Mau Sehat? Yuk Pelajari Apa Saja Sistem Gerak pada Manusia!

by -1 views
mau-sehat?-yuk-pelajari-apa-saja-sistem-gerak-pada-manusia!

Para pakar kesehatan sering menyarankan apabila ingin mendapatkan badan yang prima dan bugar, pola hidup sehat harus dijalankan.

Menjalankan pola hidup sehat itu ada banyak macamnya, seperti makan-makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan juga aktif bergerak.

Untuk poin terakhir cukup menarik, karena ternyata salah satu kunci untuk mendapatkan badan yang prima dan bugar adalah dengan rajin bergerak.

Lantas, aktif bergerak seperti apakah yang dimaksud?

Ini Maksud dari Aktif Bergerak

Yang dimaksud dengan aktif bergerak adalah tubuh digunakan untuk melakukan aktivitas fisik.

Adapun untuk aktivitas yang dilakukan bisa bermacam-macam, seperti berolahraga, berjalan, atau menggerakkan anggota tubuh tiap 15 menit.

Jadi, tidak harus Anda pergi ke pusat kebugaran untuk menggerakkan badan atau berlari mengelilingi lintasan atletik sebanyak lima kali.

Dengan melakukan gerakan yang intensitasnya sedang, seperti berjalan atau naik turun tangga, Anda sudah masuk ke dalam kategori aktif bergerak.

Akan tetapi, yang paling baik dari itu semua adalah dengan berolahraga, baik itu di pusat kebugaran atau di tempat yang lainnya.

Pelajari Apa Saja Sistem Gerak pada Manusia

Berbicara tentang aktif bergerak, maka mau tak mau kita harus belajar juga tentang sistem gerak yang ada pada manusia.

Dengan demikian, kita akan lebih tahu pentingnya bergerak dan lebih tahu pentingnya sistem gerak dalam mendukung kesehatan tubuh.

Sekarang, kita harus mengetahui bahwasanya sistem gerak terdiri dari dua jenis alat gerak, yaitu alat gerak aktif dan alat gerak pasif.

Alat gerak aktif adalah otot. Otot disebut demikian karena memiliki kemampuan untuk berkontraksi, melakukan relaksasi, dan menggerakkan sesuatu.

Adapun untuk alat gerak pasif adalah tulang. Tulang disebut dengan alat gerak aktif karena tulang bergerak akibat adanya otot.

Apabila tidak ada otot, tulang tidak akan bisa digerakkan. Selain itu, tulang juga merupakan tempat menempelnya otot, pembentukan sel darah dan organ vital.

Detail Alat Gerak Aktif dan Pasif

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwasanya sistem gerak terdiri dari dua jenis alat gerak, yaitu otot sebagai alat gerak aktif dan tulang sebagai alat gerak pasif.

Namun yang harus diketahui adalah alat gerak aktif dan pasif ini juga masih terdiri dari beberapa bagian lagi, dan berikut ini detailnya.

1. Alat Gerak Aktif

Berdasarkan cara kerjanya, otot atau alat gerak aktif dibagi menjadi dua jenis, yaitu otot antagonis dan otot sinergis.

Otot antagonis adalah otot yang membantu munculnya gerak berlawanan, seperti menekuk lengan atau menekuk kaki.

Otot bisep dan trisep termasuk ke dalam jenis otot antagonis.

Adapun untuk otot sinergis, otot ini merupakan otot yang identik dengan gerakan satu arah, seperti tangan yang menengadah atau menelungkup.

Perlu diketahui, pembagian otot tidak hanya ada pada jenisnya, namun juga pada bentuknya, dan otot yang berdasarkan pada bentuknya adalah otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

2. Alat Gerak Pasif

Tulang atau alat gerak pasif dibagi berdasarkan bentuk, sel penyusun, dan rangka tubuh.

Tulang berdasarkan bentuk:

  • Tulang pipa
  • Tulang pipih
  • Tulang pendek

Tulang berdasarkan sel penyusun:

  • Tulang rawan
  • Tulang keras

Tulang berdasarkan rangka tubuh:

  • Rangka aksial
  • Rangka apendikular

Itulah kurang lebih detail terkait alat gerak aktif dan juga alat gerak pasif.

Saatnya Aktif Bergerak untuk Tubuh yang Sehat

Pelajari apa saja sistem gerak pada manusia, maka dengan demikian untuk mendapatkan tubuh yang prima dan bugar akan bisa didapatkan dengan mudah.

Setelah mengetahui itu semua, maka sekarang sudah saatnya Anda untuk lebih aktif bergerak, rajin berolahraga, dan pastinya mengkonsumsi susu untuk kesehatan tulang.

Agar tulang Anda semakin sehat, Anlene Actifit adalah pilihannya. Susu yang satu ini mengandung kalsium 2 kali lebih banyak dari susu tulang lainnya.

Selain itu, Anlene Actifit mengandung 5000 mg protein yang baik untuk otot dan mengandung 330 mg kolagen yang baik untuk sendi. Jadi, silakan konsumsi Anlene Actifit.

Leave your vote

263 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia bayu_ichszan

🇮🇩☀️ Bismillah Tawakkaltu 'Alallah ✨🇮🇩 Stay opposite..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *