggunakan tools

Pernah mengunjungi website ini? Website ini bisa menjadi pilihan saat kamu butuh tools untuk mengecek apakah website down atau tidak. Cara satu ini dinilai sangat mudah dimana kamu hanya tinggal mengakses website nya saja.

  • Setelah berhasil masuk ke website tersebut, silahkan ketikkan nama URL website yang akan dicek.
  • Kamu juga bisa memilih tombol or just me untuk memastikan apakah website down hanya terjadi pada kamu atau pada semua orang yang mengakses website yang sama.
  • Akan ada keterangan atau notifikasi yang ditampilkan setelah pengecekan dilakukan.

Host-tracker.com

Website satu ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pemberitahuan jika website yang dicek sedang down. Untuk bisa menggunakan tools ini, lakukan beberapa langkah di bawah.

  • Pertama, buka website di browser yang sering kamu gunakan.
  • Kemudian, masukkan URL di kolom yang tersedia dengan memilih HTTP sebelum memasukkan URL.
  • Tunggu sampai proses pengecekan selesai.

Site24x7

Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih, gunakan tools berbayar seperti Site24x7. Cara mengecek website down yang ketiga ini cocok untuk pemula dan para profesional meskipun harus mengeluarkan sejumlah uang.

  • Pertama, akses website melalui browser.
  • Selanjutnya, kamu bisa memasukkan nama website di kotak yang tersedia.
  • Tunggu proses pengecekan hingga informasi ditampilkan.
  • Jika website down, akan ada tulisan Host Unavailable.

Cara Mengatasi Website Down

  • Cara mengatasi website down
Cara mengatasi website down (sumber: Pixabay – Mohammed_hassan)

Saat ada masalah pada website seperti tiba-tiba down, jangan panik. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Periksa Koneksi Internet

Tanpa koneksi internet, kita tidak bisa mengakses website, bukan? Jangan terburu-buru membuat kesimpulan. Tidak adanya akses ke website bisa jadi karena koneksi internet yang tidak stabil atau sedang mengalami masalah. Pastikan untuk selalu memeriksa koneksi internet.

Atau kamu juga bisa mencoba mengakses website lain sebagai perbandingan. Jika semua website tidak bisa diakses, besar kemungkinan ada masalah pada koneksi internet yang kamu gunakan.

Cek Website

Saat kamu tidak bisa mengakses website kamu atau website perusahaan, apakah memang website tersebut sedang down? Coba lakukan pengecekan. Untuk memastikan apakah masalahnya adalah website down, kamu bisa menggunakan tools atau website yang sudah dijelaskan di atas.

Hapus Cache Browser

Cache pada browser adalah data website yang sementara disimpan di penyimpanan browser. Cache tersebut bisa menjadi penyebab website tidak bisa kamu akses. Sekarang kamu bisa menghapus cache browser agar website bisa kembali diakses.

  • Pertama, silahkan buka menu di pojok kanan atas Chrome.
  • Kemudian, pilih history dan lihat semua history.
  • Pilih clear browsing data dan pilih Cached images and files dengan cara mencentang di kotak yang ada.
  • Selanjutnya, pilih atau klik Clear data

Hapus Cache DNS

Selain browser, sistem operasi juga menyimpan cache koneksi yang berupa cache DNS. Kendala pada cache tersebut juga bisa menjadi penyebab website tidak bisa diakses. Kamu harus menghapus cache DNS tersebut atau terlebih dahulu melakukan flush DNS dengan cara:

  • Pertama, cari CMD atau langsung mengetik CMD atau Command Prompt di kolom pencarian yang berada di taskbar.
  • Setelah CMD atau Command Prompt terbuka, coba ketikkan ipconfig /flushdns.
  • Jika berhasil, kamu bisa mencoba mengakses website kembali.

Hubungi Penyedia Layanan Hosting

Jika sudah melakukan pengecekan dan yakin tidak ada masalah, hubungi penyedia layanan hosting website kamu. Kualitas hosting yang tidak optimal atau adanya server maintenance menjadi penyebab website down.

Saat memilih hosting untuk website bisnis kamu, pastikan hanya memilih yang berkualitas untuk meminimalisir kemungkinan website down atau masalah lain yang tidak harapkan. Seharusnya, penyedia hosting memberikan jaminan uptime hingga 100 persen.

Kesimpulan

Website memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis. Akan tetapi, website down bisa jadi bumerang yang bisa menghancurkan bisnismu, terlebih jika sering terjadi masalah di dalamnya. Saat pengguna internet tidak bisa mengakses website, bagaimana bisa mereka menjadi calon pembeli?

Oleh karena itu, pastikan website selalu bisa bekerja secara optimal dengan kemungkinan down yang minim. Selain memilih layanan hosting yang tepat, juga gunakan SSL agar website terlindung dari serangan hacker.

Butuh bantuan lain dalam memilih layanan untuk kebutuhan website? Jangan sungkan untuk selalu menghubungi Exabytes. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan semoga tidak akan lagi ada kendala pada website kamu di kemudian hari!

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *