Mata Silau Melihat Cahaya

by -2 views
mata-silau-melihat-cahaya

Halo Dokter saya mau bertanya. Jika mata saya secara tidak langsung melihat cahaya terang seperti didalam ruangan atau masuk kedalam ruangan dengan cahaya yg menyilaukan dalam waktu yang lama. Saya merasakan pusing dan tidak nyaman, namun setelah saya keluar dari ruangan terang tersebut atau mematikan lampunya pusing saya menghilang. Apakah gejala ini wajar dokter, atau saya menderita penyakit apa ya ?

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter 

Mata silau saat melihat cahaya terang adalah hal yang wajar. Namun, jika kesilauan akibat melihat cahaya terang terjadi terlalu sering dan disertai keluhan yang mengganggu, bisa jadi itu merupakan tanda dari fotofobia.

Fotofobia adalah kondisi di mana mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya atau tidak bisa menoleransi sumber cahaya tertentu.

Pada orang dengan kondisi fotofobia, sinar matahari, lampu floresein atau sumber cahaya lain bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di mata sehingga memimbulkan refleks memejamkan mata seketika. Tidak jarang, keluhan ini juga dapat menimbulkan sakit kepala. 

Mata silau yang tidak disertai dengan keluhan-keluhan lain merupakan kondisi yang normal. Pada kasus ini, solusinya adalah menggunakan kacamata berwarna hitam supaya mata tidak terpapar langsung dengan sumber cahaya.

Akan tetapi, jika rasa silau pada mata terjadi bersama dengan keluhan lain, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini dilakukan untuk memastikan penyebab mata silau dan terapi paling sesuai untuk mengatasinya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

Leave your vote

554 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia #RumahBlogInspirasi #KabarWarga #MenabarInformasiAntiBasi Official Kabarwarga

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *