Mau Kulit Lebih Sehat? Lakukan Tips Perawatan Berikut!

by -0 views
mau-kulit-lebih-sehat?-lakukan-tips-perawatan-berikut!

Tidak dapat dipungkiri kalau hampir semua wanita menginginkan kulit wajah yang sehat. Dalam arti kulit tampak bercahaya, mulus, lebih muda, dan bebas dari bekas jerawat. Sayangnya, berbagai masalah kulit kerap kali muncul meskipun wanita sudah melakukan perawatan sedemikian rupa untuk menjaga kulitnya.

Lantas, dimana letak kesalahannya? Bisa jadi ada bagian dalam perawatan wajah yang terlewatkan olehmu. Agar kulit wajah tampak lebih sehat, kamu bisa coba praktek beberapa tips merawat wajah berikut ini.

1. Kenali produk apa yang cocok untukmu

loader

Produk skincare yang dijual di pasaran ada banyak. Mulai dari toner, essence, serum, pelembap, sunscreen, masker wajah, dan lain sebagainya. Namun, pada kenyataannya tidak semua produk dibutuhkan oleh kulit wajahmu.

Penting untuk mengenali tipe kulit sebelum membeli salah satu produk kecantikan. Apabila tipe kulitmu kering, maka rangkaian produk perawatan yang mengandung hyaluronic acid sangat cocok untuk melembabkan kulit wajah.

Sedangkan untuk kulit sensitif, sebaiknya hindari kandungan parfum karena ini dapat membuat kulit menjadi iritasi. Beralihlah ke produk yang lebih gentle dan minim zat kimia guna menjaga kesehatan kulit.

2. Lakukan double cleansing di malam hari

Istilah double cleansing pasti tidak asing lagi untukmu, kan? Istilah ini diartikan sebagai pembersihan ganda pada kulit wajah yang cocok dilakukan pada malam hari setelah seharian beraktivitas di rumah. Tujuannya agar kulit wajah lebih bersih, jadi pemakaian skincare di malam harinya lebih menyerap di kulit.

Tenang, kamu tidak perlu memakai pembersih wajah ganda untuk melakukan double cleansing. Produk micellar water saja sudah cukup sebagai pembersih awal, lalu dilanjutkan dengan produk pembersih wajah yang sesungguhnya.

Bersihkan secara gentle dengan gerakan memutar ke seluruh bagian wajah agar kotorannya terangkat secara sempurna. Bila perlu, lakukan pijatan pada wajah untuk membantu sirkulasi darah yang berpengaruh pada kesehatan kulit.

Baca Juga:  Tips Kecantikan Kulit, Rambut, dan Kuku, Biar Kamu Selalu Tampil Cantik Maksimal! 

3. Keringkan wajah dengan handuk khusus

loader

Mengingat kulit wajah jauh lebih sensitif daripada kulit badan, maka perawatannya pun harus lebih lembut. Misalnya saat mengeringkan wajah, sebaiknya gunakan handuk khusus karena Ph wajah dan tubuh berbeda. Jadi, alangkah baiknya tidak mengelap wajah dengan handuk yang sama.

Pilihlah handuk yang terbuat dari bahan katun atau microfiber. Sebab, kedua material ini dapat menyerap basah dengan baik. Jadi, kamu tidak perlu mengelap secara berulang-ulang agar wajahmu kering dengan sempurna.

Mengganti handuk pengering wajah secara rutin juga penting, lho! Jangan sampai tidak diganti setelah berminggu-minggu digunakan karena ini dapat menimbulkan masalah bagi kulit wajah.

4. Pastikan tangan bersih sebelum menyentuh wajah

Menyentuh wajah menjadi salah satu kebiasaan para wanita. Rasanya seperti ada yang kurang apabila tidak menyentuh wajah dalam sehari. Padahal kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah bagi kulit, seperti iritasi.

Kenapa bisa iritasi? Sebab, tanganmu tidak selalu dalam keadaan bersih sebelum menyentuh kulit wajah. Tangan sudah bersentuhan dengan meja, gadget, buku, kertas, gagang pintu, dan banyak lagi.

Boleh menyentuh kulit wajah, tapi pastikan higienitas tanganmu terlebih dahulu. Sentuhlah wajah setelah kamu membersihkan tangan dan mengelapnya dengan tisu, sehingga kulitmu tidak menimbulkan reaksi apa-apa setelah disentuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Argan Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Lakukan exfoliating dan masker wajah

loader

Exfoliating juga tak boleh lewat dalam rangkaian perawatan kulit. Ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit, sehingga kulit kembali diregenerasi dengan sel yang baru dan kelihatan lebih muda. 

Selain itu, pastikan pula agar kamu melakukan masker wajah secara rutin. Gunakan masker yang sesuai dengan kebutuhan, jadi kamu dapat memilih kandungan yang pas untuk kulit wajah. Jika kamu ingin mencerahkan kulit, misalnya, maka kandungan seperti vitamin C, kunyit, dan kojic acid sangatlah cocok.

Baik exfoliating maupun masker wajah, keduanya bisa dilakukan sekali dalam seminggu dalam selang waktu yang berbeda. Misalnya, exfoliating setiap Hari Senin, maka masker bisa setiap Hari Kamis.

6. Gunakan sunscreen sebelum beraktivitas

Seperti yang diketahui, paparan sinar UV tidak baik untuk kulit wajah. Penting untuk memakai sunscreen sebelum melangkahkan kaki ke luar rumah, sehingga kulit wajah menjadi lebih terlindungi saat beraktivitas di bawah sinar matahari. 

Paparan sinar matahari tidak hanya merusak lapisan epidermis kulit, tapi juga rentan menyebabkan hiperpigmentasi maupun penuaan dini. Besarnya SPF yang disarankan adalah 50 ke atas, tapi balik lagi tergantung pada kondisi cuaca di kota tempat tinggalmu. 

Jika tidak terlalu panas, SPF 30++ sebenarnya cukup, tapi kalau panasnya menyengat, pilihlah yang SPF 50++. Aplikasikan sunscreen sebagai langkah terakhir dalam rangkaian skincare harian, tepat setelah pengaplikasian moisturizer.

Less is More

Menjaga kesehatan kulit wajah menjadi PR tersendiri bagi kaum Hawa. Meski begitu, kamu tidak perlu memakai terlalu banyak produk kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit. Ingat, less is more, selagi kandungan dalam produknya tepat, maka produk tersebut akan memberi khasiat yang maksimal bagi kulit wajah.

Baca Juga:  Di Rumah Aja Wajah Tetap Glowing, Ini 7 Toner Wajah Pilihan yang Patut Dicoba

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia. Kami bukan penulis, kami adalah baris-baris kode yang menghimpun tulisan bermutu yang berserakan di jagat maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *