in ,

Mengapa Indonesia butuh badan khusus untuk jamin keselamatan calon wisatawan sebelum destinasi pariwisata kembali dibuka

Pemerintah berencana akan segera membuka destinasi pariwisata lokal pada era kenormalan baru, namun sayangnya kita belum memiliki sistem yang menjamin tersedianya pelayanan keselamatan dan kesehatan bagi wisatawan di destinasi wisata. Untuk melakukannya, pemerintah perlu mendirikan sebuah badan.

Pembentukan badan ini akan melengkapi langkah-langkah preventif yang telah dilakukan otoritas seperti pengecekan dokumen kesehatan di bandara-bandara Indonesia.

Badan ini dapat menjadi badan yang permanen seperti halnya call centre 911 di Amerika Serikat atau SAMU (Service d’aide médicale urgente) di Perancis atau yang dikenal juga dengan call centre 15. Di Perancis sendiri, SAMU adalah pusat bantuan darurat yang khusus menangani masalah kesehatan yang bersifat emergensi.

Dalam kondisi darurat yang berkaitan dengan kesehatan, wisatawan secara langsung dapat menghubungi badan ini untuk mendapatkan penanganan pertama, termasuk di dalamnya saat evakuasi seseorang yang memiliki masalah kesehatan baik yang berkaitan dengan COVID-19 maupun kasus kesehatan lainnya.

Layanan di bawah kontrol pemerintah ini memberikan layanan darurat seperti kendaraan evakuasi seperti ambulans, helikopter, tenaga medis yang terlatih dengan resiko penyakit menular maupun tidak, termasuk layanan resusitasi atau bantuan pertama ketika detak jantung terhenti.

Badan ini nantinya diharapkan akan sangat membantu dan semakin memperkuat pelayanan darurat ke masyarakat dan wisatawan baik yang berkaitan dengan COVID-19 maupun layanan darurat kesehatan lainnya.

Dengan tenaga medis yang profesional dan dukungan fasilitas kendaraan evakuasi diharapkan badan ini akan mampu bertindak secara cepat, tanggap dan akurat serta mengetahui layanan-layanan rumah sakit yang tepat sesuai dengan kondisi korban.

Keberadaan badan ini untuk memastikan integrasi layanan kesehatan yang bersifat darurat. Hal ini dirasa penting sehingga kesiapan kenormalan baru pariwisata betul-betul komprehensif dan sistematis dilihat dari sisi pencegahan hi

What do you think?

789 points
Upvote Downvote

Written by buzz your story

peneliti-ungkapkan-perlu-standarisasi-cantrang-sebelum-legalisasi

Peneliti ungkapkan perlu standarisasi cantrang sebelum legalisasi

indonesia-should-explore-whether-tuberculosis-vaccine-bcg-can-protect-against-covid-19

Indonesia should explore whether tuberculosis vaccine BCG can protect against COVID-19