Memilih Jaringan Konektivitas di Jaringan Google Cloud

by -1 views
memilih-jaringan-konektivitas-di-jaringan-google-cloud

Jaringan Google Cloud menjadi platform jaringan yang sangat penting bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Melalui jaringan ini, Anda dapat menyimpan semua data dan sumber daya secara efisien. Selain itu, juga dapat dihubungkan dengan jaringan Google lainnya secara mudah. Lalu, bagaimana memilih jaringan konektivitas di Google Cloud ini? Simak ulasannya berikut.

Mengaktifkan Jaringan Google Cloud



Photo: Google Cloud

untuk bisa menikmati layanan Google Cloud dan jaringan Google lainnya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.Mulai dari menggunakan Cloud Interconect dan Cloud VPN, menggunakan Network Connectivity Center, melalui teknik peering API Google, dan melalui provider Content Delivery Network (CDN).

  • Cloud Interconnect

Cara yang pertama adalah melalui Cloud Interconect. Cara ini memungkinkan Anda untuk melakukannya dalam dua opsi yakni menggunakan teknik Dedicated Interconnect atau menggunakan teknik Partner Interconnect untuk menghubungkan ke jaringan PVC.

Jika bandwidth memerlukan ukuran yang cukup besar mulai 10Gbps hingga 100Gbps, maka Anda bisa memilih jaringan Google dengan teknik Dedicated Interconnect. Lalu, jika bandwdith standar dalam 50 Mbps hingga 50 Gbps, Anda dapat menggunakan teknik yang kedua yakni Partner Interconnect dalam mengaktifkan jaringan Google Cloud.

  • Cloud VPN

Berikutnya, mengaktifkan jaringan Google Cloud bisa menggunakan Cloud VPN. Langkah seperti ini memungkinkan pengguna dengan mudah menghubungkan jaringan lokal pada jaringan VPC dengan koneksi yang aman dengan VPN IPSec. Proses pemindahan ini semakin nyaman karena dienkripsi menggunakan VPN Gateway satu dan dideskripsi lagi oleh VPN Gateway lainnya.

  • Network Connectivity Center

Photo: e-Pasje

Cara yang ketiga adalah melalui Network Connectivity Center. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan dukungan jaringan atau layanan yang berada di luar Google Cloud dengan menggunakan jaringan Google pada Wide Area Network (WAN). Cara seperti ini direkomendasikan bagi pengguna dengan manajemen yang baik dan saling terhubung. Kemudian, jaringan lokal yang Anda miliki dapat terhubung pada hub melalui HA VPN maupun attachment dari VLAN yang terhubung pada Google Cloud.

  • Mengkoneksikan  Jaringan Google Cloud ke Google Workspace dan API Google

Keempat, Anda bisa mengaktifkan jaringan Google Cloud dengan menggunakan API Google dan Google Workspace. Hanya saja cara ini terbatas pada dua platform tersebut saja. Caranya  pun bisa dilakukan melalui dua teknik yakni Direct Peering dan Carrier Peering. Direct Peering adalah cara yang dilakukan untuk terhubung langsung dengan Google Cloud melalui Google Edge Location. Sedangkan Carrier Peering dapat dilakukan dengan menghubungkan lewat ISP. 

  • Mengkoneksikan ke Provider CDN

Cara terakhir yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan CDN Interconnect yang disediakan oleh pihak ketiga penyedia CDN melalui teknik peering yang terhubung dengan jaringan Google di berbagai lokasi. Yakni dengan mengarahkan traffic jaringan VPC ke jaringan penyedia layanan. Nantinya traffic jaringan Anda dari Google Cloud melalui salah satu tautan akan mendapatkan keuntungan langsung dari penyedia CDN secara berbayar. Penagihannya pun dilakukan dengan otomatis. Cara seperti ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering melakukan pembaruan konten.

Memilih Jaringan Google Cloud dari Platform Terpercaya

Photo: Cio.com

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih jaringan Google Cloud yang mudah, aman, dan nyaman. Untuk keperluan bisnis dan perusahaan, pilihlah layanan dari Google yang terpercaya. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi data-data krusial milik perusahaan agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab melalui tindak kejahatan siber.

Selain itu, Anda bisa memilih vendor penyedia layanan produk Google seperti Google Cloud ini yang sudah memiliki reputasi baik dan dipercaya oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah EIKON Technology yang menyediakan layanan produk Google dengan lisensi langsung dari Google Pusat. Kami juga memiliki layanan purnajual bagi pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami di sini

Leave your vote

116 Points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *