in

Membuat Vaksin Virus Corona Dari Tembakau

Wabah virus corona yang menghebohkan dunia akhirnya telah sampai juga di Indonesia. Tidak hanya menakutkan, virus yang dapat dengan mudah menyebar ini membuat masyarakat panik. Barang-barang penting seperti sembako dan masker diborong serta ditimbun hingga mulai langka di pasaran. Untung ketersediaan rokok dan tembakau masih bisa dengan mudah di pasaran.

Bicara soal tembakau dan virus corona, beberapa waktu lalu terdengar isu Amerika Serikat tengah mengembangkan sebuah vaksin untuk virus ini yang terbuat dari tembakau. Malah, belakangan berembus kabar jika Reynolds American yang menjadi salah satu perusahaan rokok besar di Amerika Serikat terlibat dalam perlombaan membuat vaksin virus corona.

Berdasar pemberitaan, perusahaan ini telah menginveksi tanaman tembakau dengan virus corona yang dimodifikasi untuk diteliti apakah ada kemungkinan untuk memproduksi antibodi yang bisa dijadikan vaksin. Walau begitu, sepertinya penelitian ini masih ada di tahap awal dan belum bisa disempurnakan dalam waktu dekat.

Dalam urusan tembakau dan vaksin, ketika wabah Ebola muncul beberapa tahun lalu, tembakau turut menjadi bahan yang bisa digunakan untuk menjadi anti dari virus tersebut. Perusahaan obat menggunakan tanaman tembakau sebagai cara cepat dan murah untuk memproduksi vaksin untuk ebola.

Jika kemudian tembakau bisa menjadi vaksin bagi corona, tentu akan menjadi sebuah ironi tatkala banyak pihak, terutama para penegak kesehatan, yang kerap menyatakan kalau tanaman ini hanya merugikan dan membahayakan manusia. Nyatanya, kini di tengah wabah penyakit, tembakau membawa secercah harapan bagi masyarakat dunia.

Kini, tinggal menunggu saja apakah perusahaan tadi benar-benar mampu membuat vaksin corona dari tembakau. Mengingat saat ini, Tiongkok telah mengklaim diri berhasil membuat vaksin dari virus ini dan telah mencanangkan hak ciptanya. Apapun itu, saya kira, vaksin untuk virus corona dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan umat manusia.

Walau saat ini, utamanya di Indonesia, kita belum mempunyai vaksin, saya kira dengan perilaku hidup bersih dan sehat corona bisa dicegah. Salah satunya tentu saja dengan berhenti merokok seperti arahan Walikota Depok. Ya, maksudnya berhenti merokok joinan karena virus corona ini ditularkan juga lewat air liur. Begitu loh maksudnya

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

Written by Dianita Samantha

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Dagelan Soal Berhenti Merokok Mencegah Corona

Kopi, Rokok, dan Radikalisme