Memperingati 1 Maret Sebagai Hari Kehakiman Nasional

by -16 views
memperingati-1-maret-sebagai-hari-kehakiman-nasional

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Senin 1 Maret 2021 adalah peringatan Hari Kehakiman Nasional. Ini merupakan hari bagi hakim di seluruh Indonesia. Negara memberikan pengakuan kepada profesi Kehakiman dan mendesak agar keadilan dapat ditegakkan di ranah hukum Tanah Air.

Hakim dituntut untuk selalu independen dalam setiap putusan. Selain independen, prinsip akuntabilititas juga harus dapat berjalan sebagai bentuk pertanggungjawaban hakim.

Diketahui,  1 Maret sebagai peringatan Hari Kehakiman Nasional pertama kali diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94/2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim.

Di Indonesia sebagai negara hukim, para hakim berpedoman pada nilai ‘Demi Keadilan Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Ini menunjukkan, hakim menjadi ‘wakil Tuhan’ di bumi dan untuk memberikan keadilan pada masyarakat. Bagi negara yang menganut asas konstitusi yang berpijak di atas segalanya, tuntutan mesti bersikap adil dan independen, menjadi prioritas utama bagi seorang hakim.

Mengutip dari Tirto.id, tanggal 8 April 2009, Ketua Mahkamah Agung (MA) dan Ketua Komisi Yudisial membuat Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 47/KMA/SKB/2009 dan Nomor 2/SKB/P.KY/IV/2009 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Di putusan itu, hakim dituntut untuk berperilaku adil, jujur, arif dan bijaksana, bersikap mandiri, berintegrasi tinggi, bertanggung jawab, menjunjung tinggi harga diri, berdisiplin tinggi, rendah hati, dan profesional.

Oleh karena itu, pada 1 Maret 2021 yang diperingati sebagai Hari Kehakiman Nasional, para hakim di Indonesia, diaminkan bisa makin matang dalam menyikapi persoalan keadilan. Pasalnya, jika hal itu terus diikhtiarkan, maka menuju Indonesia yang sejahtera, maju, niscaya mudah digapai. (*)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *