Mendagri Tolak RAPBD Jika Tak Belanja 40 Persen Produk Lokal – kbr.id

by -6 views
mendagri-tolak-rapbd-jika-tak-belanja-40-persen-produk-lokal-–-kbr.id
Pameran produk lokal di Bogor Creative Center, Kota Bogor, Jabar, Selasa (31/5/22). (Antara/Arif Fir

Ilustrasi: Pameran produk lokal di Bogor Creative Center, Kota Bogor, Jabar, Selasa (31/5/22). (Antara/Arif Firmansyah)

KBR, Jakarta-  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, tidak akan menyetujui usulan anggaran penerimaan dan belanja daerah (APBD), jika kepala daerah tak melampirkan rencana belanja produk dalam negeri sebesar 40 persen.

Dia meminta para kepala daerah, baik itu gubernur, bupati, maupun walikota untuk tertib melaksanakan instruksi pemerintah pusat.

“Saya sendiri sudah membuat sudah edaran kepada teman-teman kepala daerah dan bahkan saya sudah mengunci, bahwa APBD kita tidak akan approve kalau tidak dilampiri dengan daftar rencana pembelian barang dalam negeri yang 40 persen. Tolong rekan-rekan gubernur juga sama, karena review provinsi APBD oleh Kemendagri dan tidak sah kalau tidak diapprove. Bupati dan walikota itu approve-nya dari gubernur, karena didelegasikan kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah,” ujar Tito dalam Acara Rapat Koordinasi Nasional Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2022 di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Mendagri Tito menambahkan, bahwa pemerintah pusat menanti komitmen dari pemda untuk memaksimalkan potensi produk asli daerahnya masing-masing. Kata dia, jangan sampai komitmen itu hanya sekedar janji yang tidak diiringi oleh realisasi dan implementasi di lapangan.

“Artinya janji sudah oke kami akan membeli produksi dalam negeri, tapi realisasinya rendah sampai hari ini dan itu dicek oleh Pak Presiden dan dikumpulkan nanti September akan dibacakan oleh Pak Presiden,” tuturnya.

Baca juga:

Jokowi Instruksikan Jajaran Gunakan Produk Lokal

Optimistis Serap Satu Juta Produk Lokal, LKPP Pangkas Aturan yang Ribet

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo terus menyampaikan gerakan belanja produk dalam negeri. Dia meminta semua instansi pemerintah untuk membelanjakan minimal 40 persen anggaran untuk membeli produk dalam negeri.

Jokowi mengatakan semua instansi pemerintah berkomitmen membeli produk dalam negeri dengan total nilai Rp 800 triliun. Namun, realisasi baru Rp110 triliun yang dibelanjakan produk dalam negeri hingga saat ini. 

Editor: Rony Sitanggang

Leave a Reply

Your email address will not be published.