Manfaat Sering Memuji Pasangan dengan Kata “Cantik”

by -15 views
manfaat-sering-memuji-pasangan-dengan-kata-“cantik”

Buat wanita, dipuji cantik oleh pasangan mungkin bikin pipi jadi merona. Bila hubungan yang dijalin masih baru, biasanya sensasi berbunga-bunga dan berdebar (butterflies in the stomach) pun akan makin terasa. 

Tapi, memuji pasangan dengan kata “cantik” bukan sekadar bikin sang wanita bahagia, lho. Ada manfaat tersendiri di balik kebiasaan tersebut untuk kualitas hubungan. 

Manfaat Memuji Pasangan bagi Kualitas Hubungan

Ikhsan Bella Persada, M. Psi., Psikolog mengungkapkan, memuji kecantikan pasangan merupakan salah satu bentuk bahasa kasih (love language). Beberapa contoh love language yaitu:

  • Words of affirmation
  • Acts of service
  • Receiving gifts
  • Quality time
  • Physical touch

Mengucapkan kalimat sayang dan memuji pasangan termasuk dalam words of affirmation. Kata-kata menjadi cara seseorang untuk menunjukkan rasa sayangnya, baik secara lisan maupun tulisan. 

Artikel Lainnya: Jangan Ucapkan 5 Kalimat Tabu Ini Saat Pasangan PMS

“Apabila pasangannya juga punya love language yang sama, pujian tersebut bisa memberikan manfaat buat pribadi dan hubungan mereka,” jelas Ikhsan. 

Sejumlah manfaat yang dimaksud antara lain:

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ketika wanita dipuji cantik oleh orang yang dicintai, rasa percaya dirinya akan meningkat drastis. Rasa untuk mencintai diri sendiri pun lama-kelamaan akan muncul. 

Ia akan merasa berharga dan dipenuhi energi positif. Bahkan, bukan tak mungkin energi positifnya itu ia tularkan juga ke orang lain yang minder atau insecure.  

  1. Lebih Bersemangat untuk Beraktivitas

Motivasi sangat dibutuhkan ketika seseorang hendak melakukan pekerjaan penting. Bila tugasnya mesti dilakukan di hadapan banyak orang, motivasi ekstra seperti pujian diperlukan. 

Berbekal pujian itulah, seseorang akan merasa mampu dan bersemangat. Hasil akhirnya pun biasanya maksimal. 

Artikel lainnya: 5 Ciri Pria Idaman Para Wanita 

  1. Memperkuat Hubungan

Pasangan yang menjadikan words of affirmation sebagai bahasa kasih mereka umumnya punya hubungan yang stabil. Mereka tak akan mudah bertengkar hanya karena masalah sepele. 

Selama komunikasi terjalin dengan baik, hampir semua persoalan dapat mereka atasi bersama. 

  1. Tidak Mencari Perhatian di Tempat Lain

Wanita yang jarang dipuji meski sudah berusaha memberikan yang terbaik rentan mencari pengakuan dan perhatian di tempat lain. 

Tempat lain yang dimaksud misalnya media sosial atau pria lain yang bukan pasangannya. 

  1. Punya Motivasi untuk Bersinar Bersama

Saling memuji bisa jadi motivasi untuk glow up bersama, lho. Misalnya, kedua belah pihak bisa jadi partner olahraga atau saling memberi saran fashion. Seru, kan? 

Hal semacam ini juga bisa meningkatkan kepercayaan dalam hubungan. Anda jadi tidak butuh komentar dan penilaian orang lain yang sebenarnya tidak terlalu dekat. 

Artikel lainnya: Sering Sakit Kepala Akibat Hubungan Toxic, Waspada Psikosomatis!

Keseringan Memuji Pasangan, Bisakah Jadi Bumerang?

Manfaat memuji pasangan sudah Anda ketahui. Tapi, bagaimana dengan efek negatifnya? 

Ada kekhawatiran tersendiri bahwa keseringan memuji pasangan justru akan berdampak buruk buat hubungan. 

Misalnya, pujian “cantik” jadi terasa membosankan karena sudah sering diucapkan. Wanita juga jadi tidak bisa membedakan kapan pasangannya berbohong atau berkata jujur tentang penampilannya. 

Psikolog Ikhsan menanggapi, “Sebenarnya, hal semacam ini tergantung bagaimana cara pasangan menyampaikan pujiannya. Meskipun sering, kalau cara menyampaikannya masih genuine (sungguh-sungguh) dan tidak lebay, dampak positifnya masih tetap ada.”

“Tapi, kalau sudah berlebihan, bisa saja wanita jadi tidak nyaman karena terasa palsu banget. Ya, bagaimana pun penilaian cantik atau nggak itu subjektif. Jadi, sampaikan sewajarnya saja,” tambahnya. 

Beberapa cara yang bisa dilakukan saat hendak memuji pasangan agar tak terasa palsu yaitu:

  • Hindari menggunakan kalimat yang terlalu berlebihan dan puitis. 
  • Perhatikan momennya. Memuji pasangan akan semakin terasa efeknya di waktu-waktu tertentu, misalnya saat sedih dan lelah atau insecure dengan penampilan. 
  • Tetap akui kelemahan atau kekurangannya. Hal ini lebih terasa manusiawi. Namun, tegaskan bahwa kelemahannya itu tak pernah jadi masalah sama sekali. 
  • Meski pasangan Anda memang cantik, puji juga kelebihannya yang lain misalnya kemampuan atau kepribadiannya. Jadi, ia bisa merasa berguna. 
  • Jangan mengeluarkan pujian saat bertengkar. Sebab, pujian yang diberikan hanya seperti tameng agar pertikaian cepat selesai. 

Itu dia manfaat memuji pasangan dengan kata “cantik”. Kenali bahasa kasih pasangan Anda dan diri sendiri supaya hubungan terasa lebih membahagiakan. 

Ingin tahu tips asmara lainnya langsung dari psikolog? Yuk, download aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

Leave your vote

789 Points
Upvote Downvote

#SuaraNetizenIndonesia Rss Feed

Gravatar Image
Akun Otomatis dari #RSS feed News Aggregator Situs dan Blog Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *