26.5 C
Jakarta
Sunday, May 22, 2022

Inilah Tutorial Shalat Bagi Orang yang Sakit | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com–  Shalat merupakan ibadah paling...

Hukum Bersentuhan dengan Bukan Mahram Saat Thawaf | Bincang Syariah

BincangSyariah.Com– Termasuk dari syarat thawaf...

Masturbasi Jadi Salah Satu Cara untuk Bisa Tidur Nyenyak, Ini Alasannya

Masturbasi Jadi Salah Satu Cara untuk Bisa Tidur Nyenyak, Ini Alasannya

Setelah hari yang panjang dan melelahkan, tidak ada yang lebih baik daripada melompat ke tempat tidur lalu terlelap. Ada banyak cara yang bisa Parents coba untuk hanyut dalam mimpi. Salah satu yang menarik adalah masturbasi. Ada anggapan jika kita bisa tidur nyenyak setelah masturbasi. 

Artikel terkait: Hubungan Seks Setelah Menikah Adalah Yang Terbaik

Alasan Bisa Tidur Nyenyak Setelah Masturbasi

Mengapa bisa tidur nyenyak setelah masturbasi?

Menurut The Latch, dalam hal tidur, sebuah studi tahun 2019 benar-benar menemukan bahwa orgasme yang dicapai melalui masturbasi dikaitkan dengan kualitas dan latensi tidur yang lebih baik. Parents tidak hanya tidur lebih nyenyak, tetapi Anda juga tertidur lebih cepat!

Penelitian lain menemukan bahwa seseorang, baik laki-laki maupun perempuan, yang memasukkan masturbasi ke dalam rutinitas malam mereka mengalami tidur yang lebih baik. Dr Chris Donaghue, seorang ahli seks (sekarang ada jabatan), mengatakan seks dan masturbasi bahkan dapat membantu mengatasi insomnia dan kecemasan.

“[Ini] melepaskan oksitosin dan endorfin sehingga dapat membantu orang merasa tenang dan mengurangi stres, ungkapnya kepada The Latch.

Selain itu, melansir dari Women Health, dalam sebuah wawancara dengan Glamour UK, seorang penulis dan dokter, Dr Jeff Foster, menjelaskan bahwa pelepasan hormon selama aktivitas seksual memiliki efek yang kuat pada tubuh kita.

“Masturbasi sama dengan hubungan seksual, dan oleh karena itu, perbedaan antara keduanya hanya signifikan dalam hal fakta bahwa orang lain mungkin atau tidak terlibat dalam proses tersebut,” jelasnya.

“Dari perspektif tidur, otak Anda tidak peduli jika Anda berhubungan seks dengan seseorang atau sendirian,” lanjutnya menjelaskan.

Artikel terkait: 10 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Dirasakan Saat Anda Rutin Melakukan Hubungan Seksual

Masturbasi Jadi Salah Satu Tips Seseorang Bisa Tidur Nyenyak

Sejumlah hormon dikeluarkan saat orgasme sehingga tubuh menjadi nyaman dan relaks.

Saat kita orgasme, sejumlah hormon dilepaskan, termasuk dopamin, serotonin, oksitosin, dan prolaktin. Dengan efek mengubah suasana hati, hormon-hormon ini cenderung memiliki dampak yang sangat positif pada tubuh.

Lalu menimbulkan perasaan relaksasi, kejernihan pikiran, perasaan puas, dan efek menenangkan yang bahkan bisa menjadi obat penenang. Jika Anda pernah merasa sulit tidur, itu untuk alasan yang bagus. 

Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa siapa pun yang melakukan masturbasi akan merasakan kualitas tidur yang lebih baik jika mereka mengalami orgasme. Baik itu Anda bersama pasangan atau menggunakan mainan seks tidak masalah.

Satu-satunya hal yang penting adalah Anda perlu mengalami orgasme karena orgasme itulah yang bertanggung jawab untuk pelepasan hormon yang membantu tidur.

Adakah Efek Sampingnya?

Efek sampingnya lebih kepada merasa adanya beban sosial dan psikologis.

Lebih lanjut, Dr Foster menjelaskan bahwa pasti ada efek samping dari pencarian tidur nyenyak setelah masturbasi.  Mungkin ada beban sosial dan psikologis yang berkontribusi karena aktivitas masturbasi yang masih dianggap tabu.

Selain itu, ada pula preferensi seksual yang mungkin akan sedikit berubah. Ada beberapa orang yang mungkin akan lebih menyukai masturbasi daripada berhubungan seks dengan pasangan. Namun, ia mengatakan bahwa hal ini merupakan suatu preferensi pribadi. 

“Jelas ada faktor psikologis atau sosial tambahan yang akan berkontribusi pada tidur pascamasturbasi, seperti preferensi seksual tertentu atau praktik yang disukai, atau bahkan jika Anda memiliki pasangan atau tidak. Tapi ini semua tentang pilihan dan preferensi gaya hidup individu. Mereka tidak mengubah inti fisiologi seks,” terangnya.

Artikel terkait: 6 Alasan mengapa seks dalam pernikahan sangat penting, jangan disepelekan!

Pada dasarnya, kunci tidur nyenyak sebenarnya bukan terletak pada aktivitas masturbasi, tetapi lebih kepada orgasme yang didapat. Seseorang yang mengalami orgasme akan melepaskan serangkaian hormon yang membuat tubuh menjadi relaks.

Jika Parents ingin berdiskusi seputar pola asuh, keluarga, dan kesehatan serta mau mengikuti kelas parenting gratis tiap minggu bisa langsung bergabung di komunitas Telegram theAsianparent.

Agar Aktivitas Seks Tetap Menyenangkan bagi Penderita Diabetes

Perubahan Gairah Seks Bumil di Tiap Trimester, Ketahui Cara Menyiasatinya!

Kata pakar: 6 Tips berhubungan seksual yang sederhana namun memiliki efek luar biasa

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles